Home / Gadget / Android / Cara Mengatur Default Tipe Koneksi USB pada Android 6.0 Marshmallow
mencicipi fitur android marshmallow

Cara Mengatur Default Tipe Koneksi USB pada Android 6.0 Marshmallow

Jika kamu adalah saalah satu pengguna yang beruntung mendapatkan update Android 6.0 pada smartphone yang kamu gunakan, kamu pasti kamu pernah mengalami hal ini setiap mengkoneksikan perangkat androidmu dengan PC melalui kabel data. Smartphone dengan OS Android 6.0 akan menjalankan mode charging ketika dikoneksikan dengan PC. Pengaturan charging ini memang secara default merupakan pilihan mode yang ada pada Android Marshmallow.

Jika kamu ingin mentransfer foto dari ponsel ke PC, kamu harus membuka panel notifikasi kemudian tekan ikon koneksi USB kemudian pilih MTP Protocol atau PTP Protocol untuk mengakses file yang ada pada ponsel. Pada Sistem Operasi Android sebelum Marshmallow, terdapat sebuah pilihan pengaturan untuk menentukan default tipe koneksi USB sehingga kita tidak perlu mengulang-ulang memilih mode tetentu ketika smartphone terkoneksi dengan PC. Namun pada Android 6.0 Marshmallow pilihan tersebut sepertinya menghilang tetapi sebenarnya opsi tersebut bisa kita akses hanya jika kita telah mengaktifkan fitur Developer Mode.

Cara Mengatur Default Tipe Koneksi USB pada Android 6.0 Marshmallow

Sebelum mengatur mode default koneksi USB, kamu wajib mengaktifkan fitur Developer Options terlebih dahulu. Masuk ke Settings -> About Phone -> kemudian tekan Build Number sebanyak 7 kali. Jika fitur Developer Options telah aktif, kamu bisa segera melakukan langkah berikutnya untuk membuat mode default pada USB Connection.

Selanjutnya, buka Settings kemudian pilih Developer Options. Scroll ke bawah pada bagian Networking dan kamu akan melihat opsi ‘Select USB Configuration’. Tekan opsi Select USB Configuration Options kemudian pilih mode yang akan dijadikan sebagai default ketika smartphone terkoneksi dengan PC melalui USB. Kamu bisa memilih PTP atau MTP jika yang kamu inginkan adalah transfer foto atau file media yang lainnya.

Baca juga:  Cara Mengatasi DP (Display Picture) BBM Tidak Muncul dan Tertukar

android marshmallow default mode usb

Jika sudah memilih, selanjutnya adalah mencoba pengaturan yang baru saja kita buat. Hubungkan smartphone Android dengan PC melalui kabel USB lalu tunggu. Ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu Windows Explorer akan langsung mendeteksi drive smartphone atau sebaliknya Windows Explorer belum mengenali smartphone. Windows akan mencari driver yang sesuai dengan smartphone kamu dan akan menginstall driver jika diperlukan. Selama proses instalasi, jangan lepaskan koneksi USB antara PC dan smartphone sampai dengan Windows selesai menginstall driver. Selanjutnya jika nanti kamu mengkoneksikan kembali smartphone dengan PC maka secara otomatis PC akan mendeteksi mode default yang telah kamu tentukan di awal.

Bagaimana, mudah bukan untuk mengubah mode koneksi USB pada Android 6.0? Tulis komentar kamu di bawah ini, ya!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …