Home / Gadget / Android / Tips Memindahkan Data dari Smartphone Android Lama ke Baru
memindahkan data dari android lama ke baru sama persis

Tips Memindahkan Data dari Smartphone Android Lama ke Baru

Setiap orang pasti pernah atau akan mengalami kejadian ini yaitu berganti ponsel Android lama ke ponsel baru. Sederhana memang, istilahnya kita meng-upgrade smartphone Android kita ke ponsel keluaran terbaru. Tidak hanya di Indonesia saja, mayoritas pengguna smartphone Android pasti akan memiliki keinginan untuk membeli smartphone yang baru dirilis ketika pertama kali melihat keunggulan smartphone baru tersebut, meskipun ponsel Android yang digunakan masih dalam keadaan sehat wal’afiat.

Berganti ponsel android bisa menjadi permasalahan tersendiri. Masalah tersebut adalah bisa atau tidaknya kita membawa seluruh data dan aplikasi yang ada pada ponsel lama ke ponsel baru? Tidak seperti transfer data antara Android dan iOS yang bisa dilakukan dengan integrasi layanan cloud, Google mempunyai banyak cara yang bisa digunakan untuk memindahkan data dan aplikasi dari ponsel android lama ke ponsel android baru.

Dengan menggunakan tools yang tepat seperti tools Google, aplikasi pihak-ketiga ataupun cara lainnya, kamu bisa dengan mudah memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru. Dengan sedikit kerja, kamu bisa mendapatkan backup data yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu dengan perangkat baru.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk memindahkan data dari ponsel Android lama ke ponsel Android baru.

Jalankan Backup Ponsel

Hal pertama yang wajib kamu ingat adalah pastikan kamu telah menggunakan akun Google milikmu pada smartphone Android. Buka Settings kemudian cari menu Backup and Reset. Menu ini bisa berbeda lokasinya tergantung dari device yang digunakan.

Pastikan opsi Back up my data and Automatic restore sudah diaktifkan dan terhubung dengan akun Google. Hal ini digunakan untuk meyakinkan bahwa data aplikasi dan berbagai pengaturan ponsel terkirim ke server Google. Data-data tersebut akan siap digunakan ketika kamu login ke ponsel Android yang baru. Cara ini memungkinkan data dan pengaturan yang kamu gunakan pada ponsel lama akan berpindah ke ponsel baru, termasuk password Wi-Fi yang tersimpan.

Baca juga:  Cara Menghapus atau Uninstall Aplikasi Bawaan (Bloatware) Android

backup data android lama ke baru

Beberapa vendor ponsel memiliki fitur backup tersendiri. Salah satunya adalah Samsung. Jika kamu menggunakan smartphone Samsung, kamu bisa juga menggunakan fitur Back up my data dari akun Samsung kamu. Cara ini akan membackup sms, log telfon, kontak dan akun email yang kamu gunakan untuk Samsung Apps. Kamu juga bisa memilih apa saja yang ingin di backup dan ini adalah kelebihan dari Samsung Backup mengingat Google tidak memberikan opsi backup pada sms dan log telfon.

Transfer SMS, MMS dan Pesan WhatsApp

Memindahkan SMS dan MMS biasanya tidak banyak dilakukan orang. Selain karena penggunaan SMS dan MMS yang sudah menurun dan tergantikan dengan WhatsApp maupun aplikasi chatting lainnya.

Untuk membackup pesan WhatsApp, kamu bisa menggunakan fitur backup yang disediakan WhatsApp dengan Google Drive. Hal ini tentu jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan cara lain.

WhatsApp Backup
WhatsApp Backup

Aplikasi Lain Untuk Memindahkan Data Dengan Mudah

Seperti yang sudah disampaikan di awal, beberapa vendor smartphone memang menawarkan aplikasi tertentu untuk memindahkan data dari ponsel Android lama ke ponsel Android baru. Samsung dan Motorola adalah dua vendor smartphone yang menawarkan aplikasi khusus untuk memindahkan data dari smartphone Android lama ke Smartphone Android baru.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …