Monday , December 18 2017

9 Aplikasi Cuaca Gratis untuk Android

Salah satu fitur andalan Android adalah kemampuan mendapatkan informasi cuaca yang akurat dan tepat.  Meskipun sebagian orang yang masih kurang peka untuk menggunakan aplikasi cuaca sebagai pemberi informasi, namun nyatanya banyak orang mulai memanfaatkan aplikasi cuaca untuk menentukan aktivitas apa yang akan dilakukan.

Kita harus bersyukur bahwa kita hidup di masa teknologi smartphone telah berkembang begitu pesat. Keadaan dan prakiraan cuaca bahkan bisa sampai pada waktu seminggu ke depan. Sangat kontras dengan apa yang orang-orang bisa lakukan dulu, menyimak akhir acara berita di stasiun televisi nasional hanya untuk mengetahui prakiraan cuaca wilayahnya untuk esok hari.

Berikut ini kami rangkum 9 aplikasi cuaca terbaik untuk smartphone android yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma alias gratis!

1. Google Now

Sejak pertama kali Google Now diluncurkan, telah banyak perkembangan yang dimiliki Google Now ini. Salah satunya adalah fitur wheater atau cuaca. Ya, Google Now telah menggeser fungsi dari banyak aplikasi-aplikasi android yang lain.

Google Now Android
Google Now Android

Google Now memberikan informasi cuaca secara periodik dan selalu update. Kamu juga bisa meminta informasi cuaca yang lain melalui Google Now. Google Now memang tidak dikhususkan sebagai aplikasi cuaca, namun informasi yang diberikan sudah lebih dari cukup untuk mengetahui apa yang harus kamu persiapkan menghadapi keadaan cuaca yang akan terjadi.

2. 1Weather

1Wheater sudah cukup lama menghuni papan atas aplikasi cuaca yang paling banyak di-download. Tidak hanya itu, 1Weather juga mendapatkan nilai rating yang cukup besar yaitu 4,5 dari sekitar 350.000 reviews di Google Play Store. 1Weather tidak hanya mengusung fitur cuaca harian dan per jam, namun juga hadir dengan desain aplikasi yang menarik. Kamu juga bisa mendapatkan informasi tambahan dari aplikasi ini. Aplikasi ini didukung lebih dari 25 bahasa di seluruh dunia.

1weather via phandroid.com
1weather via phandroid.com

Pada pertengahan 2014, 1Weather mendapatkan masalah yaitu sering terjadi bug dan crash saat aplikasi berjalan. Beruntung masalah ini cepat teratasi dan 1Weather kembali menjadi pilihan banyak orang untuk urusan informasi cuaca.

3. Accuweather

Accuweather adalah salah satu aplikasi yang konsisten digunakan pengguna android sejak awal kemunculan android pada tahun 2008. Accuweather menjadi alternatif aplikasi perkiraan cuaca yang handal dan memberikan hampir semua informasi yang kamu butuhkan. Perkiraan cuaca beberapa hari ke depan, perkiraan cuaca per jam dan banyak informasi lainnya. Accuweather didesain dengan baik dengan pilihan tema holo dark atau holo light sehingga bisa kamu sesuaikan agar tidak terjadi benturan warna dengan tema yang kamu gunakan.

Accuweather via phonetipz.com
Accuweather via phonetipz.com

Rasanya Accuweather cukup memiliki kemampuan untuk kamu andalkan sebagai aplikasi prakiraan cuaca, dengan fitur lengkap dan tepat.

4. WeatherBug

Sama halnya dengan Accuweather, Weather telah lama merasuk di hati penggunanya. WeatherBug merupakan salah satu aplikasi yang sudah ada pada generasi pertama Sistem Operasi Android. WeatherBug menjadi salah satu yang hadir dengan fitur paling lengkap.

Awalnya aplikasi WeatherBug tersedia dengan pilihan gratis (free) dan berbayar (in-app purchase). Namun, akhirnya WeatherBug menggratiskan semua fitur yang ada pada aplikasi mereka. Hal ini tentu membuat murka para pengguna yang telah membayar, namun keputusan ini memberikan keuntungan bagi pengguna baru WeatherBug yang bisa menggunakan semua fitur WeatherBug secara gratis.

Ada beberapa fitur unik WeatherBug yang tidak dimiliki oleh semua aplikasi prakiraan cuaca, seperti peringatan seberapa jauh badai akan terjadi dari rumah kamu dan berapa waktu yang dibutuhkan badai tiu untuk sampai ke rumahmu. Juga dengan berapa jumlah pendingin atau pemanas yang kamu butuhkan untuk mencapai kondisi ideal suhu di dalam rumah tersedia lengkap pada WeatherBug.

Baca juga:  Cara Mencari Hotspot Gratis Di Kotamu Dengan Mudah
WeatherBug Android via staticworld.net
WeatherBug Android via staticworld.net

Selain itu, WeatherBug menawarkan informasi radar, kelembaban udara, kecepatan angin dan dalam periode tertentu kamu dapat mengakses kamera untuk mendapatkan gambar langsung dari suatu lokasi tertentu.

5. The Weather Channel

The Weather Channel sudah lama dikenal sebagai penyedia informasi prakiraan cuaca. Di Android pun, The Weather Channel sudah muncul sejak lama. The Weather Channel sudah di-download lebih dari 50 juta kali, dan mendapatkan rating bintang 4 dari sekitar 2 juta penggunanya. The Weather Channel adalah salah satu aplikasi paling populer di dunia.

The Weather Channel memiliki fitur perkiraan cuaca per jam sampai 36 jam dan sepuluh hari ke depan, suhu, kelembaban udara, waktu terbit dan terbenamnya matahari, kecepatan angin, index UV dan masih banyak lagi.

The Weather Channel via inlovewithandroid.com
The Weather Channel via inlovewithandroid.com

Sayangnya The Weather Channel mempunyai beberapa fitur tambahan yang justru menghambat kinerja aplikasi sendiri. Tapi tenang saja, fitur seperti mPoints bisa kamu non-aktifkan melalui pengaturan aplikasi.

6. Radar Now

Selain aplikasi yang cukup komplit seperti yang sudah ada pada daftar di atas, aplikasi cuaca juga ada yang tampil sangat minimalis. RadarNow hadir dengan fitur minimalis yaitu perkiraan cuaca dan suhu.

RadarNow menggunakan data langsung dari server NWS tanpa diedit dan langsung ditampilkan ke aplikasi. Inilah hal yang membedakan RadarNow dengan aplikasi cuaca lainnya.

Radar Now via androidtipstricks.com
Radar Now via androidtipstricks.com

RadarNow dapat kamu download gratis dengan masa trial fitur premium selama 5 hari. Jika kamu ingin mendapatkan versi premiumnya, cukup membayar $5.99 untuk menebusnya.

7. Eye in the Sky Weather

Eye in the Sky Weather adalah aplikasi cuaca pendatang baru yang ternyata cukup memuaskan. Aplikasi ini memberikan informasi cuaca, Dash clock dan memberikan kesan desain yang sangat elegan. Desain yang elegan memberikan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi ini meskipun ada beberapa laporan bahwa informasi cuaca yang diberikan kurang akurat. Tetapi secara keseluruhan aplikasi Eye in the Sky Weather ini sangat bagus.

Eye in the Sky Weather via mevvy.com
Eye in the Sky Weather via mevvy.com

Aplikasi Eye in the Sky Weather ini terdiri dari versi gratis dan berbayar namun versi berbayar hanya untuk menghilangkan iklan yang ada pada aplikasi ini.

8. Go Weather and Forecast

GO Weather and Forecast adalah aplikasi cuaca yang cukup populer dan menempati papan atas berdasarkan jumlah penggunanya. GO Weather and Forecast menawarkan fitur informasi cuaca, suhu, dan widget pada home gadget kamu. Kamu bisa mengubah pilihan server melalui pengaturan yang tersedia pada aplikasi ini.

GO Weather and Forecast via androidappsapks.com
GO Weather and Forecast via androidappsapks.com

GO Weather and Forecast sangat layak kamu gunakan karena cukup handal, akurat dan tentu saja gratis.

9. Yahoo Weather

Yang terakhir kami rekomendasikan adalah Yahoo Weather. Akhir-akhir ini Yahoo berusaha meningkatkan semua layanannya untuk terus bersaing di dunia digital. Salah satunya adalah Yahoo Weather untuk informasi cuaca secara real-time. Fitur informasi cuaca, radar dan masih banyak lagi.

Yahoo Weather hadir dengan tampilan desain yang menarik dan mudah digunakan. Sangat menyenangkan menggunakan Yahoo Weather dan selama ini Yahoo Weather masih gratis dan bisa digunakan oleh siapapun.

Yahoo! Weather
Yahoo! Weather via androidcommunity.com

Dari 9 aplikasi cuaca gratis untuk android ini, aplikasi yang mana yang kamu gunakan? Atau kamu punya rekomendasi yang lain? Tulis rekomendasi kamu pada kolom komentar di bawah ini.

Gambar utama dari : forum.xda-developer.com

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس