Thursday , November 23 2017

9 Aplikasi Android Terbaik Untuk Menghemat Baterai

Perkembangan smartphone di pasaran saat ini semakin hari semakin kompetitif. Masing-masing vendor berlomba-lomba untuk memberikan fitur terbaik kepada calon pembeli. Berbagai aspek pun dipertimbangkan guna menarik minat masyarakat mulai desain yang elegan, processor, RAM, dan kualitas kamera yang bagus khususnya untuk selfie menjadi sisi paling banyak dipertimbangkan sebelum membeli smartphone android baru.

Tetapi, bagi sebagian orang pertimbangan tersebut masih ditambah lagi dengan kemampuan atau data tahan baterai. Ya, Daya tahan baterai menjadi salah satu aspek penting sebelum menentukan ponsel yang akan dibeli. Kapasitas dan daya tahan baterai menjadi penting mengingat citra smartphone yang boros baterai membuat orang harus menyiapkan daya cadangan dengan powerbank atau bahkan harus men-charge berulang dalam selang waktu yang sebentar. Dengan daya tahan baterai yang lebih lama, diharapkan penggunaan smartphone dapat lebih nyaman tanpa harus tergantung pada daya listrik.

Selain dengan memilih kapasitas baterai yang lebih besar (atau menggunakan baterai double power), terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperpanjang daya tahan baterai. Diantaranya adalah menggunakan aplikasi yang bisa meminimalisir konsumsi daya oleh smartphone android.

Berikut ini adalah daftar aplikasi yang bisa kamu coba untuk meningkatkan daya tahan baterai:

DU Battery Saver

DU Battery saver

Du Battery saver adalah aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk memperpanjang daya tahan baterai menjadi lebih lama sekitar 50%. Terdapat beberapa mode yang bisa kita pilih yaitu Long Standby, General Mode dan Sleep Mode. Du Battery saver juga memperbolehkan kita untukk membuat pengaturan sendiri terkait penghematan penggunaan daya baterai. Kita bahkan bisa mengemat baterai hingga 70% dengan pengaturan yang tepat.

JuiceDefender Battery Saver

JuiceDefender

JuiceDefender Battery Saver adalah aplikasi gratis dan mudah digunakan untuk memperpanjang daya smartphone Android. Kamu bisa mengatur konsumsi daya pada koneksi mobile, WiFi dan kecepatan CPU dengan menggunakan JuiceDefender.
Juice Defender memliki 5 pilihan profil dasar yang bisa kamu pilih untuk menyimpan daya baterai bertahan lebih lama.

2 Battery – Battery Saver

2Battery

2 Battery memiliki beberapa fitur yang bisa dipakai untuk menghemat baterai. 2 Battery menggunakan algoritma khusus untuk mengatur penggunaan koneksi internet, kapan dinyalakan dan kapan harus dimatikan. 2 Battery juga secara berkala mengurangi kecerahan layar yang merupakan bagian pengkonsumsi daya paling besar. Selain itu, 2 Battery juga otomatis mematikan layat ketika ponsel diletakkan di saku atau meja menggunakan sensor.

Battery Save Booster

Battery saver booster

Battery save booster adalah aplikasi penghemat baterai yang sangat mudah digunakan untuk meningkatkan daya tahan baterai hanya dengan satu klik saja. Battery Save Booster bekerja dengan mengurangi jumlah proses yang berjalan di background dan menggunakan koneksi internet dengan lebih efisien.

Baca juga:  Cara Mudah Extract Atau Buka File Rar Zip Di Android

Comodo Battery Saver

Comodo battery saver

Aplikasi Comodeo Battery saver memperpanjang daya tahan baterai kamu dengan mengubah mode smartphone ke mode hemat daya dan memonaktifkan aplikasi yang menggunakan banyak daya cukup dengan satu klik saja. Comodo juga menyediakan informasi tentang penggunaan daya baterai dari masing-masing aplikasi sehingga kamu bisa mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan daya paling banyak.

Snapdragon Battery Guru

Snapdragon Battery Guru

Snapdragon Battery Guru menggunakan metode yang lain daripada jenis aplikasi penghemat daya lainnya. Snapdragon Battery Guru secara otomatis akan mempelajari kebiasaanmu dalam menggunakan smartphone dan aplikasi akan melakukan setting berdasarkan analisa penggunaan smartphonemu, Snapdragon Battery Guru membutuhkan waktu sekitar 2-4 hari untuk masa adaptasi dan mempelajari penggunaan smartphone sebelum bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan baterai.

One Touch Battery Saver

One Touch Battery Saver

Sesuai dengan namanya, kamu bisa memakai aplikasi ini untuk mengubah smartphone ke mode Hemat Baterai cukup dengan satu sentuhan. Mode Power Saving akan menonaktifkan WiFI, GPS, Bluetooth, vibration dan kecerahan layar untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Deep Sleep Battery Saver

Deep Sleep

Deep Sleep Battery Saver menawarkan konsep unik untuk membuat ponsel seakan ‘tertidur lebih nyenyak’ pada mode ini. Aplikasi ini akan membuat ponsel memasuki mode ‘Deep Sleep’ dimana koneksi data mobile 3G dan WiFi dimatikan dan aplikasi yang berjalan pada background dihentikan. Deep Sleep mode akan membangunkan ponsel pada interval yang ditentukan untuk mengecek semua pesan yang masuk baik email, maupun pesan lainnya.

Easy Battery Saver

Easy Battery Saver

Easy Battery Saver merupakan aplikasi penghemat daya yang bisa memperpanjang daya baterai hingga lebih dari 50% dengan mengatur konektivitas jaringan, mengatur kecerahan dan timeout layar ponsel dan memiliki jadwal mode sleep pada waktu tertentu. Ada 4 mode default yang dimiliki Easy Battery Saver untuk menghemat daya baterai smartphone android.

Dari 9 aplikasi di atas, kamu bisa memilih aplikasi yang terbaik dan cocok untuk kamu gunakan guna meningkatkan daya tahan baterai. Masing-masing aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, namun tentukan mana yang lebih cocok dan lebih mampu memperpanjang daya tahan baterai smartphone androidmu. Lebih dari itu, kamu mungkin bisa mencoba mengkombinasikan aplikasi di atas dengan aplikasi lain untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Ilustrasi: androidcentral.com

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس