Thursday , November 23 2017

Kupas Tuntas Rahasia Notifikasi Pada Smartphone Android

Kupas Tuntas Rahasia Notifikasi Pada Smartphone Android

Kupas Tuntas Rahasia Notifikasi Pada Smartphone Android – Notifikasi pada smartphone Android menjadi salah satu hal penting untuk para pengguna smartphone. Notifikasi bisa datang dari berbagai aplikasi atau sistem Android dan biasanya datang karena ada pembaruan dari software atau ada pesan baru.

Namun disebabkan kesalahan sistem biasanya sebuah notifikasi akan error, hilang atau mengalami berbagai macam masalah dan kami akan mengulas tuntas mengenai hal itu. Bila kamu mengalami masalah berkaitan dengan notifikasi maka silahkan simak ulasan mengenai permasalahan notifikasi pada Android serta cara mengatasinya. Simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengembalikan Notifikasi Yang Hilang Atau  Melihat History Notifikasi

Tak sedikit dari pengguna smartphone Android yang melewatkan notifikasi dari Android. Hal ini biasanya dikarenakan kurang teliti atau karena memang notifikasi Android kadang menghilang begitu cepat, Maka dari itu sebelum notifikasi tersebut semua hilang kami akan membagikan cara mengembalikan notifikasi yang hilang dengan cara-cara yang ada di bawah ini.

Notification Log

Notification log

Kamu bisa menggunakan notification log untuk melihat daftar log notifikasi yang dikirimkan. Notifikation log ini hanya bisa digunakan pada Android Jelly Bean 4.3 ke atas. Jadi jika android kamu masih dibawah Jelly Bean, atau Android 4.2 ke bawah cara ini tidak dapat bekerja.

Cara Mengembalikan Notifikasi :

  • Langkah pertama masuk ke Home Screen android kamu, lalu tekan dan tahan pada bagian yang kosong.
  • Setelah itu pada bagian bawah pilih Widgets.
  • Kemudian kamu pilih widgets, pilih Settings shortcut dengan cara menggeser menu-menu atau pilihan widgets.
  • Lalu setelah itu tekan dan tahan widget Settings shortcut sampai muncul home screen, setelah itu drag kebagian home screen yang akan kita beri widget tersebut.
  • Selanjutnya buka Settings shortcut pada home screen lalu pilih Notification log.
  • Kemudian Notification log muncul dan kamu bisa melihat notifikasi history pada android kamu.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama Notification History, kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut dari Google Play Store. Fungsi aplikasi ini adalah menyimpan history dari notifikasi pada smartphone android kamu.

Baca juga:  Cara Logout WhatsApp Yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

Cara Block Notifikasi dari App

Pernahkah kamu terganggu dengan notifikasi yang muncul terus menerus? Atau memang sengaja ingin menyembunyikan notifikasi tersebut? Atau bahkan tak ingin mendapatkan notifikasi dari aplikasi sementara? Tenang!! Kami punya caranya :

Cara Block Notifkasi App Android 5.0 Lollipop Ke Atas

  • Langkah pertama masuk ke Settings -> Sound and Notification-> App Notifications.
  • Lalu tap atau tekan aplikasi yang ingin kita block notifikasinya.
  • Kemudian tap pada pilihan Block.
  • Selesai.

Cara Block notifkasi Android 4.1 Jelly Bean to 4.4 Kit Kat

  • Langkah pertama masuk ke Settings -> Apps.
  • Lalu tap atau tekan aplikasi yang ingin kita block notifikasinya.
  • Kemudian tap dan uncheck kotak Show notifications
  • Selesai.

Untuk android versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke bawah, tk ada cara yang bisa digunakan untuk block notifikasi aplikasi, sangat disayangkan.

Notifikasi Aplikasi Yang Tidak Muncul

Notifikasi aplikasi yang tidak muncul

Tak sedikit pengguna yang mengeluhkan mengapa tidak muncul notifikasi pada aplikasi sehingga menjadikan pengguna kebingungan. Selain cara di atas jika kamu tidak memperoleh notifikasi pada aplikasi caranya seperti berikut.

Cara Mengatasi Notifikasi Yang Tidak Muncul Android

Kemungkinan yang memicu permasalahan ini karena kamu menggunakan power saver sehingga aplikasi yang tak digunakan akan di close pada background. Cobalah cek kembali apakah ada aplikasi power saver memblokir aplikasi tersebut sehingga prosesnya dihentikan ketika tak digunakan. Hal yang lumrah terjadi ini dapat kamu selesaikan dengan menonaktifkan penghemat daya atau penghemat baterai sehingga aplikasi dapat terus berjalan pada background.

Demikianlah ulasan mengenai notifikasi pada smartphone Android, semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi untuk kamu yang sering bermasalah dengan notifikasi maka cara-cara di atas bisa kamu gunakan, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس