20 Tools Gratis Ini Akan Memaksimalkan SEO Website Kamu

Tools SEO gratis dari Google

SEO atau search engine optimization adalah teknik untuk memaksimalkan agar website lebih dikenal atau lebih banyak dibaca orang. Secara mudah, fungsi SEO ini adalah agar website anda tampil di halaman pertama mesin pencarian seperti Google dan yang lainnya.

Google sendiri menyediakan begitu banyak tools gratis untuk membantu bloggers meningkatkan produktifitas,  meningkatkan kualitas Search Engine Optimization. Dari sekian banyak tools yang ada, pada artikel ini kita akan membahas 20 tools Google gratis yang bisa anda gunakan.

1. Google Analytics

Google Analytics
Google Analytics

Google Analytics adalah tools yang wajib digunakan oleh pemilik website maupun bloggers. Dengan Google Analytics anda bisa mengetahui jumlah pengunjung website atau blog, bagaimana mereka bisa menemukan blog anda dan apa saja yang mereka lakukan pada blog anda.

Informasi-informasi tersebut membantu anda dalam merencanakan strategi website atau blog ke depannya agar sesuai dengan keinginan pembaca. Tentu saja tujuan dari pembuatan blog atau website adalah menarik banyak pengunjung, bukan?

2. Google Search Console / Webmaster Tools

Google Search Console dari www.WPBeginner.com
Google Search Console dari www.WPBeginner.com

Sebagai bloggers tentu kita ingin mengetahui bagaimana Google memandang blog atau website kita. Caranya kita menggunakan Google Search Console atau yang dulunya sering dikenal dengan Webmaster Tools. Google Search Console adalah alat mutakhir yang akan membantumu mendapatkan ranking yang lebih baik pada pencarian Google.

Di Google Search Console ini kamu dapat mengetahui kata kunci atau keywords apa saja dari blogmu yang memiliki ranking pencarian tinggi dan yang paling sering di-klik pembaca. Agar Google dapat mengenali blogmu lebih mendalam, jangan lupa untuk memasukkan sitemap dalam format XML pada Google Search Console ini.

Dan yang lebih penting, Google akan memberikan peringatan jika dia mengalami permasalahan pada saat crawling atau indexing blogmu. Baiknya lagi Google akan memberikan petunjuk solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Enak, kan?

Maka dari itu tidak salah jika Google Search Console ini adalah tools yang wajib kamu gunakan!

3. Google Custom Search

Hampir semua mesin pencarian default kurang memiliki kemampuan yang mumpuni. Jika anda memiliki ribuan konten dalam website anda, maka anda harus memberikan mesin pencarian yang handal bagi pengguna.

Kamu bisa menggunakan Google Custom Search untuk mengatasi masalah ini. Cara pemasangannya pun sangat mudah dan bisa kamu sesuaikan dengan website kamu. Lihat tutorial Cara Memasang Google Custom Search untuk mulai menggunakannya.

4. Google Tag Manager

Google Tag Manager adalah tools berupa kode javascript yang ketika dimasukkan ke website kamu akan memungkinkan kamu untuk mengelola semua tracking eksternal pada satu tempat.

Kamu dengan mudah menganalisis traffic dan memaksimalkan  kinerja web kamu. Cukup dengan beberapa klik kamu bisa memperbarui tag AdWords, Google Analytics, Floodlight dan lain-lain dari Google Tag Manager ini.

5. PageSpeed Insight

PageSpeed Insight oleh www.WPBeginner.com
PageSpeed Insight oleh www.WPBeginner.com

Kecepatan loading website kamu merupakan salah satu element paling penting dalam Search Engine Optimization maupun kenyamanan pengunjung web kamu.  Pagespeed Insights akan membantumu mendapatkan informasi kecepatan akses website kamu dan memberi petunjuk apa yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan web kamu.

Pagespeed Insights membedakan hasil antara web desktop dan web mobile sehingga kamu akan melihat perbedaan penggunaan resources yang membuat web kamu terlihat lambat.

6. Google Mobile Friendly Test

Google Mobile Friendly Test
Google Mobile Friendly Test

Di era gadget dan smartphone yang semakin popuper akhir-akhir ini, traffic dari pengguna gadget dan smartphone semakin tinggi. Untuk itu, website berbasis mobile yang user friendly bagi pengguna gadget wajib dimiliki setiap bloggers.  Pilihannya ada 2, mengubah tampilan website kamu agar ramah pengguna gadget atau website kamu akan ditinggalkan lebih dari separuh pengguna web kamu.

Mobile Friendly Test dapat membantu kamu melakukan test terhadap kesiapan website kamu dari akses mobile. Gunakanlah responsive template jika kamu ingin dengah mudah membuat website kamu mobile friendly.

7. Google AdWords Keyword Planner

Ingin tahu apa yang visitor cari? Google Adwords menawarkan kita untuk masuk ke dalam pencarian sebagai pengiklan dengan keyword planner tool.

Kamu bisa mencari kata kunci atau keyword yang relevan dengan website atau blog kamu dan keyword apa saja yang paling sering dicari dengan menggunakan tools ini.

Keyword planner tool juga akan membantumu menentukan jenis postingan terbaru dengan menyesuaikan keyword yang kamu pilih.

8. Google Insights dan Google Trends

Google Insight dan Google Trends
Google Insight dan Google Trends

Google Insights menawarkan beberapa tools untuk memaksimalkan website kamu ke dalam mesin pencarian. Kamu dapat menggunakan Google Trends, Google Correlate maupun Google Consumer Survey untuk mendapatkan data yang kamu butuhkan.

Cara menggunakanny apun cukup mudah, kamu cukup memasukkan keyword dalam kolom pencarian dan melihat bagaimana tren dari waktu ke waktu. Kamu dapat membandingkan dengan keyword lain untuk melihat bagaimana orang tertarik pada topik tersebut. Kamu juga bisa mempersempit wilayah baik dalam suatu negara maupun regional tertentu.

Baca juga:  Daftar Aplikasi Terbaik Untuk Internet Gratis di Android

9. Google My Business

Google My Business
Google My Business

Google My Business memberikan kemudahan bagimu untuk memasukkan informasi tentang bisnismu kedalam database Google. Hal ini tentu memudahkan Google menampilkan informasi bisnis yang kamu jalankan ketika seseorang mencarinya melalui mesin pencarian.

Google akan menampilkan bisnismu pada berbagai layanan Google seperti Google Maps, Google Place dan lain sebagainya. Jika bisnismu adalah bisnis yang berbasis toko, Google My Business adalah tools yang wajib kamu gunakan.

10. Google Docs, Forms, Calendar

Untuk menunjang produktivitasmu, Google juga menyediakan Google Docs, Google Sheets, Google Forms dan Google Calendar baik bagi pengguna desktop maupun mobile.

Beberapa keuntungan dapat kamu nikmati dengan aplikasi produktivitas, diantaranya adalah sharing dengan mudah melalui web, kontrol privasi lengkap maupun data yang real-time bisa diakses.

11. Google Drive

Google Drive
Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang memungkinkan penggunanya memiliki ruang penyimpanan sebesar 16 Gb per akun. Semua file Google Docs milikmu otomatis akan tersimpan di Google Drive.

Google Drive juga bisa kamu gunakan sebagai media library website karena memiliki fitur sharing yang sangat mudah.

12. Google Photos

Google Photos memiliki fitur penyimpanan gratis unlimited untukmu. Semua fotomu akan secara otomatis di-upload ke cloud storage. Kamu dapat dengan mudah berbagi foto atau mendownload foto tersebut. Yang lebih enak lagi, kamu dapat menggunakan akun Google yang sama pada semua perangkatmu.

13. Google Maps

Google Maps saat ini adalah layanan peta terbaik yang bisa kamu gunakan di dalam website kamu. Google Maps dapat memberikan petunjuk arah dari manapun ke lokasi bisnismu. Google Maps ini sangat cocok untuk bisnis yang berbasis toko. Apalagi fitur terbaru Google Street View membuat konsumen tidak akan tersesat ketika menggunakan Google Maps menuju tokomu.

14. Google Alerts

Kamu bisa mendapatkan notifikasi instant ketika produkmu disebutkan di web dengan Google Alerts. Buat Google Alerts untuk brand atau keyword yang kamu inginkan untuk mendapatkan email langusng ketika keyword tersebut muncul di web.

Google Alerts ini merupakan tools yang wajib kamu gunakan untuk membangun brand yang besar.

15. Google Keep

Google Keep
Google Keep

Ide bisa muncul kapan dan dimana saja. Cara yang terbaik untuk menyimpan ide-ide tersebut agar tidak hilang adalah dengan menulisnya pada sebuah catatan. Google Keep memungkinkan kamu mencatat tulisan, suara maupun gambar secara cepat dan mudah.

Mengapa Google Keep ini penting? Karena Google Keep ini akan melakukan sinkronisasi sehingga catatnmu dapat kamu akses dari semua device yang kamu miliki.

16. Google Fonts

Untuk mempercantik desain website-mu, kamu perlu menggunakan font-font yang sesuai dengan desain website. Aspek keindahan ini juga membuat pembaca merasa nyaman ketika sedang berada dalam website-mu. Google Fonts adalah tempat terbaik untuk mencari font gratis yang bisa kamu gunakan.

Selain bisa di-download, font pada Google Fonts bisa kamu gunakan secara langsung pada website dari server Google.

17. Google Hangouts

Google Hangouts bisa kamu gunakan untuk berbincang selayaknya telepon, video calls, mengirim pesan maupun membuat conference atau rapat terbatas antar pengelola website. Kamu juga bisa menampilkan secara live broadcast percakapanmu dengan Google Hangouts.

18. YouTube

YouTube oleh www.WPBeginner.com
YouTube oleh www.WPBeginner.com

Saat ini YouTube bukan hanya lagi sekedar tempat upload video, namun juga merupakan search engine yang sangat mumpuni. Jutaan orang menggunakan YouTube untuk mencari konten yang mereka inginkan.

Oleh karena itu, lebih baik kamu mengupload konten video kamu ke YouTube lalu menampilkannya pada website kamu.

19. Google Adsense

Google Adsense adalah cara paling mudah bagi pengelola web untuk mendapatkan pendapatan melalui iklan. Google Adsense menghubungkan pemilik web dengan pengiklan. Google Adsense akan memilih iklan yang cocok untuk ditampilkan pada websitemu sesuai dengan kategori website.

20. Google Translate

Google Translate akan membantumu dalam menerjemahkan bahasa dari bahasa asing ke bahasa yang kamu gunakan. Dengan perbaikan yang dilakukan terus menerus, Google Translate merupakan salah satu penerjemah terbaik dalam dunia online.

Itu tadi 20 tools yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan SEO website-mu. Masih banyak lagi tools yang bisa kamu gunakan. Namun sebelum melangkah lebih jauh, alangkah lebih baik kamu gunakan tools-tools diatas dulu sob!

Gambar utama oleh WPBeginner.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Aplikasi Facebook Kini Dapat Mencari Jaringan Wi-Fi Terdekat

Aplikasi Facebook Kini Dapat Mencari Jaringan Wi-Fi Terdekat

Aplikasi Facebook Kini Dapat Mencari Jaringan Wi-Fi Terdekat – Saat ini siapa sih yang tak …

  • Yogie Pamungkas

    okee mantaap gan informasinya, sangat bermanfaat kali untuk meningkatkan SEO di website kita

  • Nedi Arwandi

    Siip, banyak pengetahuan disini rupanya

    • hayart

      Syukurlah kalau sedikit banyak membantu (y)
      kalau ada komentar atau pertanyaan seputar tekno, jangan ragu untuk sharing disini gan..
      Salam blogger 😀