Tuesday , December 12 2017

Pembayaran Tahunan Dihapus, WhatsApp Segera Menjadi Gratis Sepenuhnya

Cara menyembunyikan Last Seen WhatsApp

Untuk sebuah layanan yang meminta kamu untuk membayar setelah tahun pertama penggunaan layanan, tidak dipungkiri bahwa tidak semua orang benar-benar membayar untuk penggunaan aplikasi WhatsApp. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada satu orang yang meminta hingga WhatsApp telah mengumumkan bahwa biaya langganan tahunan WhatsApp akan segera dihapus dalam beberapa minggu ke depan.

Keputusan tersebut datang setelah disadari bahwa sistem pembayaran tidak berjalan dengan baik dan pemaksaan pengguna untuk membayar melalui kartu debit atau kredit berpotensi menyulitkan pengguna untuk mengakses pembayaran tersebut. Seperti yang disampaikan founder WhatsApp Jan Koum, WhatsApp tidak ingin membuat orang berpikir bahwa komunikasi mereka di dunia dengan menggunakan WhatsApp akan terputus.

Namun, apakah hal tersebut akan membuat ketakukan orang-orang bahwa iklan akan dimunculkan pada WhatsApp akan menjadi kenyataan? Ternyata tidak, menurut founder WhatsApp, WhatsApp akan tetap menjadi aplikasi gratis untuk dinikmati setiap orang. Konsekuensinya, WhatsApp akan mencari jalan lain kepada pengguna WhatsApp untuk berkomunikasi bisnis dan sebaliknya, hampir mirip dengan apa yang dilakukan Facebook Messenger.

Akan tetapi hal tersebut sepertinya tidak akan terjadi dalam waktu dekat mengingat Jan Koum sendiri menyampaikan bahwa mereka sama sekali belum menulis sebuah baris kode pun untuk pengembangan WhatsApp. Komunikasi dua arah yang diharapkan WhatsApp akan membuat kontak yang lebih mudah dengan bisnis yang kita sukai melalui WhatsApp dan juga akan mengizinkan mereka untuk mengirimkan pesan langsung kepada kamu tentang informasi penting seperti delay pesawat atau bahkan transaksi bank yang mencurigakan.

Baca juga:  9 Aplikasi Android Terbaik Untuk Menghemat Baterai

Jika memang langkah tersebut yang akan dipilih, layanan WhatsApp bisa menjadi sangat berguna, bahkan hampir mirip apa yang ada pada Google Now. Meskipun demikian, WhatsApp nampaknya harus membatasi jumlah komunikasi bisnis yang dilakukan kepada pengguna dan mereka wajib memperhatikan bentuk komunikasi tersebut. Tidak ada seorangpun yang berharap mendapatkan notifikasi iklan penjualan atau penawaran khusus via WhatsApp, sehingga perusahaan tetap harus melangkah pada garis yang benar mengingat WhatsApp bersikeras bahwa layanan mereka akan tetap bebas dari iklan pihak ketiga dan juga bebas dari spam.

Meskipun demikian, nampaknya kita harus bersiap diri untuk menerima setidaknya beberapa ‘komunikasi bisnis’ mengingat model tersebut akan digunakan untuk menggantikan biaya tahunan. Kita tidak mungkin bisa menghindar dengan tetap memilih membayar satu dollar per tahun. Bagaimana menurutmu sistem baru WhatsApp ini? Apakah kamu senang dengannya atau mungkin sebaliknya?

About Rian

SEO enthusiast.