Friday , September 22 2017

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android – Dalam kurun waktu 8 tahun Android telah sukses menjadi sistem operasi yang besar dan tak hanya digunakan oleh smartphone saja. Kini Android sudah merambah hingga ke smartwatch dan perangkat lainnya. Pertanyaannya, apakah kamu juga pengguna Android?

Selain menawarkan berbagai fitur menarik seperti aplikasi dan game, smartphone Android juga banyak disukai karena banyak varian smartphone dengan fitur menarik dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Namun tahukah kamu bahwa masih banyak pengguna Android yang tak menyadari bahwa ada hal yang salah namun tetap terus dilakukan sehingga justru mempercepat kerusakan Android itu sendiri.

Kesalahan Yang Tak Kamu Sadari Saat Menggunakan Android

Bila kamu merupakan orang yang sembarangan dalam menggunakan smartphone, entah itu smartphone bagus dan semahal apapun pasti akan cepat rusak jika kamu masih sering melakukan hal-hal yang tak kamu sadari merusak smartphonemu. Maka dari itu jangan lakukan kesalahan-kesalahan jika kamu ingin smartphone Androidmu awet. Simak hal-hal yang harus kamu hindari berikut ini.

Menggunakan Smartphone Saat Dicas

Menggunakan Smartphone Saat Mencharger

Ketika pada keadaan seru atau tanggung main game di smartphone Android pasti kamu jengkel kan bila baterainya low atau akan habis? Akhirnya kamu memilih memainkan game tersebut sambil mengisi ulang karena ingin menyelesaikan game tersebut yang sebenarnya kebiasaan ini sangat bahaya jika dilakukan.

Karena terlalu sering menggunakan smartphone untuk aktifitas yang berat sambil dicas, seperti main game dapat merusak baterai dan akan menjadikan kualitas serta umur baterai kamu menjadi lebih singkat lho.

Cabut Charger Sembarangan

Cabut Charger Sembarangan

Mungkin terburu-buru atau memang kebiasaan, tak sedikit para pengguna smartphone Android yang asal-asalan mencabut kabel charger dari konektornya. Padahal kebiasaan ini dapat menjadikan lubang konektor jadi kendor. Ditambah lagi jika smartphone Android kamu belum menggunakan USB type-C maka akan sangat bahaya dan resikonya smartphone kamu tidak bisa dicas.

Terhubung dengan WiFi Liar Di Tempat Umum

Terhubung dengan WiFi Liar Tempat Umum

Memang merupakan hal yang menguntungkan bila kamu menemukan WiFi di tempat umum apalagi kalau WiFinya tak dipasangi password. Kamu bisa internetan secara gratis tanpa ribet yang sebenarnya itu adalah sebuah kesalahan yang dapat membahayakanmu.

Kamu wajib curiga bila di tempat umum ada WiFi yang tidak di password, karena bisa saja ada orang tidak bertanggungjawab yang sengaja membuat WiFi untuk dapat mencuri data-data kamu lewat koneksi WiFi?

Memang gratis sih, tapi apa kamu mau jika datamu jadi taruhannya?

Baca juga:  Cara Mudah Menggunakan Pronet V10.12 APK Terbaru 2017

Jangan Lakukan Root

Jangan Lakukan Root

Untuk dapat menghilangkan segala keterbatasan yang ada di smartphone Android, biasanya para pengguna melakukan proses rooting. Memang proses rooting pada Android akan memberikan keleluasaan untuk mendapatkan fitur baru dan yang harus kamu ketahui rooting juga mempunyai efek yang bahaya lho.

Bila saja kamu lupa maka proses rooting dapat menjadikan garansi smartphone Android kamu hilang dan sangat disayangkan bila Android di root pada saat garansi masih ada dan proses modifikasi system root dapat menyebabkan smartphone Android kamu matot (mati total) bila salah prosedur.

Menaruh Smartphone di Jeans Ketat

Menaruh Smartphone di Jeans Ketat

Ternyata juga bahaya bila kamu terlalu sering menyimpan smartphone di dalam celana jeans yang ketat. Bagian layar menjadi terancam karena dapat mengurangi sensitivitas layar,  dan yang paling penting menyimpan smartphone di saku celana jeans juga tidak sehat lho bagi laki-laki akibat efek radiasi.

Hindari Menginstall Aplikasi Bajakan

Hindari Menginstall Aplikasi Bajakan

Banyak yang tidak sadar bahwa dengan menginstal aplikasi bajakan yang menawarkan cara mudah dapat menjadikan malapetaka, karena dengan menginstall aplikasi bajakan dari pihak ketiga dapat menyebabkan smartphone Android kamu terkena malware berbahaya . Untuk itu sebaiknya berhentilah menginstall aplikasi bajakan di smartphone Androidmu.

Malas Untuk Update Aplikasi dan OS

Malas Untuk Update Aplikasi dan OS

Karena saking banyaknya aplikasi yang terinstall sering kali para pengguna smartphone Android mengabaikan bila ada update untuk aplikasi. Alasan yang paling mendasar adalah karena buang-buang kuota internet, padahal update aplikasi atau OS ini sangat penting untuk menutup celah-celah yang ada pada smartphone Androidmu supaya aman dari malware dan virus.

Hindari Penggunakan AdBlocker

Hindari Penggunakan AdBlocker

Menggunakan AdBlocer memang dapat lebih nyaman menggunakan aplikasi atau browsing tanpa iklan, namun ini merupakan hal yang berbahaya karena para penyedia AdBlocker akan memberikan bahkan menjual data kamu kepada pemasang iklan. Malah jadi ngeri, kan?

Demikianlah ulasan mengenai kesalahan yang sering diabaikan oleh para pengguna smartphone Android, sebenarnya kita dapat mencegah supaya smartphone kita tak terkena hal-hal yang tak diinginkan. Semoga ulasan di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat supaya tak mengabaikan hal-hal yang sebenarnya sakral. Sekian dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.