Jangan Charge Smartphone Dengan Laptop! Ini Bahaya Yang Mengancam

Bahaya Yang Mengintai Ketika Mencharger Smartphone Menggunakan Laptop

Jangan Charge Smartphone Dengan Laptop! Ini Bahaya Yang Mengancam – Bagi kamu yang sering membawa smartphone keluar rumah pasti sudah tak asing lagi dengan powerbank yang dapat menyelamatkan ketika batterai smartphone kamu hampir habis. Namun beda ceritanya jika kamu tak mau ribet dengan membawa power bank dan laptop di tas, mungkin kamu akan lebih memilih melakukan charging smartphone kamu dengan menggunakan laptop.

Dengan mengisi ulang baterai smartphone dengan menggunakan laptop sebenarnya boleh-boleh saja kamu lakukan pada saat keadaan darurat, tapi kami sarankan untuk tidak sering-sering mencharge dengan laptop ya karena ada banyak ancaman bahaya. Penasaran dengan bahaya apakah yang mengintai ketika kamu mencharge smartphone di laptop? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Bahaya Nge-Charge Smartphone Dengan Laptop:

Baterai Laptop Jadi Cepat Rusak

Karena sama-sama menampung daya untuk digunakan pada lain waktu maka secara teknis laptop itu sama dengan power bank. Jadi tak heran lagi jika kamu nantinya akan menggunakan laptop untuk mengisi ulang baterai smartphone kamu. Namun yang perlu kamu ketahui adalah laptop juga memiliki siklus hidup jadi kami sarankan jangan keseringan mencharge dengan laptop.

Baterai Laptop jadi Cepat Rusak

Efek yang kamu dapat dengan seringnya menggunakan laptop sambil mengisi ulang baterai smartphone adalah dapat menyebabkan baterai laptop kamu menjadi cepat aus. Karena saat digunakan sebagai pengisian ulang baterai smartphone baterai laptop kamu akan jadi cepat habis.

Hal ini membuat kamu harus charge lagi baterai laptop kamu sehingga siklus hidupnya menjadi berkurang.

Baca juga:  7 Tips Fotografi Smartphone Untuk Hasil Terbaik

Pencurian Data

Dengan menggunakan proses ‘Handshake’ atau proses pairing antara smartphone dengan laptop ketika saling terhubung, hacker bisa mencuri data smartphone yang diisi ulang menggunakan laptop. Hal ini terjadi karena proses ‘Handsake’ membuat data nama perangkat, produsen perangkat, nomor seri, informasi firmware, informasi sistem operasi, daftar file, hingga elektronik chip ID smartphone terbaca oleh laptop.

Pencurian Data

Proses ini membuka kesempatan hacker untuk mencuri data di smartphone. Dengan memanfaatkan command khusus yang bertugas untuk meng-install sistem root pada smartphone, hacker bisa dengan mudah mencuri semua data yang ada di smartphone kamu.

Smartphone Cepat Rusak

Walaupun aliran listrik yang dihasilkan dari laptop bisa untuk digunakan mengisi ulang baterai smartphone,Namun tetap saja arus listrik yang dikeluarkan dari port USB laptop tidaklah kuat karena mengisi ulang dengan aliran listrik lemah dan dampaknya akan menyebabkan pengisian ulang smartphone menjadi lebih lama.

Smartphone Cepat Rusak

Dampak lanjutan yang didapat dari proses pengisian ulang baterai smartphone yang lama adalah akan menjadikan kamu tidak sabar dengan menggunakan smartphone ketika pengisian dan tentunya hal ini akan menjadikan smartphone kamu menjadi tidak aman lagi.

Demikianlah ulasan mengenai bahaya yang mengintai ketika kamu mencharge smartphone dengan laptop kamu. Gimana serem, kan? Kamu dapat kehilangan data, smartphone rusak, atau bahkan laptop kamu yang rusak. Sebaiknya kamu ngecas smartphone langsung dari sumber daya listrik utama untuk keamanan. Semoga bermanfaat!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Ampuh Kembalikan Performa iPhone yang LemotCara Ampuh Kembalikan Performa iPhone yang Lemot

Cara Ampuh Kembalikan Performa iPhone Yang Lemot

Cara Ampuh Kembalikan Performa iPhone Yang Lemot – Build quality yang bagus menjadi alasan banyak …