Tuesday , October 24 2017

Permasalahan pada iOS 9 dan Cara Mengatasinya

IOS 9 hadir dengan berbagai fitur baru yang sangat menarik seperti Siri, 3D Touch dan sebagainya. Namun, sama seperti pendahulunya(iOS 8), iOS 9 juga memiliki banyak bug pada saat pertama kami digunakan. Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang sering muncul pada iOS 9 dan solusi untuk mengatasinya.

Masalah: iPhone stuck pada layar Slide to Upgrade.

Banyak pengguna iOS 9 yang khawatir ketika iPhone mereka stuck pada layar Slide to Upgrade dan sama sekali tidak bisa digunakan setelah melakukan update. Layar sama sekali tidak merespon setiap input yang diberikan pengguna.

Solusi:

Ada 2 langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Yang pertama adalah merestore iOS 9 lalu segera mengupdate perangkat ke iOS 9.0.1

Langkah 1:
1. Koneksikan perangkat dengan komputer, dan jalankan aplikasi iTunes.

2. Ketika sudah terkoneksi, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan Home sampai dengan layar menampilkan Connect to iTunes.

3. Ketika muncul prompt untuk update, pilih Update.

4. Setelah proses restore selesai, ikuti langkah selanjutnya untuk menyetting perangkat iPhone/iPadmu.

Langkah 2:
1. Segera update perangkatmu dari iOS 9 ke iOS 9.0.1

2. Masuk ke pengaturan melalui Settings > General > Reset > Erase all Content and Settings untuk mengosongkan perangkatmu, lalu atur iPhone atau iPad menjadi seperti baru.

3. Ketika kamu mendapatkan prompt restore from a backup, pilih iCloud atau iTunes kemudian ikuti langkah berikutnya.

Baca juga:  Sekarang Instagram Bisa Zoom Foto dan Video. Begini Caranya!

Masalah: Wi-Fi tidak connect, disconnect atau lambat

Masalah yang sering terjadi pada Wi-Fi adalah tidak mau konek dengan router dan terus menerus disconnect. Ada pula yang bisa terkoneksi namun performa Wi-Fi buruk dan menjadi lambat.

Solusi:

Berikut ini adalah solusi untuk mengatasi masalah pada Wi-Fi yang bisa kamu lakukan.

1. Restart iPhone/iPad. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan Home bersamaan selama sekitar 10 detik. Kamu akan melihat logo Apple ketika perangkat restart. Langkah ini sering bisa mengatasi permasalahan Wi-Fi iOS 9.

2. Masuk ke Settings -> Wi-Fi kemudian tap pada jaringan yang bermasalah. Pilih Forget this Network kemudian pilih forget. Koneksikan ulang dengan Wi-Fi tersebut kemudian terjadi koneksi baru yang bisa berjalan dengan baik.

3. Jika masih belum berhasil, cobalah untuk melakukan Reset semua pengaturan jaringan. Masuk ke Settings -> General -> Reset -> Reset Network Settings.

4. Langkah lain yang bisa kamu coba adalah menonaktifkan service Wi-Fi Networking. Masuk ke Settings -> Privacy -> Location Services -> System Services.

Jika masih belum bisa, cobalah unruk menonaktifkan Wi-Fi Assist melalui Settings -> Cellular -> Wi-Fi Assist.

Baca juga:  5 Game Klasik Terbaik untuk Android dan iOS

Masalah: Touchscreen tidak responsif.

Tidak banyak yang mengalami masalah ini, tetapi bisa saja hal ini terjadi padamu. Touchscreen pada iPad atau iPhone mematung dan menjadi tidak berfungsi untuk merespon sentuhan.

Solusi:

Untuk mengatasi permasalahan di atas, kamu bisa mencoba untuk melakukan trik berikut ini.

1. Tap 2 kali tombol home ketika iPhone berhenti pada saat kamu membuka aplikasi. Kemudian swipe untuk menutup aplikasi tersebut. Touchscreen akan kembali bekerja ketika kamu memulai kembali aplikasi tersebut.

2. Jika memang tetap tidak bergerak, kamu bisa mencoba menekan tombol Sleep/Wake dan Home selama 10 detik untuk melakukan Reboot.

3. Jika hal ini terjadi berulang-ulang, kamu bisa mencoba melakukan restore sistem. Caranya, koneksikan dengan PC atau laptop kemudian dari iTunes klik File -> Device -> Restore from Backup.

 

Masalah: Bluetooth tidak mau konek atau selalu terputus.

Seperti halnya yang terjadi pada Wi-Fi, terkadang Bluetooth pun mengalami hal serupa. Buetooth susah melakukan koneksi ataupun terputus tanpa alasan.

Solusi:

Cara mengatasi masalah pada Bluetooth sangat sederhana dan hampir sama dengan Wi-Fi.

1. Cobalah restart iPhone atau iPad kamu.

2. Jika belum bisa, hapus perangkat bluetooth yang lain dari Settings -> Bluetooth kemudian klik forget. Matikan bluetooth kemudian nyalakan lagi lalu koneksikan ulang perangkat bluetooth.

3 Lakukan Reset Network seperti yang dilakukan pada Wi-Fi.
Masalah: Baterai Boros pada iOS 9

Seharusnya daya baterai menjadi lebih lama ketika kamu melakukan update ke iOS 9 karena ada beberapa fitur penghematan daya. Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, kamu bisa mencoba langkah berikut ini.

Solusi baterai boros iOS 9:

1. Masuk ke Settings -> Usage -> Battery Usage lalu lihat aplikasi apa yang menggunakan daya paling besar. Pastikan aplikasi tersebut telah up to date atau pertimbangkan untuk menguninstall aplikasi tersebut.

2. Gunakan Low Power Mode pada Settings -> Battery. Mode ini akan membatasi penggunaan daya oleh aplikasi yang berjalan pada background.

Itu tadi adalah kumpulah beberapa masalah yang ada pada iOS 9 dan cara untuk mengatasinya. Jika kamu menemukan solusi lain untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menambahkan pada kolom komentar di bawah ini, ya!

Ilustrasi: vectrasoft.net

About Rian

SEO enthusiast.
  • azkan naja

    Terimakasih atas solusinya, ini memang sangat berguna. Nitip ling ya gan! http://apka.info

    • hayart

      Sip gan 🙂

آپلود عکس