Home / Featured / Cara Membuat Blur Pada Video YouTube

Cara Membuat Blur Pada Video YouTube

cara membuat blur pada youtube

YouTube Editor baru saja menawarkan fitur menarik untuk membuat blur bagian tertentu pada sebuah video. Blur yang diberikan pun bisa diatur sedemikian rupa bentuk dan durasinya. Meskipun sebelumnya YouTube Editor telah menyediakan cara yang mudah untuk membuat blur bagian wajah secara otomatis akan tetapi fitur blur untuk bagian tertentu pada video sesuai dengan keinginanmu baru saja dimungkinkan.

Sebagai pengguna YouTube terkadang kita harus memperhatikan etika yang harus kita jaga pada saat menggunggah video. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk bisa menjaga hal-hal yang kurang pantas untuk diunggah, salah satunya dengan menggunakan blur.

Simak langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuatnya. Sebagai contoh, kita menggunakan salah satu video yang ada di bawah ini.

Langkah 1: Upload video ke YouTube dan tunggu hingga proses selesai. Atau jika kamu sudah memiliki video pada YouTube, klik tombol Enhancement tepat pada bagian bawah video.

youtube enhancement
Klik Enhancement

Langkah 2: Klik pada Blurring Effect dan kamu akan diberikan dua buah pilihan.

blur effect youtube
Blur Effect

Pada pilihan pertama untuk Blur Face digunakan untuk memberikan efek blur pada wajah. Klik Apply untuk membuat blur bagian wajah secara otomatis.

Bagian Custom Blurring digunakan untuk membuat bagian tertentu menjadi blur. Klik tombol Edit pada sisi kanan untuk mulai membuat efek blur.

Langkah ketiga: Klik lalu tarik cursor pada video kemudian akan muncul sebuah kotak yang dapat diubah ukurannya. Drag kotak tersebut ke frame video yang akan diblur dan kamu dapat menentukan ukuran kotak tersebut sebagai salah satu syaratnya. Terakhir kamu dapat menentukan durasi blur yang diberikan pada video yang kamu miliki. Tentukan lebar tab pada timeline untuk mengubah durasi yang diberikan.

Baca juga:  Siaran Live Streaming YouTube Kini Bisa Lewat Smartphone, Begini Caranya!
custom blurring youtube
Custom Blurring Youtube

Secara default, object yang terpilih dijadikan blur akan secara otomatis terdeteksi oleh YouTube ketika pemrosesan video. Akan tetapi jika kamu tidak menginginkan objek terdeteksi secara otomatis dan merasa lebih baik untuk memilih sendiri secara spesifik bagian yang akan dibuat blur pada video, klik pada Pin didalam timeline seperti pada gambar di atas.

Setelah selesai menambahkan efek blur pada video, klik tombol Done untuk memulai proses pembuatan efek blur pada video.

Bagaimana, sangat mudah kan untuk membuat blur video pada YouTube? Kamu pun dapat melakukannya bahkan dalam hitungan menit.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Smartfren Andromax E2 c

Smartfren Andromax E2 Spesifikasi Menawan 4G LTE Harga Di Bawah 1 Juta

Smartfren Andromax E2 Spesifikasi Menawan 4G LTE Harga Di Bawah 1 Juta – Smartphone 4G …