Home / Gadget / Android / Invite Group Via Link WhatsApp, Berkah atau Musibah?
whatsapp-invite-via-link-how-to

Invite Group Via Link WhatsApp, Berkah atau Musibah?

WhatsApp terus melakukan pembaharuan terhadap fitur yang mereka tawarkan kepada pengguna. Dalam setahun terakhir, banyak fitur baru yang dimunculkan diantaranya mengirim gambar GIF, menulis tebal dan miring hingga yang terbaru adalah penanaman kamera Snapchat pada WhatsApp. Namun tahukah kamu jika WhatsApp melakukan pembaharuan tidak hanya pada antarmuka saja tetapi hingga ke dalam sistemnya? Salah satu yang dimunculkan WhatsApp adalah undangan grup yang dapat disebarkan melalui link.

Fitur invite group via link ini juga belum lama diperkenalkan WhatsApp. Fitur ini ditujukan agar pengguna bisa membuat public group via WhatsApp, namun sebenarnya seperti apa fitur ini? Berkah atau Musibah? Baca ulasan tim Lemoot tentang fitur Invite Group via Link berikut ini.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, fitur invite group via link atau mengundang teman melalui link ini dibuat agar kita mudah dalam membuat grup publik. Namun, pada faktanya apakah demikian? Ada beberapa alasan plus dan minus yang bisa kita bahas. Kita mulai dari sisi positif yang kita dapatkan dari fitur ini.

Sisi Positif Fitur Invite Group via Link WhatsApp

Berkah yang bisa kita dapatkan dari fitur invite group via link ini tidak banyak. Bagi pelaku bisnis ataupun komunitas, tentu fitur ini sangat bermanfaat, khususnya dalam rangka rekrutmen anggota baru. Dengan fitur Invite Group via Link ini, member yang akan masuk ke grup tidak perlu diundang admin. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Pada jendela Group, pilih menu Add Participants dan akan muncul list nama kontak yang belum dimasukkan ke dalam grup. Perhatikan pada baris paling atas terdapat opsi Invite Group via Link. Klik tombol tersebut dan akan muncul link untuk masuk ke percakapan grup. Bagikan link tersebut ke orang-orang yang ingin dimasukkan ke dalam grup. Ada beberapa pilihan yang ditawarkan WhatsApp untuk membagikan link tersebut yaitu via WhatsApp langsung, Copy Link dan Share Link dengan aplikasi lain.

Baca juga:  Inilah Cara Aman Keluar Dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Anggota Lain
whatsapp
Invite group via link WhatsApp

Dengan demikian, kita tidak perlu memilih anggota grup baru karena mereka pasti akan mempertimbangkan sendiri apakah ingin join grup WhatsApp atau tidak.

Sisi Negatif Fitur Invite Group via Link WhatsApp

Namun ternyata fitur ini tidak sepenuhnya membawa manfaat. Dengan dibukanya fitur ini, ternyata sudah terjadi beberapa kejadian yang menyebabkan grup dimasuki oleh orang yang tak dikenal. Bagaimana bisa?
Memang demikian, ketika kita mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis kita telah membuka pintu bagi siapa saja untuk masuk ke Grup kita. Jika dicermati, alamat URL grup kita terdiri dari beberapa karakter acak. Disinilah letak permasalahannya, banyak pihak tak bertanggungjawab memanfaatkan celah ini. Mereka melakukan pengacakan url untuk masuk ke grup WhatsApp.

Jika kode yang mereka acak itu sama dengan link Grup WhatsApp yang kita gunakan, maka pastilah dia akan masuk ke grup WhatsApp tanpa diundang. Entah tujuannya untuk spamming atau bagaimana, namun faktanya memang tidak semua netizen arif dalam menggunakan internet dan media sosial.

Kasus di atas memang sudah cukup banyak terjadi dan dirasa cukup mengganggu privasi dan kenyamanan kita dalam obrolan grup. Jadi kesimpulannya, Invite Group via Link ini Berkah atau Musibah?

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

5-aplikasi-untuk-mengganti-background-foto-di-android

5 Aplikasi Untuk Mengganti Background Foto Di Android

Aplikasi Untuk Mengganti Background Foto Di Android – Dulu untuk edit foto dan mengganti background …