Monday , December 18 2017

Tips Cara Private Browsing di Android

Ingin berselancar di dunia maya tanpa harus repot menghapus history pada gadget Android? Ternyata kamu bisa menggunakan private browsing pada perangkat android lho. Private browsing membuat kamu bisa menjelajah internet tanpa meninggalkan data dan history yang tersimpan pada browser.

Sebagian browser memang condong untuk menyimpan history ketika kita browsing. Meskipun kita bisa selalu membersihkan history web yang kita akses pada perangkat kita, namun alangkah lebih baik jika kita bermain internet secara privat menggunakan fitur private browsing yang disediakan browser. Hal ini agar data dan history hasil browsing kamu tidak tersimpan pada browser sehingga kamu tidak perlu capek-capek menghapus data dan history ketika selesai browsing.

Hampir semua browser pada android menyediakan fitur private browsing ini sehingga kamu bisa menggunakan fitur ini apapun browser populer yang kamu gunakan mulai dari Google Chrome, Mozilla Firefox, UC Browser, Dolphin Browser bahkan juga browser bawaan dari sistem operasi Android pun menyediakannya. Berikut ini adalah cara menggunakan fitur private browsing pada masing-masing browser.

Private Browsing pada Google Chrome

Langkah pertama: Jalankan Google Chrome pada ponsel Androidmu.

Langkah kedua: Tekan tombol Menu pada sisi pojok kanan atas untuk menampilkan pilihan menu.

Langkah ketiga: Dari pilihan menu yang tersedia pilih New Incognito tab. Incognito adalah fitur dari Google Chrome untuk private browsing sehingga browser tidak akan menyimpan history dari apa yang kamu jelajahi.

Incognito tab via tweakhound.com
Incognito tab via tweakhound.com

Langkah keempat: Setelah incognito tab muncul, kamu mulai bebas browsing menggunakan tab tersbut tanpa khawatir terhadap data maupun history yang dihasilkan.

Private Browsing pada Mozilla Firefox

Mozilla Firefox untuk Android pun tak luput untuk menyertakan fitur private browsing. Adapun langkah-langkah penggunaaannya sebagai berikut.

Langkah pertama: Jalankan aplikasi Mozilla Firefox.

Langkah kedua: Ketuk tombol options di sisi kanan atas untuk memunculkan menu.

Baca juga:  Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone Ketika Memainkan Game HD

Langkah ketiga: Pilih icon topeng (mask) untuk mulai berganti ke private browsing.

Langkah keempat: Klik tombol plus untuk membuka tab private browsing baru pada Mozilla Firefox.

Dengan menggunakan private tab berarti browser tidak akan menyimpan data hasil browsing yang kamu lakukan. Firefox sendiri kini telah memperkenalkan fitur  tracking protection pada versi Mozilla Firefox 42.

Private browsing firefox via fonearena.com
Private browsing firefox via fonearena.com

Private Browsing dengan UC Browser

Berbeda dengan browser lain, UC Browser memberikan fungsi baru untuk berselancar dunia maya secara privat. UC Browser bisa kamu gunakan untuk mengkatifkan private browsing pada tab biasa. Data dan history tidak akan tersimpan sepanjang kamu mengaktifkan fitur tersebut pada browser.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur private browsing pada UC Browser dapat dilihat di bawah ini:

Langkah pertama: Jalankan aplikasi UC Browser.

Langkah kedua: Tekan icon jumlah tab yang ada pada bagian bawah browser. Ketika muncul Options, ketuk icon “Mask” yang ada pada sisi sebelah kanan.

Incognito mode UC Browser telah diaktifkan dan kamu bisa berselancar dengan aman di dunia maya.

Browser lain seperti Dolphin Browser dan browser bawaan sistem operasi pun juga memiliki fitur private browsing. Adapun cara untuk menggunakannya hampir sama dengan langkah-langkah yang ditulis di atas. Dengan private browsing, kini kamu tak perlu khawatir lagi data dan history browsing kamu tersimpan dan dilihat oleh temanmu.

Ilustrasi: engadget.com

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس