Saturday , December 16 2017

Cara Convert Images Ke Teks (Scan OCR) Dengan Google Drive

Cara konversi foto atau gambar ke teks adalah salah satu cara yang paling banyak diburu pengguna internet. Banyak alasan kenapa orang lebih banyak memilih mengkonversi gambar ke teks. Salah satunya adalah “malas” mengetik ulang naskah yang ada. Misalnya saja, ada beberapa lembar naskah hard copy yang harus kita input datanya atau harus kita edit ulang naskah tersebut. Beruntung banyak cara yang bisa kita lakukan guna menghindari pekerjaan mengetik ulang naskah tersebut.

Salah satu yang paling banyak digunakan adalah menggunakan software Optical Character Recognition atau disingkat OCR. Namun yang menjadi permasalahan adalah mayoritas software OCR bukanlan software yang bisa didapatkan dengan murah. Membayar mahal hanya untuk penggunaan yang mungkin setahun sekali tentu bukanlah pihan yang bijak. Salah satu opsi yang bisa kita pilih adalah memanfaatkan Google Drive untuk mengkonversi gambar menjadi teks.

Sudah tahu jika Google Drive sudah mengaplikasikan teknologi OCR untuk konversi gambar ke teks secara gratis? Tanpa kita sadari Google Drive telah lama mengaktifkan fitur tersebut dan kita bisa memanfaatkannya untuk konversi images ke text.

Sebelum memulai convert data dari images ke text, pastikan kamu bisa masuk ke Google Drive dengan menggunakan akun Google. Jangan lupa, siapkan dokumen atau scan hard copy yang akan dikonversi dengan format PNG, JPG atau PDF. Jika kamu memindai dokumen dari hard copy, usahakan teks dapat dibaca dengan jelas agar dapat dikonversi dengan baik. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengkonversi gambar JPG, PNG atau file PDF ke teks dengan Google Drive.

Langkah 1: Log in ke akun Google kemudian buka Google Drive.

Langkah 2: Klik tombol pengaturan pada sisi kanan atas. Pada opsi Upload Settings aktifkan pilihan Convert Uploaded Files to Google Docs editor format. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.

Baca juga:  3 Aplikasi Office Android Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas
scan ocr dengan google drive
Aktifkan opsi konversi

Langkah 3: Selanjutnya upload dokumen yang akan kamu konversi dari gambar ke teks. Ingat file wajib berekstensi PNG, JPG atau PDF.

Langkah 4: Setelah proses upload selesai, Google Drive akan memproses file yang kamu upload untuk dikonversi dari gambar ke bentuk teks. Ketika proses selesai, file teks hasil konversi akan muncul di Google Drive kamu dengan nama file yang identik dengan apa yang kamu upload, namun dengan format Google Docs.

Langkah 5: Download file hasil konversi dan kamu bisa melakukan editing terhadap file tersebut untuk merapikan atau menyesuaikan hasil konversi.

Hasil konversi dari images ke text sangat bergantung pada jenis font, resolusi gambar dan berbagai faktor lainnya. Teks hasil konversi umumnya tidak akan seratus persen sesuai dengan yang terlihat pada gambar. Oleh karena itu, kita wajib memeriksa kembali file hasil konversi dan mengkoreksi tulisan yang belum tepat.

Khusus untuk konversi gambar ke teks dengan Google Drive, kamu hanya bisa melakukannya pada 10 halaman pertama jika yang kamu upload adalah file PDF. Maka, untuk file PDF yang berisi ratusan lembar kamu harus melakukan split dokumen menjadi beberapa bagian sebelum diupload. Upload dokumen sendiri dibatasi maksimal 2Mb.

Konversi ke teks dari gambar dengan Google Drive memang dilakukan secara otomatis ketika kita mengaktifkan opsi tersebut. Jika kita tidak ingin semua dokumen yang kita upload dikonversi, disable kembali pengaturan pada langkah 2 agar di waktu mendatang konversi dari gambar ke teks tidak dikerjakan.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس