Home / Tips n Trik / Kelola Gmail Lebih Mudah dengan 5 Extensions Chrome Ini

Kelola Gmail Lebih Mudah dengan 5 Extensions Chrome Ini

Cara Mudah Mengelola Gmail
Gmail. Credit: Nicolas Housez

Tidak dipungkiri lagi bahwa saat ini Gmail saat ini merupakan layanan email yang paling banyak digunakan oleh netizen di seluruh dunia. Banyak kelebihan yang dimiliki Gmail jika dibandingkan dengan penyedia layanan email lainnya diantaranya Gmail dapat diandalkan, dan memiliki fitur unggulan lainnya salah satunya adalah kemampuan mendeteksi spam yang sangat baik. Gmail juga memiliki fitur unik yaitu bisa digunakan untuk membuat banyak akun pada satu website dengan hanya satu akun saja.

Selain beberapa keunggulan di atas, pengelolaan Gmail nyatanya jauh lebih mudah. Sudah tahu kan jika Gmail bisa digunakan untuk login banyak akun secara bersamaan? Dari sekian banyak keunggulan Gmail, berikut ini adalah 5 extensions chrome yang bakal membuat Gmail semakin di depan. Extensions yang ada di dalam daftar berikut ini bisa digunakan untuk mengelola beberapa akun Gmail bersamaan, attach file dari cloud storage hingga mengelola Gmail secara offline!

Checker Plus

Hampir semua orang memiliki beberapa akun Gmail yang harus dikelola. Biasanya orang-orang mengelola email pribadi dan juga email bisnis ataupun email perusahaan tempat mereka bekerja. Memang, kita bisa mengelola waktu kita agar semuanya bisa berjalan beriringan akan tetapi nyatanya mengecek email satu per satu pada beberapa akun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mengapa kita tidak berusaha menghemat waktu saja?

checker plus gmail
Checker Plus via jasonsavard.com

Checker Plus merupakan extension Chrome yang bisa kamu gunakan untuk mengelola semua email yang kamu punya secara bersamaan. Kamu akan mendapatkan notifikasi ketika salah satu dari email yang kamu miliki menerima sebuah pesan elektronik baru.

Uniknya, kamu bisa langsung membaca ataupun menghapus email tersebut dari notifikasi yang muncul. Benar-benar hemat waktu bukan?

Download Checker Plus

Yesware

Dulu kita sering menggunakan laporan pengiriman dari operator seluler untuk mengetahui bahwa SMS kita telah terkirim dan kini hampir semua aplikasi messaging memiliki fitur penanda status pesan tersendiri, misalnya BBM dengan D hingga R dan juga WhatsApp dengan centang dua beserta warna birunya ketika telah terbaca. Lalu, bagaimana dengan email?

Baca juga:  Mencegah PC Sleep Saat Proses Download Berjalan

Secara default, belum ada layanan email yang menggunakan fitur seperti yang sudah disebutkan di atas, namun dengan Chrome dan Yesware, kamu bisa mengetahui apakah orang yang kamu kirim pesan sudah membaca email tersebut atau belum. Extension Chrome yang satu ini bisa kamu gunakan untuk melakukan tracking jika email sudah dibuka dan link yang telah dikunjungi.

yesware gmail
Yesware Gmail via yesware.com

Yesware bahkan bisa memberikan informasi kapan email tersebut dibuka, browser apa yang digunakan dan lain sebagainya. Kabar gembiranya, Yesware bisa kamu gunakan secara gratis.

Download Yesware

Cloudy

Biasanya, kita hanya bisa mengirimkan file dengan Gmail menggunakan dua cara saja, yaitu upload file atau mengaitkannya dengan file pada Google Drive.

Cloudy for Gmail
Cloudy for Gmail via beebom.com

Dengan Cloudy, kamu bisa dengan mudah memilih berbagai layanan cloud storage seperti OneDrive, Dropbox ataupun media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk mengirimkan file via email.

Download Cloudy

Enhancement for Gmail

Extension yang satu ini bisa kamu gunakan untuk menjadikan tampilan Gmail lebih sederhana dengan menghilangkan iklan, chat dan lain sebagainya. Tujuannya adalah membuat Gmail lebih rapi dan nyaman untuk digunakan.

enhancements-for-gmail
Enhancements for Gmail

Enhancement for Gmail juga bisa digunakan untuk menampilkan notifikasi pada desktop terhadap aktivitas apa saja pada akun Gmail.

Download Enhancement

Gmail Offline

Extension yang satu ini belum tentu bisa kamu dapatkan pada layanan lain. Sesuai namanya, Gmail Offline bisa kamu gunakan untuk mengelola Gmail secara offline alias tanpa koneksi internet.

gmail offline
Gmail Offline via affordablegifts4both.wordpress.com

Kamu bisa membaca, membalas ataupun menghapus email bahkan ketika sedang offline. Extensions akan merekam semua aktivitasmu dan akan menjalankannya secara berurutan ketika telah terkoneksi dengan internet.

Download Gmail Offline

Dengan 5 extension di atas, kamu bisa bekerja jauh lebih maksimal khususnya dalam hal mengelola email. Bagaimana, masih meragukan kemampuan Gmail? Tulis komentarmu di bawah ini, ya!

Save

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Tips Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh – Seperti halnya Komputer, smartphone Android juga …

  • makasih infonya gan jujur ane baru tau 5 extension chrome ini