Monday , December 18 2017

Tips Menghasilkan Foto Terbaik Menggunakan iPhone 6

Ketika kamu bepergian atau sekedar keluar rumah, pasti begitu banyak momen yang pantas untuk diabadikan. Oleh karena itu, sudah seharusnya kamu selalu membawa kamera, sehingga kamu tidak akan melewatkan satu momenpun untuk diabadikan.

Pepatah lama mengatakan “Kamera apakah yang paling bagus? Jawabannya adalah kamera yang sedang kamu pegang!”. Ya, sebagus dan semahal apapun kameramu takkan berarti apa-apa jika tidak berada di tanganmu. Kamu sangat mungkin kehilangan momen-momen penting ketika tidak sedang membawa kamera.

Namun, kita pantas bersyukur perkembangan teknologi kamera dan smartphone yang sangat pesat begitu menguntungkan kita. Kini, kita tak perlu menenteng kamera kemana-mana namun cukup dengan smartphone yang saat ini sudah dilengkapi dengan kamera dengan kualitas yang sangat tinggi. Bukan berarti kita sudah tidak butuh Kamera Digital lagi, namun untuk keperluan sehari-hari dapat
digantikan dengan smartphone bukan? Kecuali memang momen penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus untuk proses pengambilan gambar.

Kembali lagi ke smartphone, smartphone masa kini memang sudah banyak yang mempunyai kamera yang kualitasnya tidak terbantahkan lagi. Dengan begitu, fungsi smartphone mampu menggantikan kamera digital untuk aktivitas harian. Yah, namanya juga smartphone, kini kamu bisa memotret lebih cepat daripada telfon ke temanmu bukan? Dan yang pasti, memotret dengan smartphone memungkinkan kamu berbagi lebih cepat melalui media sosial.

Salah satu smartphone yang handal untuk fotografi adalah iPhone 6. Yaps, kamera iPhone 6 ini bisa dibilang mempunyai kualitas untuk menciptakan foto terbaik. Namun, tidak sembarang jepret saja untuk menghasilkan foto terbaik. Simak tips berikut untuk membuat foto terbaik menggunakan iPhone 6.

1. Jaga Lensa Kamera tetap Bersih

Bersihkan kamera mu setiap sebelum digunakan. Lensa kamera iPhone sangat kecil sehingga kamu perlu menjaga kebersihannya untuk menjaga ketajaman gambar yang dihasilkan. Terkadang bekas
“sidik jari” di kamera juga akan membuat gambar blur dan kontras warna yang berkurang. Noda – noda yang menempel pada lensa juga pasti akan mengurangi kualitas gambar secara keseluruhan. Gunakan kain kaos, tisu atau apapun yang berserat lembut untuk membersihkan kamera iPhone.

2. Pilih Sendiri Fokus Kamera

Kamera iPhone 6 sudah mempunyai fitur auto focus dan auto exposure, namun fitur ini justru terkadang mengurangi kualitas hasil sehingga tidak sesuai dengan keinginanmu. Buka kamera mu, kemudian tap layar untuk menentukan fokus fotomu. Setelah kamu menemukan fokus foto, tambah atau kurangi sendiri Exposure atau kecerahan untuk mendapatkan hasil yang menurutmu terbaik. Cara ini akan menghasilkan foto dengan kualitas yang sesuai dengan yang kamu harapkan daripada mengandalkan auto-focus dan auto-exposure.

Baca juga:  Harga Motorola Droid Turbo 3 Update Terbaru 2017

3. Gunakan Setting Kamera Standar

Memotretlah dengan pengaturan standar kamera. Jangan melulu menggunakan HDR Mode atau yang lainnya. Menggunakan pengaturan standar akan membuat foto lebih baik ketika kamu edit dengan aplikasi editing foto. Pengaturan standar menghasilkan foto dengan rasio 4:3 dan jika kamu ingin mengunggah foto ke media sosial seperti instagram yang mengharuskan foto berbentuk kotak, kamu tidak akan membuang banyak bagian foto.

4. Hindari Pemakaian Flash

Jangan gunakan flash kameramu. Walaupun di tempat gelap, flash atau cahaya dari LED akan membuat fotomu menjadi jelek. Meskipun ada pengaturan auto, kamu lebih baik menyetting flash mati. Hindari pemakaian flash jika kamu ingin gambar yang dihasilkan natural. Beri pencahayaan yang cukup untuk mengambil gambar dalam tempat yang gelap, namun bukan dengan flash kameramu.

5. Hindari Penggunaan Zoom

Paham kan dengan tips satu ini? Boleh memakai Zoom, tetapi dalam ukuran yang minimal. Zoom yang kamu gunakan akan membuat gambar dalam resolusi kecil yang dipaksa besar. Kamu lebih baik me-zoom gambar pada aplikasi editing foto. Untuk menjaga kualitas gambar, zoom memang tidak disarankan karena zoom juga akan membuat fokus gambar kabur.

6. Gunakan Aplikasi Editing Snapseed

Gunakan aplikasi Snapseed untuk membuat gambar lebih menarik. Snapseed bisa kamu dapatkan di iTunes dan Google Play. Meskipun gratis, Snapseed mempunyai fitur yang sangat menakjubkan.

contoh hasil

Itu tadi adalah tips untuk menghasilkan foto terbaik dengan iPhone 6. Semoga memberikan pencerahan bagi kamu yang suka fotografi.

Gambar:  macrumors.com , David Brommer

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس