Tuesday , December 12 2017

Cara Mematikan Search Suggestions Mozilla Firefox

Firefox baru saja meluncurkan update terakhir di tahun 2015 yaitu versi 43. Firefox 43 membawa beberapa perubahan dan fitur baru, salah satunya adalah Search Suggestions. Sugesti atau rekomendasi pencarian diberikan ketika kamu mengetik sesuatu pada search bar. Search Suggestions ini diberikan langsung oleh search engine secara otomatis.

Kita mungkin telah mengenali search suggestions ini seperti live search yang biasa kita jumpai pada mesin pencarian Google. Search suggestions akan memberikan rekomendasi yang relevan dengan apa yang ingin kita cari sehingga kita akan mendapatkan informasi tambahan yang bisa melengkapi apa yang kita butuhkan. Secara teori, hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kita khususnya ketika kita sedang melakukan pencarian terhadap informasi yang kita belum ketahui secara menyeluruh atau informasi yang abu-abu.

Namun jika ternyata kamu sudah mencoba fitur tersebut dan ternyata kamu tidak suka, kamu bisa dengan mudah menonaktifkan fitur search suggestions Firefox ini. Firefox memang tidak memaksa penggunanya untuk selalu menggunakan fitur baru sehingga Firefox juga selalu akan memberikan kemudahan untuk menonaktifkan fitur baru mereka.

Untuk menonaktifkan search suggestions, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Langkah pertama: Klik icon menu pada pojok kanan atas kemudian klik menu Options.

Langkah kedua: Setelah terbuka jendela Preferences, arahkan pada tab Search yang berada di bawah tab General. Kamu juga bisa mengetik ‘about:preferences#search‘ tanpa tanda kutip pada address bar untuk langsung menuju pada pengaturan Search Firefox.

Baca juga:  Mozilla Luncurkan Firefox 10 Untuk iOS Dengan Desain Baru

Langkah ketiga: Pada bagian ini, kamu dapat melihat pengaturan Search diantaranya adalah Default Search Engine yang terletak pada posisi paling atas. Kamu bisa memilih Search Engine default yang kamu suka dan tepat di bawahnya kamu dapat menonaktifkan search suggestions dengan menghilangkan tanda centang pada pilihan Provide search suggestions.

turn off search suggestions firefox
Cara menonaktifkan search suggestions

Jika kelak kamu ingin mengaktifkannya kembali, kamu cukup memberikan tanda centang pada opsi tersebut atau ketik sesuatu yang akan kamu cari pada address bar dan Firefox akan menawarkan opsi untuk mengaktifkan Search Suggestion. Klik pada penawaran tersebut dan Search Suggestion akan otomatis diaktifkan.

Fitur Search Suggestions ini sebenarnya sudah ada sejak lama pada Google Chrome, namun sejak pada Firefox 43, fitur ini pun sudah diimplementasikan pada Mozilla Firefox.

About Rian

SEO enthusiast.