Home / Tips n Trik / Cara Mengetahui Nomor IMEI pada Smartphone Android
cara melihat IMEI android

Cara Mengetahui Nomor IMEI pada Smartphone Android

Nomor IMEI merupakan kode unik yang dimiliki oleh masing-masing ponsel, tak terkecuali pada smartphone Android. Nomor IMEI pada smartphone Android bisa kamu temukan dengan berbagai cara. Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melihat nomor IMEI pada smartphone Android. Nomor IMEI ini juga bisa kamu gunakan untuk mencocokkan apakah ponsel Android yang kamu miliki asli atau palsu.

Mencari IMEI dari Dialer

Cara mencari IMEI menggunakan Dialer adalah cara paling mudah dan cepat untuk melihat nomor IMEI pada smartphone Android. Cara klasik yang sudah sejak dulu kala digunakan pada ponsel-ponsel jadul ini ternyata masih ada pada smarphone Android. Cukup dengan memasukkan kode bintang pada dialer kamudian akan muncul popup yang berisi nomor IMEI smartphone Androidmu.

Tekan kode *#06# pada keypad seperti saat kita akan melakukan panggilan telepon. Secara otomatis IMEI akan ditampilkan pada layar dalam bentuk pop up message. Kamu tidak perlu menekan tombol Dial karena nomor IMEI akan langsung ditampilkan ketika kamu selesai menulis kode bintang.

cara melihat imei android dari dialer
Melihat IMEI dari Dialer

Melihat IMEI dari Settings/Pengaturan

Untuk menemukan kode IMEI langsung dari smartphone Android, kamu juga bisa mendapatkannya dari Settings alias Pengaturan. Tidak semua samrtphone Android memiliki langkah-langkah yang sama untuk mengakses nomor IMEI melalui Pengaturan. Hanya saja secara garis besar langkah yang harus dilakukan tidak jauh berbeda.

Buka Settings / Pengaturan -> About Phone / Tentang Ponsel -> Status kemudian cari pada kolom IMEI.

Baca juga:  3 Ponsel Android Dengan Kamera Terbaik Februari 2016

melihat imei android dari pengaturan settings

Jika kamu perhatikan, nomor IMEI yang muncul disini akan sama dengan yang kita dapatkan dengan kode bintang *#06#.

Cara Melihat Kode IMEI dari Google Dashboard

Masih ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk melihat nomor IMEI. Cara ini bisa kamu lakukan seandainya smartphone yang akan kamu cek IMEI-nya sedang tidak kamu pegang.

Buka Google Dashboard kemudian pastikan kamu telah login menggunakan akun Google yang sama dengan akun yang ada pada smartphone Android yang akan dicek nomor IMEI. Pada bagian Android, tap tombol segitiga kecil di sebelah kiri dan kamu akan mendapatkan review singkat smarphone Android yang kamu miliki beserta dengan nomor IMEI ponsel tersebut. Sangat praktis, kan?

melihat imei android dari google dashboard
Melihat IMEI dari Google Dashboard

Selain dengan cara di atas, kamu masih bisa menemukan nomor IMEI smartphone langsung pada bagian body ponsel yang tertutup baterai. Cara ini bisa kamu gunakan ketika dan jika ponsel Androidmu dalam kondisi mati. Punya cara lain untuk melihat nomor IMEI dengan mudah? Tulis pada kolom komentar di bawah ini.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …