Home / Tips n Trik / Tips Menghapus History pada Windows Explorer

Tips Menghapus History pada Windows Explorer

Selama ini, History lebih banyak dikenal terdapat pada browser saja. Hampir semua pengguna internet mengetahui cara menghapus history pada browser yang digunakan untuk menyimpan data browsing yang kita lakukan dan membantu kita untuk mengisi alamat URL pada website yang sering kita kunjungi dengan cepat. Tetapi tidak banyak yang menyadari bahwa Windows Explorer juga menyimpan history pada folder yang sering kita buka, sehingga memudahkan kita untuk kembali ke folder tersebut.

History Windows Explorer memang seperti tidak terlihat karena memang mungkin kita jarang memperhatikannya. Namun faktanya ketika kita lakukan klik pada tanda panah ke bawah di ujung kanan address bar pada Windows Explorer, kita akan melihat daftar folder yang paling sering kamu buka. Dari daftar drop-down tersebut, kamu dapat dengan cepat membuka folder yang kamu tuju. Meskipun demikian, history pada Windows Explorer ini tidak selamanya menguntungkan. Khususnya kamu yang mempunyai file dan folder ‘rahasia’ namun komputer atau laptop kamu sering digunakan orang lain.

Seringkali kita menempatkan suatu file penting pada folder yang tersembunyi agar tidak mudah diketahui orang lain ketika memakai komputer kita. Namun dengan history ini, orang akan dengan mudah menuju letak folder yang kita ‘sembunyikan’. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita menghapus history Windows Explorer secara rutin.

Untuk menghapus history Windows Explorer, terdapat 3 macam cara yang bisa dilakukan.

Menghapus History Langsung dari Windows Explorer

Cara ini adalah cara paling mudah untuk menghapus history pada Windows Explorer. Buka Windows Explorer atau tekan tombol Windows + E pada keyboard. Klik kanan pada address bar Windows Explorer kemudian pilih Delete History.

Baca juga:  Cara Menghapus Search History / Riwayat Pencarian Facebook

Seketika setelah kamu memilih Delete History, semua history telah terhapus tanpa ada konfirmasi. Kamu bisa melakukan pengecekan dengan klik tanda panah di kanan address bar. Tidak ada lagi history yang tersimpan.

Menghapus history langsung dari Address Bar
Menghapus history langsung dari Address Bar

Menghapus History melalui Folder Options

Cara yang kedua untuk menghapus history dari Windows Explorer adalah melalui Folder Options. Buka Folder Options tombol Options pada tab View. Selanjutnya klik tombol “Clear” untuk menghapus semua history dari Windows Explorer mulai dari link pada address bar dan file dan folder pada Quick Access.

Kamu juga bisa mengatur agar File Explorer tidak menyimpan history dengan menghilangkan tanda ceklist pada bagian Privacy lalu klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut. Cara ini hanya berlaku untuk pengguna Windows 10.

Menghapus History melalui Registry
Selain cara di atas, menghapus history Windows Explorer juga bisa dilakukan dari Registry Editor. Buka Regedit kemudian masuk ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Explorer\TypedPaths. Hapus semua item yang menyimpan alamat URL history Windows Explorer. Klik kanan pada String Value kemudian pilih Delete.

Untuk menghapus semuanya, kamu bisa menyeleksi semua item kecuali item Default yang merupakan String Value default yang harus tetap ada pada Registry Editor.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …