Cara Menghapus Dan Menonaktifkan Semua File QUICK ACCESS di Windows 10

quick access, windows 10, resent files, membersihkan quick access, nonaktifkan quick access

Cara menghapus semua file Quick Access di windows 10 – Bagi kamu pengguna windows 10 pasti sudah familiar dengan fitur Quick Access. Memang fitur quick access merupakan fitur yang sangat mencolok di File Explorer di Windows 10. Fitur ini akan menampilkan file dan folder yang baru saja kamu akses dan paling sering kamu akses. Jadi recent files ini akan memperlihatkan file yang baru-baru ini kamu buka seperti gambar, video, folder maupun dokumen dan file-file lainnya. Sewaktu kita mengakses File explorer di Windows 10, halaman yang akan ditampilkan pertama kali adalah Quick Access.

Fitur Quick Access di Windows 10 sangat membantu pekerjaan kita

Dengan fungsinya tersebut, memang fitur Quick Access ini sangat berguna dan membantu kita. Contohnya jika kita ingin membuka file atau folder yang sering kita akses tidak perlu lagi mencari folder-folder sehingga sedikit memakan waktu kita, akan tetapi cukup sekali klik saja kita sudah bisa mengaksesnya melalui Quick Access. Kemudian, kalau kita lupa lokasi suatu file atau folder yang baru kita buat, kita akan terbantu dengan adanya Quick Access ini. Karena fitur ini akan menampilkannya. Dan masih banyak tentunya keuntungan yang diberikan oleh fitur yang satu ini.

Walaupun fitur Quick Access sangat berguna dan membantu, tetapi ada beberapa pengguna yang ingin menghapus dan menonaktifkan file Quick Access di windows 10 ini. Terutama jika pengguna tersebut mempunyai dokumen atau file penting yang sifatnya rahasia. Ingat, fitur ini akan menampilkan folder dan file-file yang sering kita akses. Sedangkan kita pasti memiliki data-data yang menjadi privasi dan tidak boleh di akses oleh orang lain.

Ada kalanya kita harus menghapus file di Quick Access Windows 10

Namun, karena kita sering membuka data yang bersifat rahasia tersebut, besar kemungkinan akan muncul di baris pertama Quick Access. Nah, ketika ada orang lain memakai laptop/komputer kita, lalu membuka file explorer, pastinya dia secara tidak sengaja melihat file-file apa saja yang sering kita akses. Dengan begitu, orang tersebut bisa saja iseng membuka-buka data pribadi kita yang bersifat rahasia.

Baca juga:  Cara Menggunakan Launcher iPad pada Windows

Maka dari itu, bagi kamu yang sering membuka file penting maupun dokumen rahasia maka tidak ada salahnya untuk menonaktifkan fitur ini dengan alasan mengamankan file-file penting dan rahasia. Untuk caranya, di artikel ini kami bagikan Cara Menghapus Dan Menonaktifkan Semua File Quick Access di Windows 10.

Cara MENGHAPUS Semua File Quick Access di Windows 10

Jika kamu hanya ingin menghapus semua file quick access di komputer atau laptop kamu, lakukan cara berikut ini:

1. Buka File Explorer. Klik kanan Quick Access > Options.

 

quick access, windows 10, resent files, membersihkan quick access, nonaktifkan quick access

 

2. Pada bagian “ Open File Explorer “ pastikan pilih yang Quick Access. Kemudian pada bagian to “Privacy”, klik “Clear” untuk membersihkan history dari File Explorer, termasuk pada Quick Access.

 

quick access, windows 10, resent files, membersihkan quick access, nonaktifkan quick access

 

Nah dengan cara ini, maka semua file kamu di Quick Access akan terhapus semuanya. Lalu ada dari kamu yang bertanya-tanya bagaimana mensetting untuk menonaktifkan fitur Quick Access? Untuk menonaktifkannya lakukan langkah berikut ini:

Cara MENONAKTIFKAN Quick Access View di File Explorer Windows 10

  1. Buka File Explorer. Klik kanan Quick Access > Options.
  2.  Perhatikan kolom bagian Privacy . Hilangkan centang pada Show Frequently used folder in quick access ( nonaktifkan folder) dan Show Recently used Files in quick access (nonaktifkan file).

 

quick access, windows 10, resent files, membersihkan quick access, nonaktifkan quick access

 

3. Setelah itu Klik Apply dan OK

Kamu juga bisa mengganti agar ketika membuka File Explorer, Windows tidak akan lagi menampilkan menu Quick access, melainkan menggantinya menjadi menu This PC. Pada opsi “Open File Explorer to” ubah dari “Quick access” menjadi “This PC”.

Itulah Cara Menghapus Dan Menonaktifkan Semua File QUICK ACCESS di Windows 10. Jika kamu ada komentar atau pertanyaan seputar Quick Access, jangan ragu untuk menyampaikannya dengan menuliskannya di kolom komentar, ya!

Save

About Hayart

Adsense Fans.

Check Also

Fitur Fitur Yang Jarang Digunakan Pada Smartphone Android

Fitur-Fitur Yang Sia-Sia Pada Smartphone Android

Fitur Fitur Yang Jarang Digunakan Pada Smartphone Android – Banyak alasan untuk memilih Android sebagai …