Tuesday , December 19 2017

Cara Menampilkan Kembali Kontak WhatsApp Yang Hilang (Tidak Muncul)

Cara Menampilkan Kembali Kontak WhatsApp Yang Hilang (Tidak Muncul)

Cara menampilkan dan mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang – Dari sekian banyak aplikasi messenger gratis, WhatsApp termasuk yang sering digunakan oleh para pengguna smartphone. Memang aplikasi satu ini memiliki banyak kelebihan. Bisa dikatakan kalau aplikasi whatsapp termasuk yang paling mudah digunakan, simple namun cepat.

Terlebih whatsapp termasuk aplikasi yang ringan dan tidak membebani ram ponsel kita. Wajarlah jika para pengguna smartphone menjadikan whatsapp sebagai sarana utama dalam mengirim pesan dan telepon. 

Akan tetapi ada kalanya para pengguna mengalami beberapa masalah ketika menggunakan aplikasi whatsapp. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Jika kamu mengalami hal ini tidak perlu panik. Karena terkadang penyebab masalahnya beragam, bisa jadi karena kita sendiri yang belum begitu begitu menguasai settingan yang telah disediakan oleh aplikasi whatsapp serta berbagai tipsnya.( Baca juga : 11 trik Whatsapp yang mungkin belum kamu ketahui)

Ada Beberapa Penyebab Kontak WhatsApp Hilang dan Tidak Tampil

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna adalah kontak whatsapp yang tidak mau muncul dan tiba tiba menghilang. Ada beberapa penyebab dari masalah ini. Salah satunya karena aplikasi WhatsApp di ponsel kamu kesulitan ketika membaca semua kontak di Internal Card dan SIM Card.

Penyebab yang lainnya adalah adanya izin pada aplikasi whatsapp yang tidak lengkap sehingga membuat aplikasi ini tidak bisa menampilkan kontak sama sekali. Atau ketika ponsel kamu terlalu banyak mengakses aplikasi secara berlebihan sehingga memnuat aplikasi whatsapp di ponsel kamu error dan kontak hilang.

Masalah kontak WhatsApp yang tidak bisa muncul ini bisa terjadi di pada semua ponsel dan tablet android seperti Samsung Galaxy, Xiomi, Advan, Smartfreen Andromax, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone HTC, LG, Motorola, Vivo, ZTE, Acer, EverCross, Sony Experia, Meizu, dan lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini tim lemoot ulas tentang cara menampilkan kembali kontak WhatsApp yang Hilang dan tidak muncul.

Cara 1 : Cek Setelan “Kontak” WhatsApp

Perlu kamu ketahui jika di  aplikasi WhatsApp terdapat beberapa pilihan untuk menampilkan kontak WhatsApp. Jika kamu tidak tahu atau tidak menerapkannya, kemungkinan besar inilah penyebab Kontak WhatsApp kamu tidak muncul semua. Untuk itu lakukan cek dan pastikan settingan tersebut benar.

  • Caranya  buka WhatsApp, lalu klik icon pada bagian pojok kanan atas-> Setelan -> Kontak-> kemudian centang pada opsi “ Tampilkan Semua Kontak”. Maka secara otomatis Kontak pada whatsapp akan tampil semuanya. 

 

Tampilkan-semua-kontak-Whatsapp

Cara 2 : Ijinkan Aplikasi WhatsApp Untuk Mengakses Kontak

Pada beberapa ponsel Android yang sudah update ke Marsmallow 6.0, ada settingan tertentu mengenai hak akses aplikasi yang harus di atur sendiri. Untuk itu, lakukan pengecekan pada Ijin tersebut apakah sudah benar ataukah belum.

  • Cara cek ijin Aplikasi, masuk pada menu Settings -> Apps -> WhatsApp kemudian tap “App Permissions” dan aktifkan opsi “Contacts” dengan menggeserkan tombol sampai berwarna hijau dan aktif.

Cara 3 : Paksa Dan Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Jika dengan 2 cara diatas ternyata belum berhasil mengatasi kontak WhatsApp yang tidak tampil, Maka cobalah untuk menghentikan paksa kemudian hapus data aplikasi WhatsApp. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah KontakWhatsapp yang tidak mau tampil. Untuk caranya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka menu Pengaturan -> Aplikasi -> tap Unduhan-> lalu cari aplikasi WhatsApp, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan terakhir “Hapus Data”.

Cara 4 : Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika setelah menggunakan cara ketiga di atas belum juga berhasil, maka mau tidak mau kamu harus menghapus Aplikasi WhatsApp kemudian menggantinya dengan yang baru.

Setelah Aplikasi WhatsApp dihapus, jangan untuk membersihkan cache , lalu kamu reboot Smartphone kamu setelah itu barulah menginstall WhatsApp langsung melalui Google Play Store. Untuk mencopot aplikasi WhatsApp,  ikuti langkah – langkahnya di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan-> Aplikasi-> tap Unduhan-> cari aplikasi WhatsApp, kemudian tap “Copot Pemasangan”. 

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, semoga aplikasi WhatsApp di ponsel kamu bisa menampilkan kontak kembali. Sebagai tips tambahan, supaya Android kamu tidak sering error, jangan lupa untuk menginstall Aplikasi Cleaner agar ponsel kamu tetap optimal dan bersih dari file-file sampah. 

Demikian beberapa cara mengatasi kontak WhatsApp yang hilang dan tidak mau tampil. Jika kamu ada pertanyaan atau komentar, langsung saja tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Baca juga:  Cara menghentikan WhatsApp Share Data Akun ke Facebook

About Hayart

Internet Marketing enthusiast.

آپلود عکس