Home / Gadget / Android / Cara Membuat Local Web Server pada Android
ksweb android web server

Cara Membuat Local Web Server pada Android

Jika kamu berprofesi sebagai Web Developer, kamu pasri sering menjumpai keadaan dimana kita perlu untuk melakukan tes terhadap website atau aplikasi yang sedang kita kembangkan dan kita pasti menginginkan sedikit fleksibilitas sehingga kita bisa meningkatkan produktifitas.

Selama ini, mungkin kita hanya terpaku pada komputer atau laptop yang kita gunakan untuk developing dan debugging namun seiring dengan perkembangan teknologi yang memaksa kita selalu menggenggam ponsel pintar dimanapun kita berada, kita mungkin perlu memperluas area kerja dari PC saja hingga ke smartphone android. 

Untuk mendukung produktifitas developing website pada android, salah satu aplikasi yang dibutuhkan adalah web server. KSWEB web server for android merupakan web server yang paling direkomendasikan karena mencakup beberapa fitur seperti di bawah ini:

1. lighttpd server v1.4.35 (SSL)

2. nginx v1.7.3 (SSL)
3. PHP v5.6.2 (SSL)
4. MySQL v5.6.19
5. msmtp v1.4.32
6. Web Interface v1.2

KSWeb

Instalasi KSWEB

Untuk mulai menggunakan KSWEB web server kamu perlu mendownload dan menginstall KSWEB langsung dari Google Play Store. Aplikasi ini memberikan kesempatan trial selama 6 hari dan kamu akan diminta membayar sebesar $2.99 jika ingin tetap menggunakannya. Harga yang sangat murah untuk tools yang sangat berguna bagi developer.

Konfigurasi Web Server

Ketika kamu sudah mulai menjalankan aplikasi KSWEB, kamu bisa langsung mengakses url “localhost:8080” pada browser di smartphone kamu atau dengan mengakses IP Address yang dimiliki ponsel android jika menggunakan Wi-Fi dari PC lain pada jaringan yang sama. KSWEB akan menampilkan halaman default.

Baca juga:  Cara Mengatur Default Tipe Koneksi USB pada Android 6.0 Marshmallow

Secara default, username dan password standar adalah “admin” dan “admin”. Kamu lebih baik segera menggantinya dengan alasan keamanan. Untuk masuk ke control panel admin, kamu bisa masuk melalui URL “127.0.0.1:8001”.

Konfigurasi phpMyAdmin

PhpMyAdmin pada KSWEB dapat diinstall dari tab tools pada tampilan awal aplikasi. PhpMyAdmin berukuran sekitar 7MB dan ketika kamu sudah menginstallnya kamu dapat mengakses via 127.0.0.1:8000. Gunakan username “root” tanpa password untuk masuk.

Memilih Web Directory

Secara default root directory akan berada pada SD Card di dalam folder htdocs. Jika ingin menggantinya pada directory lain, kamu bisa mengubahnya dari tab Lighttpd.

Dengan demikian web server lokal sudah bisa beroperasi pada smartphone androidmu. Selanjutnya kamu bisa memindahkan project dari PC ke smartphone dengan cara manual atau kamu bisa melakukan setting ulang website yang sedang kamu bangun. Misalnya untuk menginstall wordpress, kamu bisa mendownload file instalasi WordPress kemudian ekstrak pada directory htdocs dan lanjutkan instalasi WordPress seperti biasa.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …