Home / Gadget / Mengenal Lebih Dekat Samsung UFS Memory Card, Kartu Memori Berkecepatan Tinggi

Mengenal Lebih Dekat Samsung UFS Memory Card, Kartu Memori Berkecepatan Tinggi

Memori card UFS baru ini akan meninggalkan micro SD dalam hal kecepatan, namun masih membutuhkan waktu yang cukup sebelum semuanya terjadi.

Samsung baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah membuat memori card pertama yang berbasis UFS 2.0. UFS 2.0 adalah standar yang digunakan untuk memori internal yang kini didesain untuk menggantikan memori yang sudah umum, seperti MMC yang jauh lebih lambat. Samsung menggunakan UFS 2.0 pertama kali pada Samsung Galaxy S6.

Kini Samsung membawa teknologi super cepat tersebut pada removable storage. Samsung mengumumkan bahwa kartu UFS memiliki range kapasitas mulai dari 32GB hingga 256GB dengan kecepatan membaca dan menulis data mulai dari dua kali hingga ratusan kali lebih cepat dibanding microSD biasa.

Yang lebih spesial, kartu UFS berkapasitas 256GB mampu memilii kecepatan membaca data hingga 530MB/s, dimana lima kali lebih cepat dengan microSD dengan tipe yang sama. Kecepatan tersebut menjadikan kartu UFS berada pada level yang sama dengan kecepatan SSD Drive di pasaran. Bahkan, untuk pembacaan data secara random, kartu UFS mampu 20 kali lebih cepat dibandingkan microSD.

Peningkatan performa juga dilakukan dalam hal kecepatan menulis data. Kecepatan menulis data secara random (random write speeds) mencapai 35.000 random IOPS yang mana 350X lipat dibandingkan dengan microSD. Squential write speed kartu UFS sebesar 170MB/s adalah hampir dua kali lipat dibanding microSD.

Baca juga:  Spesifikasi Dan Harga Coolpad Shine Update Terbaru 2017
samsung ufs 256gb
Bentuk dan Layout Pin Kartu Memori UFS

Samsung mengatakan bahwa perangkat yang menggunakan kartu UFS mampu membaca movie sebesar 5GB hanya dalam waktu 10 detik. Bandingkan dengan 50 detik waktu yang dibutuhkan microSD card yang berkecepatan 95MB/s. Kartu UFS bisa menulis foto JPGdengna ukuran besar hanya dalam waktu 7 detik, dibandingkan 32 detik yang dibutuhkan microSD UHS-1.

Samsung mengklaim kartu UFS akan cocok digunakan pada perangkat kamera dengan resolusi tinggi, seperti DSLR, 3D VR kamera, action camera ataupun drone.

Yang sedikit mengecewakan adalah, kartu UFS ini sepertinya tidak kompatibel dengan slot microSD. Bentuk dan layout yang dimiliki berbeda dengan microSD dan hingga saat ini belum ada perangkat di pasaran yang mampu menerima kartu UFS. Yang pasti , UFS baru akan mengubah semuanya dalam beberapa tahun ke depan dan selama itu pula microSD akan tetap menjadi standar yag digunakan oleh produsen.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Xiaomi Mi Note Pro

Alasan Mengapa Harga Smartphone Xiaomi Yang Murah

Alasan Mengapa Harga Smartphone Xiaomi Yang Murah – Bagi pecinta gadget ataupun yang tak terlalu …