Thursday , October 19 2017

Mengetahui Batas Wajar Suhu Smartphone Android

Hentikan Pemakaian Smartphone Jika sudah Panas

Mengetahui Batas Wajar Suhu Smartphone – Berbeda dengan feature phone yang hanya dapat digunakan untuk SMS atau melakukan panggilan saja, smartphone jelas lebih menarik karena menawarkan banyak pilihan aplikasi dan berbagai game-game seru, jadi tak heran jika kamu memang betah dalam menggunakan smartphone untuk jangka waktu yang lama.

Namun tentunya rasa nyaman menggunakan smartphone pasti akan terganggu bila kedapatan smartphone yang kita gunakan panas. Tahukah kamu bahwa sebenarnya smartphone juga memiliki batas wajar suhu panas yang dihasilkan oleh smartphone? Jika belum tahu maka simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Smartphone Kok Bisa Panas?

Sebenarnya tak hanya smartphone saja, bahkan semua perangkat elektronik akan terasa panas bila digunakan dengan skala terus menerus dan yang menjadikan smartphone panas sebenarnya adalah prosessor serta penggunaan smartphone itu sendiri.

Suhu Panas Smartphone

Contohnya adalah prosessor Snapdragon 810 dan prosessor Snapdragon 615 yang merupakan generasi pertama yang dikenal sebagai smartphone yang kerap memunculkan panas berlebih ke smartphone. Sebenarnya tak hanya itu saja, dengan kita menggunakan banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan dan memainkan game-game berat maka wajar-wajar saja bila smartphone yang kamu miliki menjadi panas.

Lantas Berapakah Batas Wajar Panas di Smartphone?

Sebenarnya panas pada smartphoone adalah hal yang wajar, hal ini dikarenakan baterai dan prosessor akan dipaksa bekerja terus menerus bila sering digunakan. Lalu berapakah batas panas wajar untuk smartphone hingga tidak dibilang overheat?  Saat diguanakan smartphone dapat berada pada suhu normal antara 29-36 Derajat Celcius. Tapi ketika gunakan untuk chating, main game, ataupun browsing dan diisi ulang maka normalnya smartphone akan berada antara suhu 36-45 Derajat Celsius.

Baca juga:  Vivo Xshot Desain Slim Berbalut Metal Update Terbaru Terbaru 2017

Suhu Panas Smartphone

Pada saat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan atau menjalankan game-game berat yang membutuhkan kinerja prosessor lebih banyak sehingga suhu smartphone akan semakin tinggi. Tim kami pernah melakukan riset dengan menjalankan game Clash of Clan secara sekitar satu jam dan suhu smartphoone mencapai 56 Derajat Celsius.

Lantas normalkah kalau segitu? Tenang masih normal kok, yang tidak normal adalah ketika smartphone yang kamu miliki tidak kamu gunakan namun suhunya mencapai 40-60 Derajat Celcius dan bisa dibayangkan betapa panasnya jika digunakan  untuk membuka banyak aplikasi sekaligus maen game.

Suhu Panas Smartphone

Smartphone rata-rata dapat menahan suhu banas hingga 80 Derajat Celcius dan yang perlu kamu ketahui prosessor dapat menahaan suhu panas hingga 90 Derajat Celcius. Namun berapapun suhu panas yang dihasilkan smartphone jika memang sudah menjadikan permukaan jari-jari serta tanganmu panas tak nyaman, berarti suhu panas pada smartphone kamu panasnya memang sudah tak wajar.

Sekarang bisa dicek, berapakah suhu smartphone kamu saat tidak digunakan dan ketika dalam titik puncak pemakaian?

About Rian

SEO enthusiast.