Inilah Yang Menyebabkan Kuota Internet Kamu Cepat Habis

Inilah Yang Menyebabkan Kuota Internet Kamu Cepat Habis
Inilah Yang Menyebabkan Kuota Internet Kamu Cepat Habis

Inilah Yang Menyebabkan Kuota Internet Kamu Cepat Habis – Kuota internet yang cepat habis memang menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Tanpa kuota internet, smaertphone menjadi tidak digdaya karena kuota internet merupakan salah satu hal yang sangat penting tentunya pada sebuah smartphone. Dengan memiliki kuota internet ini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan berkomunikasi dengan internet setiap saat dengan mudah kapan saja dan dimana saja tentunya tanpa harus mengandalkan WiFi.

Tapi berbagai aplikasi yang kamu gunakan tentunya dapat menjadikan kuota internet kamu cepat habis dan tentunya akan menguras kantong kamu dengan membeli sebuah paket internet. Tanpa memiliki koneksi data internet kamu tak bisa berkomunikasi dengan aplikasi seperti Whatsapp, BBM, Line, Kakaotolk, ataupun menjalankan media sosial yang kamu miliki seperti Instagram, Facebook, Twitter dan Path sehingga menjadikan aplikasi yang ada pada smartphone kamu tak dapat digunakan.

Bemain Game Online
Meskipun provider telekomunikasi di Indonesia kini banyak yang menawarkan paket data yang bersifat unlimited, tapi tetap saja mempunyai keterbatasan. Contohnya seperti yang menawarkan kecepatan koneksi dibatasi hingga menjadi melambat walaupun jumlah kuota yang diberikan bersifat unlimited. Maka dari itu bagi kamu pengguna smartphone sebaiknya kamu harus tahu apa sajakah aplikasi yang menjadikan kuota internet kamu cepat habis sehingga nantinya kuota internet kamu bisa lebih terkontrol.

Penyebab Utama Kuota Internet Android Cepat Habis :

Ada beberapa trik yang bisa kamu praktekkan secara langsung guna menghemat kuota internet. Kurangi hal-hal berikut ini agar kuota internet kamu lebih awet, gaes.

Mengunggah Foto dan Video

Mengunggah Foto dan Video
Aktifitas hunting foto memang rasanya kurang puas bila kamu tak menggunggahnya dalam sebuah media sosial seperti Path, Instagram dan Facebook. Ada yang kurang bila foto-foto kita tak lantas kita salurkan untuk panjat sosial. Namun, tak banyak yang menyadari jika mengupload hasil jepretannya kedalam aplikasi sosial akan banyak menguras kuota internet, terlebih lagi jika menguploadnya dalam jumlah yang banyak.

Tidak hanya foto saja, video pun juga banyak diunggah para pengguna smartphone ke media sosial tersebut. Yang perlu kamu ketahui adalah mengupload sebuah video dengan format HD dapat menyedot kuota internet hingga 200 MB per menitnya. Maka untuk lebih hematnya kamu bisa menggunakan koneksi wifi untuk mengupload video dan foto yang ingin kamu upload. Eits, tapi Wifinya juga yang gratis, ya!

Video Call

Video Call

Hampir semua aplikasi chat menyediakan fitur video call supaya lebih memudahkan dalam berkomunikasi, contohnya seperti BBM, Line, dan Whatsapp. Memang jika melakukan komunikasi melalui video call sangat mengasikkan, namun kuota internet yang ada pada smartphone umumnya akan tersedot drastis saat melakukan video call.

Rata-rata kuota yang dihabiskan dalam 1 menit menggunakan video call dapat mencapi 5 MB dan bayangkan saja jika kamu ngobrol selama berpuluh-puluh menit hingga berjam-jam dengan video call. Tentu saja akan menguras kuota internet kamu kan?

Maka kami sarankan untuk menggunakan fitur video call ini seperlunya saja supaya hemat. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan koneksi wifi yang ada dan pastinya dengan koneksi wifi kamu juga akan mendapatkan sebuah kualitas panggilan video yang lebih jernih.

Streaming Video Dan Musik

Streaming Vidio Dan Musik
Saat ini memang banyak layanan yang menyediakan streaming gratis yang dapat dipakai untuk melihat video favorit atau sekedar mendengarkan lagu kesayanganmu, salah satunya adalah soundcloud yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan musik tanpa kamu harus menyimpan lagu tersebut pada smartphonemu.

Soundcloud memang menyediakan berbagai jenis lagu yang dapat kamu nikmati dan kamu pilih sesuai keinginan kamu. Namun jika terlalu sering melakukan streaming juga akan berdampak pada kuota kamu yang akan tersedot, karena memang situs tersebut menyediakan sebuah file musik dengan kualitas tinggi.

Melakukan streaming video di Youtube juga akan lebih banyak menyedot kuota kamu pada setiap menit video yang kamu tonton.

Bermain Game Online

Bemain Game Online
Bermain game memang salah satu hal yang menyenangkan tapi yang perlu kamu ketahui adalah jika game online dapat menyebabkan kuota internet kamu cepat habis. Saat ini memang banyak game-game di Play Store yang menawarkan fitur multiplayer secara online.

Sangat berbeda dengan aplikasi permainan terdahulu yang hanya bisa dimainkan secara offline, para pengguna smartphone saat ini memang lebih tertarik dengan game online supaya bisa bertanding dan mengadu kemampuan dengan pengguna lain dalam sebuah permainan. Tak jarang para penggemar game jenis ini sampai menghabiskan waktu berjam-jam dalam memainkannya sehingga mereka tak menyadari bahwa menguras begitu banyak kuota internet yang ada dan terlebih jika game yang dimainkan memiliki tampilan grafis yang tinggi.

Demikiankah ulasan mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan kuota internet kamu jadi cepat habis. Dengan mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan internet di atas semoga kamu akan lebih bijak dalam menggunakan smartphone kamu, sekian dan semoga bermanfaat.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Inilah Alasan Kenapa Harga Smartphone Samsung Mahal

Inilah Alasan Kenapa Harga Smartphone Samsung Mahal

Inilah Alasan Kenapa Harga Smartphone Samsung Mahal – Untuk saat ini Samsung merupakan salah satu …