Tuesday , December 12 2017

Mengaktifkan Find My Device untuk Tracking Laptop dengan Windows 10

Tracking lokasi pada saat ini sudah sangat populer dan menjadi fitur penting dalam sistem operasi mobile. Baik Android maupun iOS sama-sama telah mengimplementasikan tracking lokasi dengan GPS dengan sangat baik. Pun demikian dengan developer aplikasi yang telah banyak menciptakan aplikasi-aplikasi location tracking dan kita akan dengan mudah menemukannya di Play Store maupun App Store. Fitur ini sangat berarti untuk membantu kita jika suatu saat kita lupa menaruh ponsel atau pada saat ponsel kita dicuri. Tidak hanya ponsel, tablet dan laptop pun merupakan perangkat portable yang sering kita lupa tempat menaruhnya ataupun dicuri. Dan oleh sebab itulah Windows 10 yang bisa berjalan dengan baik pada tablet dan laptop, memberikan fitur tracking lokasi untuk tablet dan laptopmu pada build 1511.

Secara default, fitur tracking location pada Windows 10 ini belum diaktifkan. Kamu harus mengaktifkannya sendiri. Ikuti langkah berikut ini untuk mulai menggunakan location tracking Windows 10.

Buka pada aplikasi Settings kemudian klik grup Update & Security yang ada pada Settings. Disini kamu akan menemukan tab Find My Device, tentunya jika Windows yang kamu gunakan telah support fitur ini. Klik Find My Device jika sudah ada.

find my device windows 10

Selanjutnya disini kamu dapat melihat jika fitur ini sudah aktif/enable atau belum. Jika belum aktif, maka aktifkan dengan mengubahnya melalui tombol Change. Klik tombol tersebut kemudian akan muncul pop up kecil, geser saklar menjadi On.

Baca juga:  Cara Membuat Screenshot pada Tablet dan Laptop Windows 10

menyalakan find my device windows 10

Sesederhana itulah langkah untuk mengaktifkan fitur tracking lokasi pada Windows 10. Jika perangkatmu hilang atau kamu lupa meletakkannya, buka website microsoft dan sign in dengan akun yang sama yang ada pada laptop atau tablet Windows 10-mu dan kamu bisa melihat dan mendapatkan lokasi laptop atau tabletmu yang hilang.

Dengan demikian, kamu harus menggunakan akun Microsoft pada laptop atau tablet dan tidak menggunakan akun lokal pada laptop untuk menggunakan fitur ini. Terakhir, jika kamu tidak menemukan menu Find My Device pada Settings, cek kembali apakah Windows 10 yang kamu gunakan adalah Build 1511 atau lebih baru dan pastikan pula kamu menggunakan akun Microsoft pada laptop.

About Rian

SEO enthusiast.