Home / Gadget / Android / Cara Menggunakan Quick Reply dan Multiple Selection WhatsApp
Cara menggunakan quick reply whatsapp

Cara Menggunakan Quick Reply dan Multiple Selection WhatsApp

Sudahkah kamu melihat update WhatsApp terbaru? Yap, WhatsApp kini menambahkan beberapa fitur baru pada update yang mereka rilis. Pada aplikasi yang memiliki versi 2.12.560, kita akan mendapatkan fitur baru yaitu tombol reply pada notifikasi serta multiple selection dan action pada kontak dan grup.

Cara Menggunakan Quick Reply dari Notifikasi WhatsApp

Notifikasi WhatsApp kini mendapatkan sedikit perubahan pada update aplikasi kali ini namun tidak ada yang lebih menarik dari kemampuan untuk membalas secara cepat pesan WhatsApp tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp dan bahkan tanpa membuka percakapan. Notifikasi WhatsApp kini memiliki tombol Reply yang akan membuka pesan seperti pop-up.

whatsapp cara menggunakan quick reply

Ketika pesan masuk, tekan tombol Reply kemudian akan terbuka sebuah pop-up yang berisi pengirim pesan, isi pesan dan sejumlah pilihan untuk menjawab seperti text box, tombol emoji, tombol untuk merekam suara dan tombol untuk menutup pop-up yang berarti mengabaikan notifikasi serta tombol View untuk melihat percakapan penuh dalam aplikasi WhatsApp.

Multiple Selection/Action pada Kontak dan Grup

Pada WhatsApp versi sebelumnya, ketika kita tap pada foto profil atau grup yang ada di percakapan, kira akan melihat sebuah jendela yang berisi foto dalam ukuran lebih besar serta opsi untuk melihat info ataupun membuka chat. Untuk menjalankan action pada percakapan dengan kontak atau grup, kita harus menekan dan menahan lama pada nama atau bagian percakapan terakhir untuk mendapatkan daftar pilihan actions yang bisa dilakukan.

Namun kini, kita tidak akan menemukan lagi cara untuk mendapatkan foto profil lebih besar dan kita akan melihat cara lebih cepat untuk melakukan actions yaitu pada long-tap menu pada title bar aplikasi. Artinya, ketika kita melakukan tap pada foto profil maka akan muncul daftar menu yang bisa kita pilih.

Baca juga:  Mengatasi WhatsApp Pending,Ternyata Caranya Gampang Banget!

whatsapp multiple selection

Untuk percakapan pribadi (bukan grup) kamu akan mendapatkan menu Archive, Delete, Mute/Unmute, Add chat shortcut, view contact dan Mark as read/unread. Sedangkan untuk percakan grup akan terdapat sedikit perbedaan yaitu tambahan Leave group dan Group info.

Yang menarik adalah sekarang kamu bisa menyeleksi lebih dari satu percakapan untuk kemudian melakukan aksi yang sama, misalnya kamu akan mengarsip lima chat secara bersamaan atau mungkin kamu akan menandai telah terbaca pada dua percakapan sekaligus.

Fitur Multiple selection ini bisa kamu gunakan pada tab Percakapan / Chats dan Kontak / Contacts sedangkan pada tab Calls, fitur ini tidak bisa digunakan.

Jika ternyata WhatsApp yang kamu gunakan belum mendukung fitur ini, kamu bisa langsung mengupdate versi WhatsApp mu dari Google Play Store.

Ilustrasi: androidpolice.com, microchipsandgravy.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …