Home / Social Media / 7 Fitur Rahasia Instagram yang Harus Kamu Tahu

7 Fitur Rahasia Instagram yang Harus Kamu Tahu

Instagram adalah media sosial berbasis foto yang kini sangat populer di dunia. Dengan desain yang simpel dan kemudahan sharing dengan media sosial lain, Instagram menjadi aplikasi photo-sharing yang paling banyak digunakan orang yaitu sekitar 400 juta pengguna. Instagram sangat mudah digunakan karena pengguna tinggal melakukan crop foto dan memilih filter yang sesuai kemudian mengunggah foto secara instan.

Di balik segala kemudahan penggunaannya, Instagram menyimpan fitur-fitur tersembunyi yang sangat menarik untuk kamu ketahui. Apa saja fitur-fitur tersebut? Yuk, kita simak satu per satu.

1. Menyembunyikan Photo Filter yang jarang dipakai

Fitur Photo Filter merupakan andalan Instagram hingga menjadi sangat populer. Tetapi, ketika kualitas kamera pada gadget yang semakin membaik, orang kini lebih suka memakai beberapa filter saja. Yang paling banyak adalah menggunakan “X-PRO II”, dan hampir semua foto menggunakan filter ini.

Tahukah kamu, kamu bisa menyembunyikan filter-filter yang jarang dipakai, sehingga memudahkan kamu ketika mencari filter foto “andalan” seperti X-PRO II dan sejenisnya. Caranya mudah, geser ke ujung kanan daftar filter, kemudian klik manage.

Manage Photo Filter Instagram
Manage Photo Filter Instagram

Hilangkan centang filter yang jarang kamu pakai, dan sisakan filter-filter terbaik yang kamu suka. Kamu juga bisa mengatur urutan filter-nya loh. Drag and Drop filter naik atau turun sesukamu. Klik icon centang di pojok kiri untuk kembali.

Hialngkan centang filter yang tidak dipakai , drag and drop untuk mengubah urutan
Hialngkan centang filter yang tidak dipakai , drag and drop untuk mengubah urutan

Kini kamu tak perlu lagi capek-capek menggeser filter untuk mencari photo filter kesukaanmu.

daftar filter setelah dimanage
Daftar photo filter setelah di-manage

2. Menyembunyikan Tagging Foto yang jelek

Temanmu banyak yang suka iseng? Ya, media sosial memang kejam. Ketika kamu sangat selektif memilih foto selfie untuk diupload di intagram kamu, eh lha kok temanmu seenaknya saja mengupload pose jelek dan nge-tag kamu. Dan tentu hal ini terkadang malu-maluin karena bisa dilihat oleh siapa saja melalui tab “Photos of You” di profil kamu.

Tapi tenang, Instagram telah menyiapkan antisipasi kejadian-kejadian seperti itu. Kamu bisa menyembunyikan tagging foto yang tidak kamu sukai. Klik foto tersebut, pilih menu photo options.

Menghapus tag Instagram
Menghapus tag Instagram

Selanjutnya kamu bisa memilih, menyembunyikan foto dari halaman “Photos of You” dengan menggeser slider “Keep in Photos of You” atau menghapus tag dengan memilih “Remove Tag”.

3. Mengetahui apa yang teman “Like”

Ingin kepo apa sih foto yang teman-teman kamu “Like”? Intagram mempunyai fitur bawaan untuk mengetahui apa saja aktifitas teman-temanmu. Klik Tab “Activity” kemudian pilih tab “Following” di sebelah kiri. Dan, wow kamu bisa tahu apa saja yang temanmu lakukan, mulai foto apa saja yang di “like” atau akun apa yang baru saja di “follow”.

Melihat apa yang teman "Like" di Instagram
Melihat apa yang teman “Like” di Instagram

Tab “Following” pada “Activity” ini bisa juga kamu gunakan sebagai referensi, jika saja ada akun populer yang baru saja di-follow atau di-like temanmu sedangkan kamu belum mengikuti akun tersebut.

4. Melihat foto yang pernah kamu “Like” di Instagram

Ingin menunjukkan foto keren suatu lokasi atau moment dari suatu akun yang terlupa tetapi pada postingan yang sudah lama sehingga kamu tidak bisa mencari melalui feed? Kamu beruntung jika kamu pernah menekan tombol “Like” pada foto tersebut.

Baca juga:  Cara Mudah Membuka Akun Instagram Yang Terblokir

Instagram mempunyai fitur untuk melihat  foto apa saja yang pernah di “Like” pada masa lampau. Semua foto yang pernah kamu suka akan muncul dengan cara yang sangat mudah. Buka Tab Profil kemudian pilih Options di pojok kanan atas.

Melihat foto atau video yang pernah kamu "Like"
Melihat foto atau video yang pernah kamu “Like”

Pilih Menu “Post You’ve Liked” dan semua foto yang pernah kamu “Like” akan tampil di layar gadget kamu.

5. Mendapatkan notifikasi dari akun favorit kamu

Takut ketinggalan momen foto terbaik dari akun favorit kamu? Gunakan saja fitur instagram yang satu ini. Kamu bisa mendapatkan notifikasi dari akun favorit kamu setiap akun tersebut memposting sebuah foto atau video.

Buka halaman profil akun tersebut, klik menu options kemudian pilih “Turn on Post Notifications”.

Mendapatkan notifikasi dari akun Instagram favorit
Mendapatkan notifikasi dari akun Instagram favorit

6. Direct Messaging Instagram

Punya target gebetan di Instagram? Sebagian besar orang lupa bahwa Direct Messaging adalah salah satu fitur Instagram. Mulai sekarang kamu bisa mbribik lebih privat dengan fitur ini. Daripada kamu komentar “Folback” atau “Minta PIN BB” di foto postingan gebetanmu, tentu lebih intim jika kamu memulai dari perpesanan langsung ini. Dan jangan lupa berdoa agar pesanmu dibalas, ya!

Fitur Direct Messaging Instagram ini mempunyai pilihan mengirim pesan saja atau mengirim pesan foto atau video. Pesan kamu pun bisa kamu kirim ke 1 orang atau lebih secara bersamaan.

Klik icon “Inbox” di pojok kanan atas IG kamu untuk memulainya. Kemudian pilih “+” di pojok atas lalu pilih mengirim pesan atau foto / video.

Direct Messaging Instagram
Direct Messaging Instagram

Jika kamu memilih pesan, tulis akun tujuanmu pada kolom “to”. Instagram akan membantu memberikan referensi akun yang kamu cari. Setelah itu tulis pesan yang kamu sampaikan di kolom paling bawah. Jika kamu akan mengirim foto atau video, kamu akan diarahkan untuk memilih foto atau video dulu sebelum mencari akun tujuan dan pesan yang kamu sampaikan.

Menulis pesan Instagram
Menulis pesan Instagram

7. Mengirim foto kepada teman

Forwarding photo Instagram
Forwarding photo Instagram

Instagram juga mempunyai fitur “Forwarding” foto. Daripada kamu capek melakukan screenshot kemudian mengirim melalui aplikasi chatting tentu akan lebih mudah jika kamu menggunakan fitur ini. Klik tombol forward di bawah foto yang akan kamu kirim (di samping “Like” dan “Comment”) , kemudian pilih penerima dan tulis pesanmu lalu tekan “Send” untuk mengirim foto tersebut langsung ke temanmu.

Forwarding photo Instagram
Forwarding photo Instagram

Itu tadi adalah 7 fitur rahasia Instagram yang “mungkin” belum kamu ketahui. Tahu fitur lain yang belum ada pada tulisan ini? Tulis pada kolom komentar di bawah ini, ya!

Gambar utama via bevelwise.com

 

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …

  • smartinternet

    bermanfaat sekali 🙂