Wednesday , July 26 2017

Open365, Alternatif Baru Untuk Office Online

Butuh aplikasi Office dengan internet? Sekarang ini sudah banyak aplikasi pengolah kata, pengolah angka maupun presentasi yang bisa dijalankan melalui web browser. Diantaranya ada Google Docs, Google Sheets dan masih banyak yang lainnya.

Jika kamu terbiasa menggunakan Libre Office pada komputer desktopmu, maka kini kamu pun bisa menggunakannya secara online. Yak, yang tergres adalah Open365, yang secara sekilas merupakan versi online dari LibreOffice. Open365 bisa menjadi alternatif berikutnya untuk mengolah data secara online. Open365 merupakan aplikasi office berbasis web yang benar-benar open source.

Sangat penting untuk mengetahui website apa saja yang bisa kita gunakan untuk mengolah dokumen secara online, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan kita hadapi. Misalnya dalam sebuah rapat dan kebetulan PC yang kita gunakan belum terinstal aplikasi office. Office online menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Untuk menggunakan Open365, kamu wajib mendaftar terlebih dahulu pada website Open365. Setelah selesai mendaftar, kamu akan mendapatkan prompt untuk mendownload sebuah program. Program ini akan menyesuaikan platform yang kamu gunakan.

Program yang kamu download tadi bukanlah syarat untuk menggunakan layanan Open365, akan tetapi program ini dapat kamu gunakan untuk upload dokumen ke web lebih mudah. Setelah aplikasi sinkronisasi terinstall dan kamu telah memiliki akun, tiba saatnya untuk mulai menggunakan Open365.

Baca juga:  Tips Aman Menjaga Data Privasi di Internet

Untuk membuat dokumen baru, klik tombol cloud pada bagian atas kemudian pilih Writer, Calc ataupun Impress. Disini terdapat tombol Hub yang bisa kamu gunakan untuk mengelola dokumen yang telah kamu unggah.

open365 alternatif office online
Pilih salah satu menu untuk memulai.

Masih banyak fitur yang ditawarkan Open365. Ketika kamu mendaftarkan akun Open365 maka kamu secara otomatis akan mendapatkan space sebesar 20GB. Penyimpanan sebesar ini dapat kamu gunakan untuk menyimpan semua dokumen yang kamu buat dengan layanan ini. Semua dokumen tersebut juga dapat kamu akses langsung dari desktopmu. Syaratnya, kamu telah menginstall aplikasi sinkronisasi client yang sudah disebutkan di atas.

Open365 juga mendukung banyak format dokumen yang bisa dibuka dengan layanan mereka. Artinya, tidak ada standar baku untuk menggunakan aplikasi Open365, hampir semua format dokumen dapat digunakan. Open365 memiliki banyak fitur lain yang juga sangat handal seperti enkripsi dokumen, sharing dokumen, kolaborasi dokumen dan juga pengelolaan folder yang cukup mudah.

Bagaimana, sudah menggunakan Open365? Tulis pada kolom komentar di bawah ini.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Aplikasi Facebook Kini Dapat Mencari Jaringan Wi-Fi Terdekat

Aplikasi Facebook Kini Dapat Mencari Jaringan Wi-Fi Terdekat

Aplikasi Facebook Kini Dapat Mencari Jaringan Wi-Fi Terdekat – Saat ini siapa sih yang tak …