Saturday , November 25 2017

Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone

Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone

Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone – Baterai yang boros memang sering kali menjadi kendala ketika kita benar-benar membutuhkan smartphone untuk hal yang kita inginkan. Misalnya saja kita dalam keadaan genting berbalas pesan dengan rekan bisnis namun pada saat yang sama baterai smartphone kamu dalam kondisi habis. Tentu kita harus mulai berpikir bagaimana cara ampuh untuk menghemat baterai smartphone.

Banyaknya fitur pada smartphone yang hampir seperti komputer membuat aktifitas penggunanya pun juga semakin padat. Imbasnya akan kelihatan pada kekuatan baterai smartphone yang semakin lama semakin cepat habis saja.

Nahh maka dari itu untuk mengatasi baterai yang boros sebaiknya kita mencegah agar baterai tidak ngedrop dan menggunakannya secara lebih optimal agar baterai lebih awet. Lalu bagaimanakah cara menghemat baterai? Sebenarnya cara menghemat baterai tidaklah sulit, ikuti beberapa tips berikut ini untuk mulai menghemat baterai smartphone.

Cara Ampuh Menghemat Baterai

Menginstal Aplikasi Penghemat Baterai


Pertama adalah install aplikasi penghemat baterai misalkan Battery Life Saver, Baterai Saver atau lain sebagainya. Aplikasi ini akan memberitahukan aplikasi mana saja yang menggunakan daya baterai cukup banyak sehingga kamu disarankan untuk mengatur ulang, contohnya untuk animasi, wifi ataupun kecerahan layar.

Setelah mengetahui dan mengeksekusi apa saja yang bisa dihemat, jangan lupa uninstall kembali aplikasi penghemat baterai agar aplikasi tersebut tak bekerja terus menerus yang pada akhirnya juga membuat baterai cepat habis.

Mengunakan Aplikasi Secara Bijak

Sebaiknya menghindari aplikasi yang tidak terlalu kamu butuhkan, karena segala aplikasi yang sudah kamu install tanpa memperhitungkan terlebih dahulu kebutuhan kamu maka ujung-ujungnya hanya akan membuat baterai boros. Khususnya pada Android dimana aplikasi tersebut menjalankan proses di balik layar ketika tidak sedang digunakan. Fenomena ini akan menjadikan RAM bekerja lebih keras dan menjadikan baterai akan cepat habis.

Aturlah Tingkat Kecerahan Layar Smartphonemu

Hal yang harus diingat adalah ketika kamu menurunkan tingkat kecerahan pada layar kamu juga harus menyesuaikannya dengan kenyamanan kamu. Jangan sampai dengan menurunkan tingkat kecerahan layar malah membuat kamu kewalahan sendiri ketika membaca sms atau email yang dikarenakan oleh layar yang terlalu redup. Jadi buat saja tingkat kecerahan layar yang sedang-sedang saja tak terlalu redup dan tak terlalu terang.

Hal ini juga penting untuk kesehatan mata kita dalam jangka panjang.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Oppo Neo 5s 4G LTE Terbaru Desember 2016

Menonaktifkan Widget dan Animasi Yang Tidak Diperlukan

Menonaktifkan atau menghilangkan widget dan animasi pada layar utama yang tak diperlukan juga bisa menghemat daya tahan baterai. Hal ini berkaitan dengan notifikasi yang sering muncul dari widget yang kamu gunakan. Kami sarankan pula kamu untuk menonaktifkan suara ketika kamu membuka kunci (unlock) ketika pertama kali menjalankan smartphone kamu.

Mengatur Waktu Screen Timeout

Atur waktu screen timeout menjadi lebih cepat sehingga ketika kamu sedang menggunakan smartphone kemudian kamu tidak menyentuhnya dalam beberapa detik atau menit maka kayar akan secara otomatis akan menjadi gelap. Usahakan kamu mengatur screen timeout dengan senyaman mungkin.

Bila kamu menggunakan smartphone kamu hanya untuk kegiatan sms atau menelfon maka kamu akan merasakan penghematan baterai yang sangat signifikan dengan mengatur Screen timeout. Tapi akan menjadi kendala ketika kamu sedang membaca berita atau artikel maka harus secara berkala menyentuh touch screen atau keypad  smartphone kamu. Aturlah sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan kamu. Kami sarankan screen timeout paling pas antara 15 sampai 30 detik.

Nonaktifkan Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS

Selanjutnya adalah dengan menonaktifkan berbagai fitur pendukung seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS yang tidak kamu gunakan. Karena dengan mematikan fitur-fitur tersebut kamu akan meminimalisir penyedotan baterai yang berlebih akibat yang ditimbulkan karena fitur tersebut biasanya akan secara otomatis mencari sumber sinyal secara berkala sehingga menyedot baterai lebih banyak.

Atur Fitur Update Aplikasi dan Sinkronisasi

Salah satu contohnya ketika kamu menginstall aplikasi sosial media maka atur stream update hanya jika kamu menjalankan aplikasi tersebut, karena beberapa aplikasi sosial media akan melakukan syncs update setiap memerapa menit atau beberapa jam sekali yang tentunya akan mempengaruhi kekuatan dari baterai.

Sudah praktekkan beberapa tips di atas? Bagaimana dengan perbedaanya? Seberapa lama baterai smartphone kamu bisa dihemat? Tulis pada kolom komentar di bawah ini gaes!

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس