Monday , December 18 2017

Cara Cepat Membuat Akun dan Blog Tumblr

Tumblr adalah salah satu platform blogging yang sangat menarik dan sudah ada sejak tahun 2007. Tumblr sangat populer di bagi pengguna internet dengan fitur menarik seperti sharing video, gambar GIF dan file audio. Tumblr merupakan platform blogging yang unik, dimana sebagian besar posting pada tumblr berbeda dengan blog pada umumnya.

Sebelum media sosial baru seperti instagram, path dan yang lainnya muncul, Tumblr sudah menjadi idola pengguna internet. Yang paling banyak ditemukan di Tumblr adalah “Quotes” yang menarik, baik berupa gambar maupun dalam bentuk teks yang memang disediakan fitur untuk posting “Quote” atau kutipan.

Untuk membuat akun Tumblr, langsung saja menuhu website Tumblr. Cara mendaftarnya pun sederhana, kita hanya memerlukan alamat email, password dan tentu saja username yang akan digunakan. Tenang, Tumblr gratis, kok!

Masukkan alamat email kamu dengan password, kemudian masukkan username unik yang belum digunakan. Tumblr akan memberikan rekomendasi username unik namun kamu bebas menentukan username yang ingin kamu pakai selama masih free. Kemudian, klik Sign up Tumblr dan jangan lupa setujui ketentuan penggunaan Tumblr.

Form pendaftaran akun Tumblr
Form pendaftaran akun Tumblr

Setelah selesai melakukan pendaftaran Tumblr,kamu akan menyadari bahwa Tumblr memberikan alamat blog sesuai dengan username yang kamu gunakan, misalnya usernamekamu.tumblr.com sebagai alamat blogmu.

Pada dashboard Tumblr, kamu dapat memulai memposting apa yang kamu inginkan pada Tumblr. Cukup sederhana sebenarnya, terdapat bermacam pilihan mulai dari Text, Photo, Quote, Link, Chat, Audio dan Video. Salah satu fitur yang paling populer adalah Quote. Tak heran kini dikenal Tumblr Tee yang berisi tulisan-tulisan atau kutipan dari Tumblr.

Menu post baru pada dashboard Tumblr
Menu post baru pada dashboard Tumblr

Setelah berhasil membuat akun Tumblr dan membuat postingan pertama, kini saatnya kamu membuat blog Tumblr dan mengkustomisasinya. Blog Tumblr masih tetap gratis, dengan fitur kustomisasi html yang full control sehingga kamu bebas membuat seperti apa tampilan blogmu. Sebelum kamu membuat blog Tumblr, seperti yang sudah ditulis di atas bahwa kamu sudah mempunyai default blog dengan username kamu. Artinya, sekarang kita akan membuat blog kedua dengan akun yang sama.

Baca juga:  Cara Mudah Memasang Disqus pada Blogger dan Wordpress

Untuk membuat blog, masuk ke menu account kemudian klik Blogs New.

Langkah pertama yang dilakukan adalah memeberikan judul untuk blog kita. Kemudian masukkan nama unik untuk alamat Tumblr blog baru kita, mirip seperti username. Bedanya, kita dapat mengubah nama blog ini sewaktu-waktu.

Tumblr blog juga memiliki fitur private blog yang artinya kamu bisa memberikan password pada blog kamu sehingga hanya orang-orang yang mempunyai password itu yang bisa mengakses blogmu. Klik Create Blog dan Tumblr blog kamu sudah selesai dibuat.

Setelah Tumblr blog dibuat, selanjutnya adalah bagaimana cara mengubah tema blog Tumblr.Untuk memodifikasi dan mengubah tema blog, buka dashboard Tumblr kemudian cari Website Theme dan klik Edit theme. Akan muncul halaman kustomisasi dimana kamu bisa membuat banyak perubahan pada tampilan luar blog kamu. Di sisi kiri layout terdapat menu-menu yang bisa kamu gunakan untuk mengubah theme blog, mulai dari deskripsi blog, judul blog sampai dengan image header untuk mempercantik blogmu.

Untuk mengubah Tema blog, klik Browse Themes dan kamu akan mendapatkan banyak pilihan tema blog sesuai dengan kategori masing-masing. Ada yang gratis, namun ada yang berbayar. Kamu cukup memilih sesuai dengan kesukaan dan kebutuhanmu.Jika kamu cukup paham dengan HTML, klik Edit HTML di bawah judul tema yang kamu gunakan dan kamu bisa menambah halaman, mengubah jumlah postingan yang tampil dan kamu bisa juga membuat menu-menu seperti pada web umumnya. Selain itu, kamu juga bisa bermain-main dengan CSS untuk memperindah tampilan blog Tumblr.

Demikian tadi adalah cara singkat membuat akun Tumblr dan blog Tumblr serta trik singkat untuk mengubah tampilan Tumblr. Semoga bermanfaat, gais!

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس