Home / Gadget / Android / Cara Install Google Play Store Secara Manual pada Android
cara menghapus cache google play

Cara Install Google Play Store Secara Manual pada Android

Google Play Store adalah surga untuk mencari berbagai aplikasi dan konten. Meskipun ada beberapa alternatif yang bisa digunakan, namun rasanya kurang komplit jika smartphone Android tidak memiliki Google Play Store. Terkadang kita harus menginstall kembali secara manual Google Play Store karena beberapa sebab. Bagi beberapa smartphone buatan China, Google Play Store bukanlah merupakan aplikasi bawaan yang sudah ada pada saat kita membelinya. Kita harus menginstall sendiri Google Play Store secara manual. Alasan lainnya, misalnya kita secara tidak sengaja melakukan uninstall Play Store, atau sekedar ingin kembali ke Play Store versi terdahulu untuk menghindari bug. Berikut ini adalah cara untuk mendownload dan install Google Play Store beserta update fitur terbaru yang ada.

Google Play Store sendiri memiliki beberapa versi yang cukup membuat bingung para penggunanya meskipun sebenarnya cukup mudah dipahami. Penomoran pada versi Google Play yang tidak beraturan atau tidak urut sebenarnya tidak perlu kita permasalahkan. Kuncinya, jika ada pelompatan nomor pada versi update Google Play Store, berarti memang Google tidak merilis versi yang tidak ada tersebut. Sebelum melakukan instalasi Google Play secara manual, kita wajib mendownload APK dari Google Play Store. Ada baiknya kita menggunakan versi terakhir saat ini, yaitu versi 6.0.5.

smartphone android aplikasi
Menjaga aplikasi tetap terupdate dengan Google Play Store. Credit: androidPIT

Perbedaan mendasar antara versi Google Play Store 6.0.5 dengan versi sebelumnya (versi 6.0) terletak pada tampilan dan font baru yang digunakan pada Google Play Store serta beberapa fitur baru yang didesain untuk Android 6.0 Marshmallow. Untuk mendapatkan Google Play Store dalam bentuk APK, kamu bisa download dari beberapa website penyedia APK file, salah satunya dari APK Mirror.

Cara Install Google Play Store secara Manual

Cara yang paling mudah untuk melakukan instalasi GOogle Play Store adalah dengan cara manual. File APK pada Android, hampir sama dengan file EXE pada komputer. Di samping download aplikasi melalui Google Play Store, kamu juga bisa menginstall secara manual aplikasi tanpa Play Store. Cara inilah yang akan kita gunakan untuk menginstall Google Play Store.

Baca juga:  Cara Mudah Transfer Lagu dari iTunes ke Android

Ada dua cara untuk menginstall APK Google Play Store, yaitu langsung dari smartphone atau juga melakukan instalasi dengan komputer. Namun cara pertama jauh lebih mudah dan singkat.

Sebelum melakukan instalasi, pastikan aktifkan opsi ‘Unknown Sources‘ melalui Settings -> Security kemudian berikan tanda centang pada kotak di belakang Unknown Sources. Jangan lupa untuk kembali menonaktifkan opsi Unknown Sources ini setelah selesai instalasi Google Play agar tidak ada aplikasi selain dari Play Store yang bisa diinstall pada smartphone kamu.

Langkah selanjutnya, gunakan browser pada smartphone untuk mendownload APK untuk versi terbaru Google Play Store. Kamu bisa mendownload dari XDA Developer atau APK Mirror.

Simpan file APK tersebut pada smartphone, klik OK jika ada peringatan bahwa file tersebut berbahaya. Selanjutnya, jalankan file Google Play Store.APK (bisa langsung dari notifikasi ketika download selesai atau dari file explorer), baca permissions pada saat instalasi Play Store kemudian pilih Install.

Tunggu sampai selesai dan Google Play sudah terinstal dengan baik pada smartphone androidmu. Kamu bisa mulai menggunakan Google Play dengan mendaftar akun gmail baru atau login dengan akun yang sudah ada.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …