Home / Tips n Trik / Cara Melakukan Screenshot pada Android Lollipop
cara membuat screenshot lollipop

Cara Melakukan Screenshot pada Android Lollipop

Android Lollipop adalah salah satu sistem operasi Android yang paling digunakan saat ini, yang terbagi antara android versi 5.0 dan 5.1.1. Seiring dengan sedikit ‘lambatnya’ perkembangan android 6.0 MarshMallow, Lollipop menjadi pilihan banyak pengguna karena bisa dibilang sangat stabil. Seperti yang kita tahu, screenshot kini sudah menjadi kebutuhan harian pengguna smartphone baik untuk menunjukkan apa yang sebenarnya ada pada layar smartphone ataupun untuk sekedar pamer level yang kita dapatkan pada suatu game. Dan bagi anak hipster masa kini, screenshot bisa digunakan untuk menunjukkan ke banyak orang kata-kata romantis dari pacar untuk diupload di media sosial seperti Instagram dan sebagainya. Artikel ini akan menjelaskan cara apa saja yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot pada Android Lollipop.

Cara Melakukan Screenshot pada Android Lollipop

Menggunakan Tombol Combo Untuk Membuat Screenshot

Ada cara paling mudah untuk membuat screenshot dengan OS Android Lollipop 5.0 atau yang lebih tinggi. Terdapat kombinasi tombol yang memang didesain untuk melakukan screenshot. Kamu cukup menekan tombol Power dan Volume Down untuk melakukan screenshot. Alternatif lainnya kamu perlu menekan tombol Power dan tombol Home pada waktu yang sama. Setelah itu akan muncul flash pada layar yang menandakan bahwa kamu telah membuat screenshot dengan benar. Selanjutnya kamu dapat mengecek hasil screenshot melalui Gallery pada folder Screenshots.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini untuk membuat screenshots dengan tombol.

screenshot dengan lollipop

Menggunakan Apowersoft Screenshot

Apowersoft adalah aplikasi yang sangat bagus untuk membuat screenshot tanpa memerlukan akses root. Apowersoft juga dilengkapi browser bawaan untuk membuat screenshot pada halaman web yang diakses.

Apowersoft Screenshots memberikan fitur image editor yang bisa kamu gunakan untuk mengolah hasil screenshot misalnya melakukan cropping, menambahkan teks maupun simbol-simbol lainnya langsung setelah membuat screenshot. Apowersoft juga memungkinkan untuk menyimpan image pada cloud space yang diberikan secara cuma-cuma.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Meizu Pro 6 (2016)

Adapun untuk menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Download dan Install aplikasi Apowersoft Screenshots kemudian jalankan aplikasi. Tap tombol Start kemudian tekan OK pada pop up yang muncul.

Tampilkan pada layar apa yang akan kamu screenshot kemudian tekan secara bersama-sama tombol power dan volume down (atau power dan home) sampai kamu melihat flash pada layar smartphone. Selanjutnya aplikasi langsung akan membuka hasil screenshot pada emage editor sehingga kamu langsung bisa mengolahnya. Tekan tombol Done kemudian Save untuk menyimpan hasil olahan screenshot.

apowersoft screenshot

Kamu juga bisa mengubah lokasi penyimpanan melalui Settings -> Image save path kemudian pilih folder yang kamu inginkan.

Menggunakan Super Screenshot

Aplikasi Super Screenshot adalah aplikasi gratis, simpel dan sangat ringan untuk membuat screenshot pada ponsel Android. Super screenshot tidak membutuhkan rooting sehingga kamu dapat dengan mudah melakukan screenshot dan melakukan editing dengan aplikasi ini.

Menggunakan Screenshot Ultimate

Aplikasi Screenshot Ultimate memiliki beberapa variasi metode yang bisa kamu lakukan untuk membuat screenshot. Kamu bisa menekan overlay icon, shake, input audio, menekan tombol search dan sebagainya. Selain membuat screenshot, Screenshot Ultimate juga memiliki fitur image editor. Sayangnya untuk menikmati semua fitur aplikasi ini smartphone yang digunakan harus sudah di-root.

Demikian tadi adalah cara melakukan screenshot pada Android Lollipop. Kamu bisa memilih sendiri cara yang paling cocok dengan smartphone yang kamu miliki dan fitur-fitur yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat 🙂

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …