5 Aplikasi Terbaik Untuk Transfer File Android Ke PC via WiFi

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan untuk mentransfer file baik foto, musik ataupun lainnya dari Android ke PC atau sebaliknya? Misalnya, bluetooth kamu bermasalah atau ketika kamu lupa membawa kabel USB ke kantor dan tidak ada card reader padahal kamu sangat membutuhkan file yang ada pada smartphone android kamu.

Salah satu keunggulan android adalah banyaknya aplikasi yang mampu memberikan alternatif untuk bisa kita gunakan. Sebagai contoh dari permasalahan di atas, kita bisa menggunakan Wi-Fi sebagai media transfer file yang praktis. Selain itu, transfer file melalui WiFi memiliki kelebihan yaitu mudah, cepat dan mengurangi beban kabel data yang dilepas-pasang pada komputer.

Terdapat banyak aplikasi pada Google Play yang mendukung transfer file dari android ke PC atau sebaliknya. Berikut ini adalah 5 aplikasi terbaik untuk mengkoneksikan android dengan PC melalui Wi-Fi beserta langkah-langkahnya.

Airdroid

Airdroid adalah aplikasi terbaik untuk memindahkan file antara PC dan Android, Airdroid berukuran sekitar 17 MB dan memiliki rating tertinggi untuk tranfer data nirkabel.

Kirim file dari android ke PC dengan AirDroid
Kirim file dari android ke PC dengan AirDroid

Airdroid memiliki desain menarik dan sangat mudah digunakan. Beberapa fitur utama Airdroid adalah SMS melalui PC, transfer file menggunakan WiFi, menggunakan kamera dan screenshot dari PC , mengatur ringtone, memainkan musik, dan masih banyak lagi. Airdroid juga memungkinkan kamu untuk copy-paste teks dari Android ke PC dan sebaliknya menggunakan fitur Clipboard.

Airdroid telah didownload jutaan orang dan memiliki rating 4,5 di Google Play Store. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu bisa dengan menggunakan sesama WiFi Access Point atau juga bisa dengan Portable WiFi Android. Airdroid akan memberikan alamat URL yang bisa kamu akses melalui browser pada PC ketika telah terkoneksi pada WiFi.

 

Xender

Xender adalah aplikasi transfer data cross-platform melalui WiFi. Cukup dengan mengkoneksikan dua perangkat pada jaringan yang sama, Xender dapat digunakan untuk berbagi foto, video, musik, dan lain sebagainya dengan mudah.

Aplikasi berukuran sekitar 8 MB ini mempunyai kelebihan yaitu transfer file yang sangat cepat, bahkan jika dibandingkan dengan transfer data melalui bluetooth. Xender juga bisa digunakan untuk transfer data dari Android dan iPhone atau iPad.

xender transfer file via Wifi
Aplikasi Xender. (Kredit: www.keepthetech.com)

Salah satu fitur andalan Xender adalah ‘remote desktop‘ yang sangat menarik. Kamu bisa membuat dua tampilan yang serupa pada Android dan PC, misalnya untuk slideshow foto. Kamu bisa menggunakan smartphone untuk me-remote tampilan yang ada pada layar PC atau laptop.

Cara menggunakan Xender juga sangat mudah, scan QR Code yang ada pada website Xender dan otomatis PC dan smartphone kamu terkoneksi. Selain itu juga bisa menggunakan URL seperti halnya Airdroid.

Baca juga:  Adblock Fast Kembali Tersedia di Google Play Store Setelah Sempat Menghilang

 

Remote Web Desktop

Remote Web Desktop adalah aplikasi transfer data dari Android ke PC dan sebaliknya menggunakan Wi-Fi yang paling ringan, yaitu hanya sebesar 2,72 MB. Aplikasi yang diproduksi SmartDog Studio HK ini juga cukup bagus dengan rating 4,4.

Remote Web Desktop, sangat sederhana
Remote Web Desktop, sangat sederhana

Meskipun berukuran kecil, Remote Web Desktop mampu melakukan banyak hal diantaranya SMS, File Explorer, Media Player untuk memainkan audio dan video, WiFi Keyboard, WebCam dan juga Screenshot.

Remote Web Desktop sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin ribet untuk transfer data dari Android ke PC. Remote Web Desktop menggunakan metode server yang memberikan URL untuk diakses dari PC, hampir sama dengan AirDroid dan Xender. Remote Web Desktop juga bisa menggunakan WiFi portable Android.

 

SHAREit

SHAREit diklaim merupakan aplikasi yang memiliki kecepatan transfer data cross-platform tercepat. SHAREit bisa digunakan untuk mentransfer semua data tanpa USB dan tanpa koneksi internet dengan kecepatan mencapai 200x lebih cepat daripada dengan bluetooth.

SHAREit Android
SHAREit Android

SHAREit berukuran 5,6 Mb cukup ringan dan memiliki user interface yang menarik.

 

ES File Explorer

Selain memiliki fungsi utama sebagai File Manager, ES File Explorer ternyata juga memiliki banyak fungsi lainnya, salah satunya adalah File Transfer melalui WiFi. Mungkin banyak yang belum mengetahui fitur ini, namun ES File Explorer telah menjadi salah satu File Manager yang paling banyak digunakan.

Jika aplikasi lain menggunakan protokol HTTP, ES File Explorer memilih berbeda dengan menggunakan protokol FTP.

Cara penggunaannya pun sebenarnya relatif sama. Koneksikan PC dan Android ke jaringan WiFi yang sama kemudian buka ES File Explorer. Dari dashboard, pilih menu Remote Manager. ES File Explorer akan menampilkan alamat FTP yang bisa kamu akses dengan PC kamu dan kamu pun bisa mendownload semua data yang ada pada smartphone android dengan mudah.

Cara menggunakan ES File Explorer untuk transfer file
Cara menggunakan ES File Explorer untuk transfer file

Itu tadi adalah aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk transfer file dari Android ke PC atau Laptop menggunakan WiFi. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki masing-masing aplikasi, kamu bisa memilih aplikasi mana yang akan kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan fitur yang kamu inginkan.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Huawei Ascend P7

Huawei Ascend P7 Desain Simple Nan Elegan Update Terbaru 2017

Huawei Ascend P7 Desain Simple Nan Elegan Update Terbaru 2017 – Dunia smartphone saat ini …