Sunday , December 17 2017

13 Produk Apple yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Kaset pita dari Apple
Kaset pita dari Apple

Apple menjadi penguasa baru dunia gadget dalam beberapa tahun belakangan ini. Produk-produk Apple saat ini mungkin sangat familiar di telinga kita. iPhone, iPad, MacBook kini menjadi primadona gadget high class di masyarakat kita.

Namun tahukah kamu ada produk Apple yang saat ini sudah tidak bisa kita jumpai? Berikut ini adalah 10 produk Apple yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

1. Game Tapes untuk Apple II (1978)
Jauh sebelum floppy disk ditemukan, komputer Apple menjalankan software dari kaset pita. Kaset pita berkapasitas 8Kb ini berisi banyak game seperti Slot Machine, Star Wars dan Lemonade Stand.

Kaset pita dari Apple
Kaset pita dari Apple

Kalau kapasitasnya aja cuma 8Kb, terus game-nya seperti apa ya? Penasaran? Sama..

2.Printer Apple (1979-1988)
Pada masa awal digunakannya komputer, banyak pabrik komputer yang membuat printer mereka masing-masing. Apple memperkenalkan Silentype printer pada tahun 1979 yang dihargai sekitar $599 atau $2000 dolar untuk kurs saat ini. Apple akhirnya tidak lagi memproduksi printer seterah merilis LaserWriter pada tahun 1985 yang dijual seharga $6995 dan pernah mencapai $15000 akibat inflasi.

Printer Silentype Apple
Printer Silentype Apple

3. MacWrite (1984-1994)
Siapa yang mengatakan bahwa komputer hanya berfungsi untuk kerja jika komputer tersebut diinstal Microsoft Word? Apple pertama kali merilis MacWrite, sebuah aplikasi pengolah kata untuk Macintosh pada tahun 1984. MacWrite saat itu adalah satu-satunya dan pertama kali aplikasi WYSWYG yang tersedia dimana saat itu komputer masih berjalan dengan mode teks dengan DOS atau BASIC. MacWrite akhirnya berevolusi ke MacWrite Pro, AppleWorks dan sekarang Pages.

MacWrite
MacWrite

4. Apple Collection (1986)

Pernahkah kamu menyangka Apple pernah memiliki produk fashion? Nyatanya demikian, Apple pernah mengeluarkan produk pakaian dan merilis catalog Apple Collection. Jauh dari pakaian khas Steve Jobs, Apple Collection merilis produk 80an sweatshirts, rainbow caps dan visor dengan logo Apple.

MacWrite
Apple Clothing

5. Scanner Apple (1988-1997)
Melanjutkan tren untuk membuat perangkat sendiri bagi Macintosh, Apple melaunching scanner A4 dengan tingkat kepadatan 300dpi. Pada tahun 1991 Apple mengganti Scanner tersebut dengan Apple OneScanner hingga akhirnya Apple berhenti menjualnya pada tahun 1997.

Scanner Apple
OneScanner Apple

6. Apple Newton (1993-1998)

Apple Newton jarang sekali dibicarakan. Newton adalah sistem operasi personal assistant yang didesain khusus untuk produk Apple MessagePad tablets. Perangkat ini mempunyai fitur Notes, Names dan Dates. Semua perangkat ini mempunyai stylus untuk menulis handwriting. Meskipun produk ini kurang sukses, tetapi Newton adalah nenek moyang dari iPhone dan iPad.

Baca juga:  Apple Gandeng LG Untuk Membuat iPhone Dengan Layar Yang Bisa Dilipat
Apple Newton
Apple Newton

7. Apple PowerCD (1993-1996)

Apple PowerCD atau CD plater pada zamannya aslinya adalah produk Phillips yang dilabeli dengan logo Apple. PowerCD dapat membaca CD berisi data ketika dikoneksikan dengan Mac, dan dapat memutar CD lagu ketika dikoneksikan dengan speaker.

Apple PowerCD
Apple PowerCD

8. Apple QuickTake Camera (1994-1997)
Kamu boleh percaya atau tidak, Apple pernah meluncurkan produk kamera. Apple QuickTake adalah salah satu kamera digital pertama yang diperjualbelikan. QuickTake diproduksi oleh Kodak dan Fujifilm untuk Apple. Kamera pertama ini mempunyai resolusi 3Megapixels dan memori flash 1Mb serta dijual seharga $749.

Kamera QuickTake
Kamera QuickTake

9.Apple Pippin (1995-1997)
Pernahkah terbayang bahwa Apple memproduksi konsol video game? Tentu saja. Apple Pippin adalah sebuah perangkat multimedia yang berbasis OS Macintosh. Applw bekerja sama dengan Bandai untuk membuat konsol game ini dan perangkat ini hanya terjual sejumlah 40000 unit kemudian menghilang dari pasaran.

Apple Pippin
Apple Pippin

10. Apple Flower Power iMac (2002)
Percaya atau tidak, ini adalah versi asli dari iMax yang dirilis Apple. Setelah membuat iMacs dalam beberapa warna pelangi, Apple merilis limited edition komputer “Flower Power”. Sayangnya produk ini kurang populer.

iMac Flower Power
iMac Flower Power

11. Apple eMac (2002-2006)
Apple eMac adalah produk Apple yang didesain khusus untuk pendidikan. eMac merupakan versi murah dari iMac. Versi pertama kali hadir dengan RAM 128 MB, Hardisk 40 GB dan berjalan dengan Mac OS X Puma.

eMac
eMac

12. iPod HiFi (2006-2007)
iPod HiFi adalah hasil dari keinginan Apple untuk memproduksi speaker khusus untuk iPod. Awalnya iPod HiFi dibandrol $349 namun akhirnya Apple menghentikan dan merekomendasikan sistem speaker dari pihak ketiga.

iPod HiFi
iPod HiFi

13. Apple Gold Earpod (2013)
Untuk menyokong kegiatan amal product Bono (RED), Jony Ive dan Marc Mewson mendesain sepasang earphone emas 18 karat yang dilelang seharga $461.000.

EarPhone emas
EarPhone emas

Itu tadi adalah 13 produk Apple yang mungkin kini sudah tidak ada lagi di pasaran. Lalu produk Apple mana yang kamu harapkan diproduksi kembali?

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس