Kebiasaan di Internet Yang Harus Kamu Hindari Agar Tidak Terkena Hack

Inilah Kebiasaan Diinternet Yang Bahaya Dan Menyebabkan Terkena Hack

Inilah Kebiasaan Diinternet Yang Bahaya Dan Menyebabkan Terkena Hack – Internet memang membuat semuanya terasa semakin mudah. Internet mendekatkan yang jauh menjadi terasa dekat, berbagi menjadi semakin mudah, dan kita bisa mengakses semua informasi dari seluruh penjuru dunia dengan begitu mudah dengan adanya internet.

Tapi tahukah kamu dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh internet juga menjadikan semakin mudah untuk membuat data-data kita dicuri. Nah bila kamu yang tak hati-hati pada saat mengakses atau menggunakan internet bisa membuat kamu terkena hack. Ulasan di bawah ini akan menjelaskan apa saja kebiasaan-kebiasaan di internet yang bahaya dan menyebabkan terkena hack.

Kebiasaan – Kebiasaan Di internet Yang Bahaya Dan Menyebabkan Terkena Hack

Dengan semakain marak beredarnya kabar mengenai pencurian informasi dan data-data oleh hacker, apakah kamu takut informasi-informasi penting dan data-data kamu dicuri? Nah untuk menghindari dari aktifitas hacking yang dilakukan hacker untuk mencuri informasi atau data kamu, maka kamu harus menghindari kebiasaan-kebiasaan pada saat mengakses internet.

Mengakses Data Atau Informasi Penting Dengan WiFi Umum

Sekarang siapa sih yang tak suka dengan WiFi secara gratisan? Dengan menggunakan wifi yang gratis kita dapat melakukan berbagai kegiatan berselancar di internet secara bebas tanpa mengkhawatirkan masalah kuota. Namun ingat, jangan pernah menggunakan wifi gratis dengan sembarangan.

Pada saat terhubung dengan wifi umum yang menawarkan akses internet secara gratis, maka sebaiknya kamu jangan membuka situs-situs yang banyak menyimpan berbagai informasi dan data-data penting, seperti password manager, data kontak pribadi yang kamu miliki atau bahkan melakukan transaksi seperti bank. WiFi umum yang menawarkan akses internet gratis ini biasanya lebih rentan terserang hacker, maka supaya aman disarankan untuk terhubung dengan Wifi yang resmi atau WiFi di tempat kamu bekerja.

Menyebarkan Berita Hoax Atau Berita Palsu

Jangan pernah main-main dengan berita palsu atau berita hoax. Selain mengundang pendapat yang kurang menyenangkan dari hacker, saat ini sudah ada ancaman pidana bagi para penyebar sara dan berita-berita hoax. Maka jangan pernah mencoba dan memposting berita-berita yang hoax yaa.

Jangan Asal Posting di Media Sosial

Membagikan dan berbagi foto, status atau video di media sosial memang sangat menyenangkan, dengan memposting berbagai kegiatan yang sedang kamu kerjakan memang mengasikkan. Namun kamu juga harus tetap bisa mengontrolnya, jangan sampai karena kamu lalai hal yang layak atau hal yang tak layak untuk dibagikan ke media sosial.

Baca juga:  3 Aplikasi Untuk Tracking Penggunaan Data Terbaik Untuk Android

Berbagai informasi pribadi kita seperti nomor telfon, tempat tanggal lahir, hingga alamat tinggal adalah sebuah hal yang terlarang di media sosial. Tak terkecuali menyimpan berbagai foto pribadi di media sosial juga tak disarankan.

Tidak Disarankan Untuk Asal Isi Formulir Online

Salah satu tipu daya yang sulit dikenali adalah dengan formulir online yang digunakan oleh pelaku cybercrime untuk mengumpulkan informasi yang kamu miliki. Maka dari itu pada saat kamu terhubung dengan jaringan internet WiFi umum, jangan asal-asalan dalam mengisi formulir online bila bukan dari suatu organisasi yang resmi. Dampak yang sering ditemui adalah alamat rumah dan akun email kamu dibanjiri oleh spam.

Asal Menyetujui Privacy Policy

Kebiasaan orang yang malah dalam membaca poin-poin penting yang muncul dibagian privacy policy atau License Term. Tak jarang kamu hanya men-scroll ke bawah dan langsung klik tombol Accept.

Padahal membaca dengan cermat informasi yang berada pada halaman Privacy Policy itu sangat penting karena semisal yang tertera di dalamnya adalah suatu kebijakan dan kesepakatan untuk memberikan data dan informasi pribadimu kepada orang lain bagaimana? Malah jadi repotkan? Makanya baca Privacy Policy dengan teliti dan cermat untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan.

Membuat Password yang Sama Pada Semua Akun

Hindari kompromi dengan kekuatan password. Menggunakan password yang serupa untuk berbagai akun milikmu di internet memungkinkan untuk memunculkan tindakan yang jahat oleh hacker jahat.

Dengan menggunakan password yang sama di setiap akun yang kamu miliki, bisa menjadi bahaya jika password kamu diketahui orang lain karena semua informasi akunmu dapat diakses dengan mudah.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Kebiasaan di Internet Yang Harus Kamu Hindari Agar Tidak Terkena Hack sehingga kita bisa lebih bijak dalam menggunakan internet. Semoga bermanfaat!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Bahaya ! Jangan Gunakan Smartphone di Tempat Gelap

Bahaya ! Jangan Gunakan Smartphone di Tempat Gelap

Bahaya ! Jangan Gunakan Smartphone di Tempat Gelap – Menggunakan smartphone yang ada banyak apilkasi …