Sunday , December 17 2017

Sejarah Smartphone, dari Communicator ke Android dan iOS

Nokia 9500 Communicator via allaboutsymbian.com

Kenangan. Ya,begitulah remaja masa kini menyebut kejadian yang terjadi di masa lalu. Kenangan Mantan? Ah, lebih baik kita membahas yang lain saja. Ada baiknya kita memutar memori ke beberapa tahun yang lalu, kepada masa dimana banyak orang yang merasa sebagai generasi emas melalui masa kecilnya. Masa kecil yang indah tanpa gadget, katanya. Begitu generasi 90-an menyebut masa tahun 90-an masa paling membahagiakan.

Tapi tahukah kamu, awal tahun 90-an adalah awal dari menjamurnya gadget belakangan ini?

Disadur dari tulisan Brad McCarty kita harus mengawalinya dari perbedaan handphone konvensional dengan Smartphone. Akan Sidekick dianggap smartphone? Ya, dengan standar beberapa orang. Tetapi untuk orang lain itu hanya fitur telepon dengan keyboard lempit dan beberapa fitur lainnya. Untuk membatasi argumen, mari menyebut smartphone adalah telpon yang memiliki fungsi sebagai “asisten digital” bukan hanya sebatas touchscreen.

Dari definisi tersebut, kita akan kembali ke tahun 1992 dimana pada saat itu dikenalkan sosok awal smartphone bernama IBM Simon.

IBM Simon via softpedia.com
IBM Simon via softpedia.com

IMB memiliki rencana besar untuk Simon, tetapi mereka belum pernah benar-benar mengeluarkannya ke publik. Pada saat itu Simon mungkin terlalu maju untuk masanya. Simon memiliki layar sentuh, bisa digunakan untuk mengirim dan menerima pesan faks,notepad, email client dan kalender. Tanpa diragukan lagi, Simon adalah smartphone pertama, tetapi pada akhirnya pensiun sebelum benar-benar dikenal.

Ericsson kemudian hadir sebagai merek pertama untuk benar-benar memproduksi “smartphone”, dengan merilis nya GS88 pada tahun 1997. Naamun kepopulerannya masih kalah dari Nokia yang mengalahkan Ericcson dengan apa yang orang banyak anggap sebagai smartphone klasik, Nokia 9000 Communicator.

Nokia semakin berjaya ketika mereka merilis Communicator 9500 sebagai smartphone yang pertama kali menggunakan layar warna, meninggalkan jauh pesaing-pesaingnya.

Nokia 9500 Communicator via allaboutsymbian.com
Nokia 9500 Communicator via allaboutsymbian.com

Pada tahun 1996-2011, OS Symbian merajai dunia untuk bagian sistem operasi smartphone. Pada tahun 2001, muncul OS baru yaitu Palm OS, BlackBerry OS dan Windows CE. Palm memiliki posisi menguntungkan, setelah merilis Kyocera 6035 yang kemudian diteruskan penerusnya WebOS.

Desain Palm yang populer, membuat produsen ponsel Handspring menyalin ide untuk rilis yang PalmOS yang berbasis Treo, merek yang akhirnya menjadi identik dengan Palm OS.

Pada saat itu, pengguna menggunakan smartphone sesuai dengan kebijakan yang perusahaan mereka pilih. Beberapa menolak untuk bekerja dengan apapun selain BlackBerry, membuat RIM berkuasa atas dunia usaha selama beberapa waktu. Yang lain, menggunakan format Windows CE, yang bisa dihubungkan dengan sangat baik dengan desktop yang berbasis Windows. Kesalahan fatal untuk ponsel berbasis Windows adalah kenyataan bahwa Microsoft menawarkan dua rasa. Windows CE adalah sebuah “entry-level” OS, sering memisahkan diri dari Windows Mobile dengan yang ditawarkan pada device dengan spesifikasi rendah. Windows Mobile, sebaliknya, adalah model terlihat seperti sesuatu dari versi desktop dari OS, dan memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi untuk ponsel.

Baca juga:  Fitur baru Android M yang wajib kamu tahu!

Kemunculan Android dan iOS sebagai penguasa baru

Mungkin kita melewatkan beberapa tahun di sini, tetapi sebenarnya tidak. Perangkat berubah cukup drastis antara tahun 2002 dan hari ini, tapi sistem operasi sebagian besar tidak terpengaruh, setidaknya sampai dengan tahun 2007.

Ketika Apple Inc memperkenalkan iPhone, itu perubahan nyata pertama yang kita lihat di pasar sejak pasar lahir. Smartphone selalu terlihat digunakan orang-orang bisnis, dan Apple membuat sesuatu yang lebih megah danmenerjemahkan ide ke sesuatu konsumen inginkan.

Iphone 6 dan iPhone 6s, generasi baru iPhone
Iphone 6 dan iPhone 6s, generasi baru iPhone

Awalnya, iPhone dan iOS dipandang sepenuhnya tertutup (karena tidak memiliki kemampuan untuk memiliki aplikasi pihak ketiga untuk diinstal. Tidak sampai enam bulan kemudian kemampuan untuk menambahkan aplikasi pihak ketiga diperkenalkan.

Diam-diam, sistem operasi lain yang mengepakkan sayapnya adalah Android, sebuah proyek open-source yang akhirnya didukung oleh Google karena sangat menjanjikan. Android adalah sistem operasi yang kuat yang dapat diinstal ke sejumlah perangkat.

Pada tahun 2008, HTC menjadi produsen pertama yang membuat ponsel Android setelah dukungan dari proyek oleh Google. Segera setelah itu, Android mendapat perhatian dari produsen lain, termasuk Samsung, LG, Motorola dan banyak lagi.

Faktor keberhasilan untuk smartphone, selama bertahun-tahun tidak hanya dalam urusan kemampuan mereka untuk berjalan dengan baik, tetapi juga untuk memberikan akses untuk aplikasi pihak ketiga. Tidak diragukan lagi, Apple App Store menjadi bagian terbesar dari aplikasi, tetapi Google Android Market juga tumbuh dengan sangat cepat.

Samsung Galaxy S6, salah satu smartphone terbaik saat ini
Samsung Galaxy S6, salah satu smartphone terbaik saat ini

Kini, baik iOS Apple dan Google Android mempunyai jumlah pengguna yang tinggi. Ini merupakan jalan panjang untuk mendapatkan kita hari ini, tapi sejarah smartphone merupakan perjalanan yang menarik. Lalu, apa yang akan terjadi di masa depan?

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس