Thursday , October 19 2017

Tutorial Cara Mengirimkan GIF dengan WhatsApp

cara mengirimkan gif dengan whatsapp

Tak lama lagi, hal yang cukup mengasyikkan akan kita dapatkan lagi. WhatsApp dikabarkan akan segera mendukung GIF sebagai alternatif pengiriman video. Sebenarnya sudah banyak yang mengetahui jika dengan sedikit hacks, kita bisa mengirimkan GIF pada WhatsApp sejak lama yang memunculkan folder WhatsApp Animated GIF di dalam directory WhatsApp.Tapi bagi kita yang gak mau ribet dengan masalah pengoprekan, sebentar lagi update WhatsApp terbaru akan support gambar GIF tanpa harus menginstall aplikasi tambahan lain.

Versi WhatsApp yang pertama kali tertangkap mendukung GIF adalah versi beta 2.16.242. Sebanarnya tidak diketahui secara tepat fitur tersebut mulai ditanamkan pada WhatsApp namun pada akhirnya baru pada versi beta ini fitur ini muncul di permukaan.

Lalu bagaimana fitur GIF ini disembunyikan? Kita memang belum bisa secara langsung mengirim image GIF dari Galeri dan menempelkannya sebagai pesan WhatsApp. Jika kamu mengirimkan langsung GIF, maka image tersebut akan diubah menjadi foto JPG biasa oleh WhatsApp. Begitu pula jika kamu mengirimkan URL image GIF yang ada di internet, URL tersebut hanya akan tetap menjadi tulisan berupa link tanpa muncul image GIF yang dimaksud.

Tetapi, kamu bisa mengolah sebuah video yang baru direkam menjadi image GIF sebelum dikirimkan. Bagaimana caranya?

Cara Mengirimkan GIF dengan WhatsApp

Langkah pertama: Tekan tombol icon attachment pada percakapan WhatsApp.

Langkah kedua: Pilih Camera, kemudian pilih lagi opsi Record video untuk merekam video baru.

Baca juga:  5 Aplikasi Download Musik Android Terlengkap

Langkah ketiga: Rekam video yang kamu inginkan kemudian tekan tombol OK untuk mengakhiri pembuatan video.

Langkah keempat: WhatsApp akan menampilkan halaman untuk mengolah video. Tekan tombol pada kanan atas icon camcorder kemudian icon tersebut akan berubah menjadi ikon GIF. Inilah yang dimaksud bahwa kita akan mengirimkan video namun dalam format GIF.

Langkah terakhir adalah tekan tombol Send untuk mengirimkan video berbentuk GIF.

cara mengirimkan video gif whatsapp
Cara mengirimkan image GIF pada WhatsApp

Video tersebut akan diconvert menjadi GIF dan akan langsung dimainkan pada layar percakapan. Perlu diketahui bahwa jika kita mengirimkan image GIF, maka notifikasi yang muncul pun akan diberi label GIF oleh WhatsApp. Sementara itu video yang tersimpan pada ponsel kita justru tetap video asli yang kemungkinan besar berformat MP4.

Memang, fitur GIF yang dimiliki WhatsApp ini belum sempurna dan sangat terbatas. Terlebih kita belum bisa mengirim image GIF langsung seperti halnya yang sering kita lakukan saat bermain Twitter. Namun setidaknya kita patut berharap dalam beberapa update WhatsApp berikutnya, fitur GIF ini bisa lebih maksimal dengan berbagai improvisasi.

Image: androidpolice.com

About Rian

SEO enthusiast.