Kebiasaan Buruk Yang Banyak Menyedot Baterai Android

Kebiasaan Buruk Yang Banyak Menyedot Baterai Android

Kebiasaan Buruk Yang Banyak Menyedot Baterai Android – Saat ini di masa yang serba canggih tak dapat dipungkiri bahwa setiap hari bahkan setiap saat kita akan selalu ditemani oleh smartphone. Tak sedikit yang menyimpulkan bahwa smarphone ini sudah merupakan kebutuhan dan bukan hanya gaya hidup semata. Berbagai aktifitas dapat kita lakukan dengan smartphone seperti browsing, mendengarkan musik dan melihat notifikasi yang menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan oleh para pengguna smartphone.

Tadi tanpa kita sadari kebiasaan itu menjadikan kita menggunakan berbagai fitur dan aplikasi-aplikasi yang ada pada smartphone Android secara berlahan dapat menyedot daya baterai smartphone yang kamu miliki. Bahkan ada yang tak tahu bahwa kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan dapat membuat baterai bisa jauh lebih cepat habis. Penasaran dengan kebiasaan-kebiasaan yang menjadikan baterai Android cepat habis? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Kebiasaan Buruk yang Banyak Menyedot Baterai Android :

Menyalakan Wi-Fi Ketika Jaringan Lambat

Ketika kamu mengakses situs-situs tertentu dari smartphone Android kamu dan tiba-tiba jaringan data seluler tidak stabil atau sedang bermasalah dan berada dalam area hotspot tentunya kamu akan lebih memilih menggunakan jaringan hotspot tersebut dengan mengaktifkan WiFi connection.

Menyalakan Wi-Fi Ketika Jaringan Lambat

Tak sedikit dari kita pasti juga sudah tahu bahwa mengaktifkan WiFi juga merupakan kebiasaan yang dapat menyedot banyak daya baterai. Kebiasaan yng lebih fatal adalah ketika mengaktifkan WiFi daerah yang kualitas jaringannya buruk atau mengaktifkan WiFi ketika jaringan di suatu hotspot sedang mengalami gangguan dan kebiasaan ini akan memaksa smartphone kamu menjadi nebgkonsumsu baterai ekstra untuk mencari sinyal jaringan lebih intensif sehingga menjadikan baterai smartphone kamu cepat habis.

Mengakses Situs Dengan Banyak Iklan

Tanpa kamu sadari dengan mengunjungi berbagai situs-situs popular yang dipenuhi dengan iklan yang tak ada habisnya menjadi faktor yang paling banyak menyedot baterai smartphone dan selain sangat mengganggu dengan size banner yang relatif besar menjadikan kita mau tidak mau melihat iklan-iklan tersebut dengan menanam fitur pop-up window.

Mengakses Situs Dengan Banyak Iklan

Lantas seberapa banyakkah daya batterai yang disedot oleh iklan-iklan tersebut? Menurut daya yang kami terima dari penilitian Wirecutter, dengan mengakses situs-situs yang dibanjiri iklan selama kurang lebih 2 jam melalui smartphone maka dapat menyebabkan daya baterai berkurang hingga 20% karena smartphone akan menggunakan banyak daya ketika loading pada iklan-iklan tersebut.

Streaming Musik

Nyatanya kebiasaan streaming musik menggunakan berbegai aplikasi streaming di smartphone Android seperti Soundcloud yang sedang digemari saat ini. Hal ini karena faktor banyaknya lagu yang disediakan oleh penyedia jasa streaming musik jika dibandingkan dengan library music yang kita miliki. Berbagai faktor kemudahan dengan mendengarkan musik tanpa perlu melakukan download lagu juga menjadi salah satu kelebihan dari streaming music.

Baca juga:  Samsung Galaxy J1 Ace 4G, HP 4G Murah Spesifikasi Bagus

Streaming Musik

Namun kebiasaan streaming musik ini apalagi jika menggunakan Wi-Fi malah akan dapat secara cepat menyedot daya baterai. Menurut data yang kami dapat saat memutar satu lagu streaming melalui soundcloud dapat menyedot baterai hingga 2% baterai smartphonemu dan jika kamu memutar streaming lagi 15 hingga 20 lagu berarti sudah dapat disimpulkan 30 hingga 40% maka hitung sendiri berapa persenkah baterai yang terkuras untuk mendengarkan lagu.

Bentar-Bentar Ngecek Email

Terlalu sering mengecek email ternyata juga merupakan salah satu faktor yang penting bagi mereka yang sudah bekerja. Karena kebanyakan perusahaan memiliki menggunakan email untuk melakukan pertukaran data terkait dengan suatu pekerjaan yang dijalani sehingga menjadian banyak pekerja yang sangat rutin mengecek email yang masuk di smartphone mereka.

Bentar-Bentar Ngecek Email

Tapi kebiasaan ini malah justru mempunyai efek besar pada daya baterai smarphone itu sendiri  dan ditambah lagi jika jumlah email yang masuk setiap jamnya mencapai puluhan.

Bunyi Notifikasi Aplikasi Yang Begitu Sering

Siapa sangka ternyata bunyi notifikasi dari berbagai aplikasi di smartphone Android kamu juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan baterai kamu banyak terkuras nantinya, baiklah jika kamu setiap harinya hanya menerima beberapa notifikasi saja. Namun beda ceritanya jika kamu merupakan orang yang aktif dalam mengunakan berbagai aplikasi seperti social media.

Berapa banyak notifikasi dari satu media sosial dan bagaimanakah jika kamu memiliki lebih dari satu aplikasi media soaial.

Bunyi Notifikasi Aplikasi yang Begitu Sering

Pastinya daya baterai yang tersedot oleh berbagai aplikasi yang dapat menghasilkan puluhan bunyi notifikasi tidaklah sedikit, seperti yang kami lakukan riset yang hanya menjalankan Line dan BBM namun karena bunyi notifikasi yang masuk dapat mencapai puluhan bahkan ratusan, daya baterai smartphone yang kami dapat terpakai hingga 50% gaes.

Demikianlah ulasan mengenai kebiasaan-kebiasaan buruk yang banyak menyedot baterai Android, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat serta menjadi pertimbangan untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan, sekian dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Ampuh Kembalikan Performa iPhone yang LemotCara Ampuh Kembalikan Performa iPhone yang Lemot

Cara Ampuh Kembalikan Performa iPhone Yang Lemot

Cara Ampuh Kembalikan Performa iPhone Yang Lemot – Build quality yang bagus menjadi alasan banyak …