Home / Tips n Trik / Mencegah PC Sleep Saat Proses Download Berjalan

Mencegah PC Sleep Saat Proses Download Berjalan

cara menghalangi pc sleep saat download

Web browser adalah aplikasi default yang kita gunakan untuk mendownload berbagai file dari internet. Memang, banyak sekali aplikasi download manager yang bisa kita gunakan untuk downloading, sebut saja IDM, Torrent client dan sebagainya. Meskipun begitu, user seringkali dipaksa untuk mendownload file hanya dengan menggunakan download manager yang sudah ada pada sebuah web browser.

Sebagai contoh, Chrome memiliki fitur download manager sendiri dengan fitur-fitur dasar dan hampir tidak ada fitur advanced di dalamnya. Hasilnya, jika kita mendownload file dengan ukuran yang besar maka proses downloading membutuhkan waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya. Walhasil kita harus menjaga sistem agar tetap hidup dan tidak berubah menjadi sleep selama proses download berlangsung.

Baru ketika download selesai, system baru diperbolehkan untuk mengubah statusnya menjadi sleep. Chrome ternyata memiliki cara sendiri untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk menjaga sistem operasi agar tidak tertidur ketika ada proses download berjalan, kamu bisa memanfaatkan dua extensions chrome yaitu Download Shutdown dan juga Sleepless in System.

Cara Menghalangi PC Sleep ketika Download File Dengan Chrome

Langkah yang harus kamu lakukan pertama kali adalah dengan menginstall dua extension yang sudah disebutkan di atas, kemudian aktifkan keduanya. Selanjutnya klik icon extension sebelum kamu memulai proses download.

Sleepless in System akan secara otomatis menghalangi sistem untuk sleep selama chrome berjalan. Aplikasi ini meyakinkan bahwa kamu tidak akan kehilangan koneksi internet yang akan menghentikan proses download. Setelah extension ini aktif, mulailah mendownload file dan proses akan berhenti ketika download telah sukses.

Baca juga:  Cara Disable Cache Browser Pada Chrome Untuk Sementara

sleepless in system chrome

Setelah itu, kita tentu tidak menginginkan jika sistem kita akan tetap bangun meskipun download telah selesai. Dan inilah fungsi Download Shutdown yang ada di atas. Extension ini akan membuat system berubah status menjadi sleep tatkala proses download selesai.

Banyak aplikasi download manager yang cukup populer tidak memiliki fitur sleep atau shutdown otomatis. Maka dari itulah, Chrome bisa menjadi solusi jika kita ingin menghalangi sistem tertidur dan menjada proses download tetap berjalan hingga sukses.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Tips Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh –¬†Seperti halnya Komputer, smartphone Android juga …