Cara Mengirimkan Lokasi Palsu (Fake Location) di WhatsApp

Pasangan kamu sensitif dan sering kepo dimana kamu sedang berada? Atau Bos kamu sering bertanya lokasi kamu melakukan pekerjaan? Perkembangan teknologi kini bisa memicu pasangan, bos ataupun ada orang lain yang memaksa kamu mengirimkan lokasi tempat kamu berada melalui WhatsApp.

Kamu mungkin pernah ada pada situasi ini dimana kamu telah memberikan informasi yang ‘tidak benar’ tentang lokasi dimana kamu berada dan kamu ingin memberikan fake location (lokasi palsu) pada mereka di WhatsApp. Kamu mungkin pernah merasa tidak nyaman pada keadaan ini dan kini kamu bisa mengetahui cara mengirimkan lokasi palsu di WhatsApp dan menyelamatkan hidupmu untuk sementara.

Pssst, tapi artikel ini juga bermanfaat bagi kamu yang merasa ‘sering’ dibohongi pasangan kamu dalam mengirimkan lokasi lho. Simak perbedaan antara lokasi asli hasil GPS dan lokasi palsu yang dikirimkan melalui WhatsApp.

Untuk mengirimkan lokasi (location) pada WhatsApp, kamu harus menyalakan GPS location services. Masuk ke Settings atau Pengaturan untuk menyalakan Location Services.

Buka WhatsApp kamu dan bukalah percakapan dengan orang atau grup yang akan kamu kirim lokasimu. Pilih tombol Attachment kemudian pilih Share Location.

Untuk mengirimkan lokasi asli dimana kamu berada, langsung tekan tombol Send Your Location yang ada pada layar ponsel. Sedangkan untuk mengirim lokasi palsu (fake location), ketik lokasi palsu yang ingin kamu kirimkan pada kolom Search di atas layar. Klik Search kemudian pilih lokasi hasil pencarian untuk dikirimkan. Dengan demikian kamu telah berhasil mengirimkan lokasi palsu tersebut.

Baca juga:  Alasan Mengapa Harga Smartphone Xiaomi Yang Murah

Secara umum, cara ini bisa digunakan bagi pengguna Android maupun iPhone. Hanya terdapat sedikit perbedaan pada tombol attchment untuk mengirimkan attachment dan menggunakan alat pencarian guna mengirimkan lokasi palsu. Sebagai catatan, kamu wajib menghidupkan GPS atau Location Services.

Lalu, bagaimana dengan cara mengetahui lokasi tersebut asli atau palsu? Bagi kamu yang merasa curiga, kamu bisa memperhatikan perbedaan lokasi asli dimana dia berada dan lokasi palsi yang mencoba dikirimkan.

Jika lokasi yang dikirimkan adalah lokasi palsu, lokasi yang muncul pada layar ponselmu adalah teks alamat dan pin merah pada peta yang berada diatasnya. Dan jika orang tersebut mengirimkan lokasi asli, yang muncul di layar hanyalah pin merah dalam peta saja dan tidak ada alamat yang ditampilkan. Simak gambar berikut untuk mengetahui perbedaannya.

Perbedaan antara lokasi Asli GPS dan Fake Location
Perbedaan antara lokasi Asli GPS dan Fake Location

Bagaimana, sudah tahu kan cara mengirimkan lokasi palsu di WhatsApp? Atau kamu justru ingin tahu cara membedakan lokasi asli dan palsu? Dengan ini kamu bisa mengetahui berapa teman kamu yang sering berbohong pada saat mengirimkan lokasi dimana dia berada.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Ampuh Kembalikan Performa iPhone yang LemotCara Ampuh Kembalikan Performa iPhone yang Lemot

Cara Ampuh Kembalikan Performa iPhone Yang Lemot

Cara Ampuh Kembalikan Performa iPhone Yang Lemot – Build quality yang bagus menjadi alasan banyak …