Tuesday , August 22 2017

Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Dari Proses Rooting Smartphone Android

Penegertian,Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Dari Proses Rooting Smartphone Android
Penegertian,Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Dari Proses Rooting Smartphone Android

Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Dari Proses Rooting Smartphone Android – Proses rooting adalah sebuah proses yang marak dilakukan oleh para pengguna smartphone Android. Berbagai jenis smartphone ber-OS Android dioprek para penggunanya untuk mendapatkan performa terbaik. Tak jarang, sistem buatan pabrik pun dibabat dan diganti sistem baru yang lebih optimal.

Awalnya hanya ada beberapa developer saja yang menemukan untuk mengotak atik sistem operasi dari android. Salah satu caranya adalah dengan melakukan rooting yang konon akan memberikan banyak kelebihan pada smartphone Android yang digunakan.

Lalu apakah sebenarnya root itu? Apa fungsi sebenarnya dari rooting? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari proses rooting tersebut? Nahh untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu maka akan kami jelaskan pengertian, fungsi, kelebihan, dan kekurangan dari proses rooting. Simak ulasan berikut ini gaes!

Pengertian Rooting

Root adalah sebuah system account yang mempunyai kekuasaan absolut untuk dapat mengakses dan mengeksekusi semua file system dalam operasi berbasis linux(termasuk android) dan juga semua command. Jadi intinya proses rooting adalah proses untuk mengaktifkan system account yang memiliki akses tanpa batas yang dapat mengubah, menambah, menghapus, bahkan bisa juga untuk merusak semua yang ada di dalam sistem smartphone kamu.

Melakukan proses rooting itu sama saja dengan meng-hack system smartphone kita supaya memiliki akses ke account root tersebut sehingga kamu bisa memiliki akses penuh terhadap smartphone yang kamu gunakan.

Fungsi Rooting

Fungsi root atau rooting sebenarnya adalah untuk memberi hak penuh kepada para pengguna android untuk bisa masuk ke sistem android. Dengan memiliki akses sebagai root para pengguna bisa menambahkan, mengurangi maupun memodifikasi data-data atau file-file yang terletak pada sistem Android yang jika pada keadaan standar (belum di-root) file-file tersebut tidak dapat diakses.

Jika di dalam sistem operasi komputer windows, fungsi dari root Android adalah memberikan hak administrator kepada para penggunanya.

Baca juga:  Teknologi Canggih Pada Smartphone Yang Jarang Digunakan

Kelebihan Dan Kekurangan dari Smartphone Android yang sudah di-Root

Kelebihan Smartphone Android yang sudah di-Root :

  • Dapat fasilitas akses tanpa batas terhadap system Android
  • Bisa memindahkan instalasi aplikasi ke memory external sehingga memory internal tidak mudah penuh
  • Dapat melakukan backup aplikasi dan system sehingga ketika ingin melakukan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari ataupun mendownload lagi
  • Kemudian bisa juga menghapus aplikasi-aplikasi bawaan vendor yang kurang penting sehingga bisa menghemat baterai dan mempercepat kinerja smartphone
  • Bisa menambah kemampuan procesor dengan melakukan overclock processor sehingga kinerja ponsel manjadi lebih cepat
  • Dapat merubah tampilan melalui Instalasi custom ROM

Kekurangan Smartphone Android yang sudah diRoot:

  • Rentan terhadap malware dan virus. Mengenai tentang ini sepertinya kamu juga harus tahu serta harus tetap waspada untuk tidak menginstal program yang belum dikenal pada smartphone android kamu. Jangan lupa juga untuk selalu memasang aplikasi antivirus yang bisa kamu download secara gratis dari internet.
  • Garansi smartphone hangus: Seluruh vendor smartphone mengatakan bahwa smartphone android yang sudah di-root akan hangus masa garansinya. Hal ini disebabkan karena dengan kamu melakukan proses rooting pada smartphone kamu sama saja sudah mengotak-atik file System pada sebuah smartphone android yang menjadikan vendor sudah tak mau bertanggung jawab lagi jika ada kerusakan pada smartphone android yang sudah diroot. Tapi kamu tak perlu khawatir dulu karena smartphone android yang telah di-root bisa dikembalikan seperti kondisi semula (unroot), sehingga kamu masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan garansi kembali.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan dari root smartphone android, semoga ulasan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang sedang bimbang untuk melakukan rooting smartphone Androidmu. Semoga bermanfaat gaes!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Abandonware Dos

Daftar Situs Download Game PC Legal Dan Gratis

Daftar Situs Download Game PC Legal Dan Gratis – Bermain game merupakan salah satu kegiatan …