Home / Featured / Tips Keamanan: Cara Logout Semua Sesi Login Aktif pada Gmail dari PC Lain

Tips Keamanan: Cara Logout Semua Sesi Login Aktif pada Gmail dari PC Lain

Gmail adalah layanan email yang diberikan oleh Google. Gmail banyak digunakan untuk mengirim dan menerima pesan elektronik karena mudah digunakan, ringan dan fitur keamanannya yang terjamin. Selain itu, aplikasi Gmail pada smartphone pun tergolong ringan dan easy to use.

Dengan perkembangan dunia teknologi dan bisnis saat ini, banyak orang yang melakukan pekerjaan atau transaksi data via email. Kesibukan dan pekerjaan yang mendesak sering membuat orang  dipaksa membuka Gmail pada tempat yang tidak biasanya atau bukan komputer pribadi. Dari hal ini, banyak orang -mungkin termasuk kamu- yang lupa me-logout sesi login sehingga sesi tersebut masih aktif. Mungkin hal ini dirasa sepele, namun jika komputer dengan sesi gmail aktif kamu jatuh ke tangan orang yang jahat, kamu bisa saja berada dalam keadaan bahaya.

Jika kamu baru saja merasa mengalami kejadian tersebut, kamu sedang membaca tulisan yang benar. Logout pada semua sesi login dimanapun sesi itu aktif akan menyelamatkan akun Gmail kamu dari tindak kejahatan dunia maya seperti hacking atau kamu bahkan bisa saja kehilangan akunmu. Berikut ini adalah cara logout semua sesi login aktif pada semua device yang berbeda pada Gmail dengan cara yang sangat mudah. Kamu akan mengamankan akun gmail dari semua kemungkinan kejahatan yang terjadi.

1. Buka www.gmail.com laluu login dengan akun yang ingin kamu logout semua sesinya.

Baca juga:  Cara Mengukur Kecepatan Loading Website

2. Perhatikan pada pojok kanan bawah inbox, kamu akan menemukan link “Detail” tentang aktivitas akun kamu dalam beberapa hari terakhir.

Cara logout semua login aktif gmail
Detail aktifitas akun gmail

3. Klik link “Detail” tersebut, kemudian akan terbuka jendela baru pada layar monitormu.

cara logout gmail dari komputer lain
Daftar sesi aktif akun gmail

4. Kamu akan melihat semua sesi login aktif pada akun Gmail beserta Lokasi, IP Address dan Tanggal kamu login akun tersebut.

5. Kamu bisa menutup semua sesi login pada akun Gmail kamu dengan satu klik. Klik tombol Sign Out all other web sessions pada bagian atas.

6. Kamu telah berhasil keluar dari sesi login yang masih aktif pada Gmail kamu. Sekarang kamu bisa mengganti password untuk meningkatkan keamanan akun gmail jika kamu menginginkannya.

Gambar: lifehacker.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Smartphone Android Dengan Daya Baterai Berkapasitas Besar 2016

Smartphone Android Dengan Daya Baterai Berkapasitas Besar – Berikut ini kami akan mengulas tentang smartphone-smartphone …