Home / Tips n Trik / Cara Backup Pesan, Kontak dan Foto WhatsApp ke Google Drive
neurogadget com

Cara Backup Pesan, Kontak dan Foto WhatsApp ke Google Drive

WhatsApp adalah salah satu raja pada aplikasi chating yang digunakan oleh milyaran orang di seluruh dunia. WhatsApp sangat populer karena memiliki fitur lengkap seperti panggilan suara, transfer gambar, video maupun suara dengan desain user-interface yang mudah digunakan. Hampir setiap pengguna smartphone memiliki WhatsApp pada smartphone mereka untuk digunakan sebagai aplikasi berbagi foto, video dan pesan dengan teman, pacar ataupun dalam bentuk grup. WhatsApp diklaim sebagai aplikasi messaging yang paling stabil dan ringan digunakan serta tidak memerlukan koneksi yang cepat.

Dengan semakin banyaknya percakapan yang dilakukan melalui WhatsApp saat ini, kehilangan data akibat smartphone error seperti instal ulang atau terformat, akan mengakibatkan kehilangan yang besar khususnya untuk percakapan-percakapan penting. Menelusuri pesan yang terhapus akan menjadi pekerjaan yang sulit apabila yang rusak adalah smartphone kamu.

Tapi kini kamu tak perlu khawatir lagi kehilangan pesan penting karena WhatsApp telah merilis fitur baru yang memungkinkan kamu mem-back-up pesan, kontak, foto, musik dan data lainnya pada Google Drive. Berikut ini adalah tips cara membackup pesan, kontak dan foto pada Google Chrome.

WhatsApp telah menanamkan fitur backup ke Google Drive sejak WhatsApp versi 2.12.45 dirilis. Meskipun sebelumnya sudah ada fitur backup secara offline di memori smartphone kammu, tapi kini dengan adanya backup online, kamu bisa membaca semua pesan dan percakapan secara online di Google Drive. Proses backup pun menjadi lebih cepat jika dilakukan secara offline.

Cara melakukan backup pesan, kontak dan gambar dari WhatsApp ke Google Drive adalah sebagai berikut:
1. Buka aplikasi WhatsApp kamu, masuk ke Settings -> Chat Settings -> Chat Backup.

2. Akan muncul pop-up kapan terakhir backup kamu lakukan dan pengaturan Google Drive Backup dengan 3 pilihan yaitu Backup Frequency, Account  dan jaringan yang dibutuhkan untuk melakukan Back up chats.

Baca juga:  Cara Meningkatkan Viewer Video YouTube dengan Mudah

3. Opsi Backup Frequency digunakan untuk mengatur frekuensi backup dilakukan. Terdapat pilihan Daily (harian), Weekly (Mingguan) dan Monthly (Bulanan) serta pilihan Off untuk menonaktifkan backup ke Google Drive.

WhatsApp Backup
WhatsApp Backup

4. Opsi Account digunakan untuk memasukkan informasi akun Google untuk menyimpan semua data pada akun Google Drive. Sedangkan opsi Back up chats digunakan untuk mengatur melalui jaringan apa saja backup dilakukan, apakah melalui WiFi saja atau melalui WiFi dan Jaringan Seluler.

Jika kamu memilih backup harian, WhatsApp biasanya melakukan proses backup pada pukul 3 pagi. Sedangkan jika kamu ingin melakukan backup saat itu juga, cukup tekan tombol Back Up Now maka proses backup akan dimulai.

Setelah proses dimulai, kamu tidak boleh membatalkannya. Setelah proses backup WhatsApp ke Google Drive selesai, semua data kamu akan tersimpan pada akun Google Drive-mu. Kamu bisa mengakses dari Settings -> Manage Apps dari web Google Drive.

Jika suatu saat kamu melakukan instal ulang WhatsApp pada smartphone baru, kamu akan menemui pesan untuk restore data dari Google Drive. Kamu bisa melakukan restore setelah memasukkan nomer handphone kamu gunakan sebelumnya. Bagaimana, mudah bukan untuk membackup data baik kontak, pesan maupun foto dari WhatsApp ke Google Drive?

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …