Home / Gadget / Android / Cara Menggunakan Fitur Doze pada Android Kitkat dan Lollipop

Cara Menggunakan Fitur Doze pada Android Kitkat dan Lollipop

Kita semua tahu bahwa daya tahan baterai adalah salah satu parameter yang kita pertimbangkan pada saat akan membeli smartphone baru. Meskipun hampir semua smartphone baru selalu menawarkan daya tahan baterai yang lama namun pada kenyataannya jauh dari yang diharapkan dan hanya sebatas strategi marketing semata.

Untuk itu kita harus bisa memaksimalkan sendiri penggunaan smartphone agar baterai yang digunakan bisa bertahan lebih lama. Daya tahan baterai bergantung pada aplikasi apa saya yang kamu install pada perangkatmu dan seberapa banyak aplikasi tersebut mengkonsumsi daya baterai pada saat aplikasi berjalan pada background.

Android Marshmallow telah memperkenalkan fitur baru yang bisa membatasi penggunaan daya baterai ketika aplikasi berjalan pada background. Fitur yang diberi nama Doze ini berjalan otomatis dan kamu tidak bisa mengatur Doze berjalan atau berhenti. Kamu hanya bisa mengatur atau mengecualikan aplikasi apa saja yang tidak dihentikan oleh Doze. Masalahnya, jika kamu menggunakan versi android terdahulu seperti Androit 4.0 Kitkat atau Android 5.0 Lollipop kamu tidak secara otomatis mendapatkan fitur tersebut. Tetapi kini sudah ada aplikasi Doze yang gratis dan bisa kamu dapatkan dari Google Play Store untuk menikmati fitur Doze.

Doze
Install Doze dari Play Store

Kamu cukup menginstall Doze dan kemudian menjalankan aplikasi tersebut. Doze secara otomatis akan berjalan dengan sendirinya, sama persis dengan fitur Doze pada Android Marshmallow. Aplikasi Doze ini juga mempunyai menu agar kamu bisa menambah aplikasi yang diizinkan tetap berjalan ketika smartphone kamu masuk ke dalam mode Doze. Seperti pada artikel sebelumnya, aplikasi chat yang dirasa penting sebaiknya tetap diizinkan berjalan ketika berada pada mode Doze agar kamu tidak kehilangan momen-momen penting dan mendesak.

Baca juga:  5 Aplikasi Torrent Android Terbaik dan Paling Cepat

Aplikasi Doze ini akan berjalan pada background dan mulai masuk ke mode Doze ketika daya baterai mulai melemah. Ini yang membedakan antara aplikasi Doze dan Doze bawaan android Marshmallow yang mengijikan kamu untuk menghidupkan dan mematikan mode Doze sesuai kehendakmu.

Disisi lain, fitur yang dimiliki Aplikaso Doze ini masih membutuhkan pengembangan yang lebih baik. Misalnya, aplikasi Doze juga harus memiliki fitur penjadwalan otomatis masuk ke mode Doze dan juga fitur berapa limit daya baterai untuk bisa mulai menjalankan mode Doze. Namun, aplikasi Doze ini sangat bermanfaat bagi kamu yang masih menggunakan sistem operasi android terdahulu dan belum berniat mengupgrade ke Android Marshmallow.

Download Doze dari Google Play Store

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Smartfren Andromax Qi

Spesifikasi Dan Harga Smartfren Andromax Qi 4G LTE April 2017

Spesifikasi Dan Harga Smartfren Andromax Qi 4G LTE Januari 2016 – Smartfren adalah salah satu …