Saturday , November 25 2017

Stop Kebiasaan Ini Bila Tak Ingin Kuotamu Boros!

Stop Kebiasaan Ini Bila Tak Ingin Kuotamu Boros !

Stop  Kebiasaan Ini Bila Tak Ingin Kuotamu Boros! – Data internet dengan smartphone memang sudah seperti dua sisi mata uang yang tak mungkin dipisahkan dan mereka saling membutuhkan. Tak sedikit smartphone baru yang mempunyai spesifikasi gahar yang bahkan menyaingi spesifikasi dari laptop. Spesifikasi hardware yang tinggi ini diikuti pula oleh dukungan koneksi internet cepat 4G LTE di Indonesia.

Salah satu masalah menyebalkan yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone adalah kehabisam kuota data internet dan sudah pasti kamu pernah mengalaminya, kan? Paket data internet yang seharusnya memiliki masa aktif sebulan atau lebih tapi malah habis dalam jangka waktu 1-3 minggu saja dan bahkan parahnya lagi kuota data bisa habis hanya dalam beberapa hari.

Smartphone tanpa internet seperti ada yang kurang. Karena kebutuhan internet yang semakin tinggi yang digunakan untuk komunikasi, pekerjaan, atau hiburan seperti bermain game online serta streaming musik atau video. Supaya kejadian kehabisan kuota internet tak terulang lagi maka hindari hal-hal di bawah ini supaya kuota data internet kamu tak cepat habis.

Aplikasi Sosial Media

Aplikasi Social Media

Media sosial memang sedang digemari saat ini dan merupakan satu aktivitas yang boros kuota. Misalnya saja kamu keseringan check in, posting, bahkan hanya sekedar mengecek timeline. Aplikasi media sosial memang menyenangkan sampai kamu bisa kehilangan moment bersama keluarga dan teman-teman hanya gara-gara keasyikan update media social. Untuk kamu yang ingin selalu terhubung meskipun fakir kuota maka kamu dapat menginstal Opera Max yang sudah secara ajaib memiliki kemampuan untuk menghemat data secara signifikan dengan salah satu caranya yang mengompres gambar yang ditampilkan pada aplikasi sosial media.

Streaming Musik dan Video

Aktivitas streaming video atau musik memang sedang tren saat ini ditambah lagi baru-baru ini muncul Netflix yang memudahkan kamu untuk dapat streaming film baru atupun seri TV popular seperti The Flash, Super Girl, Arrow dan sebagainya di layar smartphonemu serta ditambah lagi dengan kebiasaan menonton video di Youtube.

Baca juga:  Cara Mudah Mengubah Tampilan Tema BBM Pada Smartphone Android

Streaming Musik dan Video

Sebenarnya streaming musik dan video merupakan layanan yang paling rakus data internet. Namun bagaimana lagi kamu memerlukannya dan kamu harus belajar bijak dalam mengatur data, seperti contohnya dengan membeli paket data unlimited atau paket data malam yang sudah disediakan oleh operator.

Game Online

Game Online

Semakin banyak game di Android yang mengharuskan kamu online untuk memainkannya, contohnya seperti Mobile Arena, Mobile Legends, COC, dan game online lainnya yang tentunya akan membuat kuota kamu boros ketika melakukan update data otomatis di dalam aplikasi, maka sebaiknya kamu pilih-pilih game online yang bagus serta ramah akan data internet.

Auto Update

Auto Update

Auto update aplikasi di Play Store ataupun auto update perangkat lunak sistem Android juga cukup menguras kuota. Para pengguna smartphone rata-rata menggunakan kurang lebih 20 aplikasi dan aplikasi tersebut rutin yang memperoleh update. Bisa kamu bayangkan berapa banyak data internet yang harus terkuras? Maka dari itu untuk meminimalisirnya kamu dapat mengatur update aplikasi di Play Store dan update perangkat lunak Android dengan cara manual dan usahakan kamu mengupdate jika terhubung dengan WiFi gratis saja.

Video Call

Video Call

Melalukan video call lewat Skype atau LINE juga dapat mempercepat proses habisnya kuota data internet. Bila ingin panggilan suara saja bisa melalui WhatsApp, LINE, BBM dan lakukan video call pada waktu-waktu tertentu saja bila kamu hanya memiliki kuota data internet yang terbatas.

Demikianlah ulasan mengenai kebiasaan boros kuota, hindari hal-hal di atas jika kamu menginginkan kuota kamu tak boros. Semoga ulasan di atas dapat membantu kamu yang sering mengeluh tentang kuota yang boros, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس