Home / Tips n Trik / 5 Tips Charge Smartphone Dengan Cepat

5 Tips Charge Smartphone Dengan Cepat

Smartphone saat ini sudah menjadi teman akrab bagi kita. Bahkan sudah menjadi salah satu perangkat yang sangat penting kehadirannya. Banyak kegiatan-kegiatan yang bisa di lakukan dengan smartphone, mulai dari memotret, menonton film, mengedit video, sosial media, bahkan sampai menjadi perangkat kesehatan dengan menggunakan berbagai aplikasi yang di tawarkan.

Dengan banyaknya fitur dan aplikasi pada samrtphone yang sangat membantu keseharian kita, tentu saja penggunaan smartphone menjadi sesering mungkin. Dengan penggunaan yang sering maka berpengaruh pada baterai smartphone yang cepat habis. Sehingga kita harus bolak-balik mencharger smartphone kita. Rata-rata intensitas mencharger smartphone dalam sehari bisa sampai 2 kali bahkan lebih. 

Pada dasarnya proses nge-charge smartphone tidak secepat yang kita pikirkan. Butuh waktu lebih dari satu jam agar kita dapat menggunakan smartphone kembali dengan kondisi baterai yang penuh dan prima. Nah, bagaimana jika kita harus melakukan charging smartphone pada waktu yang tidak tepat ketika Anda didesak harus menggunakan smartphone tersebut untuk keperluan pekerjaan? Bagaimana cara ngecas baterai smartphone dengan cepat dan segera terisi penuh? Berikut ini cara mencharger smartphone dengan cepat :

5 Tips Charge Smartphone Dengan Cepat

1. Pakai Charger Tablet

Pada dasarnya charger bawaan dari smartphone memiliki daya pengisian yang lebih kecil bila di bandingkan dengan charger bawaan tablet. Charger bawaan perangkat tablet rupanya memiliki daya pengisian yang cukup besar. Sehingga jika kita menggunakan charger bawaan tablet pasti ngecas hp smartphone akan cepat terisi penuh.

Namun perlu diperhatikan, tidak semua smartphone bisa menggunakan charger tablet. Beberapa smartphone memang dapat menggunakan charger tablet dan mampu mengisi daya baterai dengan cepat. Akan tetapi, terdapat beberapa smartphone yang daya baterainya hanya dapat diisi sesuai dengan kapasitas output charger bawaannya.

Kamu bisa menggunakan cara ini, namun perlu diingat jangan sering-sering melakukannya. Gunakan metode ini pada saat yang diperlukan saja, karena penggunaan charger tablet ke baterai smartphone dapat mengurangi umur baterai smartphone. Gunakan dengan bijak.

2. Gunakan Kabel USB Terbaik

Jangan remehkan kabel USB yang kamu pakai sehari-hari. Meksi terkesan sepele, kualitas kabel ini berpengaruh pada kecepatan charge ponsel.Kabel USB murah atau bukan orisinal, biasanya dibuat sangat tipis dan tidak menghantarkan daya dengan baik. Logam yang dipakai pun berkualitas rendah sehingga tidak bisa menangani listrik berdaya tinggi.

Baca juga:  Inilah Cara Membuat Tampilan Android Menjadi iPhone

Sebaiknya gunakan kabel USB dari paket pembelian ponsel. Atau sebagai alternatif, carilah kabel USB kualitas terbaik buatan brand yang sudah Anda percaya.

3. Ketika Ngecas Handphone, Matikan Ponsel

matikan ponsel atau airplane mode

Meski ponsel sedang tidak dipakai sama sekali, bila dalam keadaan menyala tetap ada aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. Nah, meskipun kecil kinerja aplikasi tersebut tetap menyedot daya dan membuat proses pengisian daya melambat. Karena itu cobalah untuk mematikan ponsel saat di-charge. Ketika dimatikan, maka seluruh aplikasi ikut mati. Efeknya membuat seluruh daya yang disalurkan benar-benar masuk dengan maksimal.

Bila tak ingin mematikan ponsel, kamu juga bisa mengaktifkan Airplane Mode. Mode tersebut berguna menghentikan transmisi sinyal seluler dan Wi-Fi yang berperan besar menyedot daya di bateraimu. Kalau memang tidak sempat mematikan ponsel atau menggunakan Airplane Mode, setidaknya jangan mengisinya sambil bermain video game yang banyak menyedot daya.

4. Jangan Charge Smartphone Via Port USB Komputer

Kebanyakan dari pengguna smartphone memilih `jalan pintas` pengisian baterai dengan mencolokkan kabel USB-nya ke port USB yang ada di komputer atau Laptop, bagaimanapun cara ini dinilai salah. Pada dasarnya, hal tersebut hanya dilakukan untuk proses transfer data, memang baterai akan terisi namun tidak secara cepat dan maksimal.

Hal ini disebabkan dari output daya port USB komputer yang hanya berkisar di antara 0,1 Ampere hingga 0,5 Ampere. Ini tentunya lebih rendah jika dibandingkan dengan output charger yang bisa mencapai 2 Ampere atau lebih.

5. Jangan Sentuh Ponsel

Ketika sedang di-charge, jangan gunakan smartphone Anda sama sekali.Jika Anda mencoba menyalakan smartphone maka otomatis layar akan menyala, hal tersebut secara otomatis akan menguras daya baterai Anda. Sebagaimana diketahui, layar juga merupakan salah satu bagian smartphone yang dapat menguras baterai.

gambar utama : lifehacker.com

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Hayart

Adsense Fans.

Check Also

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Tips Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh – Seperti halnya Komputer, smartphone Android juga …