Sunday , December 17 2017

Tips Belajar Fotografi Otodidak Melalui YouTube

Perkembangan teknologi khususnya internet memberikan efek positif pada semua bidang, tidak terkecuali pada fotografi. Semakin banyaknya tutorial online membuat orang kini bisa belajar fotografi secara mandiri, tak perlu melulu meminta bantuan kepada fotografer secara langsung untuk mendapatkan pengetahuan tentang fotografi.

Belajar fotografi membutuhkan ketekunan dan ketelitian, pun juga membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan feeling yang pas untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Perlu mencoba berkali-kali agar satu ilmu bisa diaplikasikan dengan benar. Hal ini tidak mungkin bisa kita dapatkan melalui les privat dan sebagainya, karena tentu jika kita terlalu banyak mencoba semakin banyak waktu yang terbuang dan semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan.

Dengan kondisi di atas internet modern dapat mengambil alih peran tutor untuk belajar fotografi, khususnya melalui YouTube. Saat ini telah ada puluhan bahkan ratusan channel YouTube yang dikhususkan pada topik fotografi yang bisa dimanfaatkan untuk belajar banyak aspek fotografi, mulai dari nol sampai level experts.

Daftar channel yang bisa kamu simak untuk meningkatkan kemampuan fotografi ada di bawah ini.

COOPH

cooph

Cooph adalah singkatan dari Coopertative Of Photography memiliki banyak video yang sangat berharga untuk dilewatkan. Cooph memberikan banyak tips dan trik untuk dipraktekkan secara langsung. COOPH saat ini sudah memiliki 332.000 subscriber.

AdoramaTV

AdoramaTV menyediakan video yang berisi instruksi-instruksi pembelajaran fotografi baik untuk pemula, menengah dan juga level professional.

adorama_lemoot

Untuk level pemula saja, tak kurang dari 300 video yang bisa kamu tonton untuk mengolah kemampuan fotografimu.

SLR Lounge

SLR Lounge sangat cocok untuk kamu yang hobi dengan kamera DSLR. Kamu dapat memilih playlist mana yang kamu sukai untuk belajar fotografi sesuai dengan topik yang dibahas.

Baca juga:  Cara Meningkatkan Viewer Video YouTube dengan Mudah

SLR Lounge_lemoot

Tak hanya pada teknik pengambilan foto saja, SLR Lounge juga menyediakan video untuk pengolahan foto dengan Adobe Photoshop dan Lightroom.

CamCrunch

camcrunch_lemoot

CamCrunch diproduseri oleh seorang pemuda asal Filipina, yaitu Nico Mojica. CamCrunch ingin memberikan inspirasi fotografi dan juga bisa digunakan untuk belajar secara online.

B and H

b and h

Selain memberikan tutorial fotografi, B dan H juga menyediakan berbagai video tentang review produk sehingga sedikit menyulitkan untuk memlihi video yang akan ditonton. Kamu bisa mencari judul atau langsung menuju ke playlist untuk mendapatkan tutorial fotografi.

B dan H memberikan label FocusEd pada beberapa tips fotogradi yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan fotografimu.

The Art of Photography

art of

Channel ini diupdate secara mingguan oleh Ted Forbes. Channel ini berisi berbagai tutorial untuk membuat foto kelas dunia di samping juga tutorial dasar bagi pengguna yang ingin belajar fotografi.

Pada channel ini, kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang fotografi mulai dari sejarah fotografi hingga kepada pemilihan komposisi yang tepat pada fotografi. Pilih saja playlist tentang topik yang ingin kamu pelajari.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس