Wednesday , July 26 2017

Cara Mengukur Kecepatan Loading Website

PageSpeed Insight oleh www.WPBeginner.com

Salah satu elemen penting untuk mendukung eksistensi website kita adalah kecepatan loading website. Menurut penelitian yang dilakukan, orang akan menutup website jika lebih dari 10 detik website tersebut belum terbuka sepenuhnya. Dalam akses melalui mobile phone, waktu yang diberikan pun lebih singkat lagi, karena orang cenderung tidak sabar untuk segera membaca konten yang ia inginkan.

Begitu pentingnya kecepetan loading website kita sehingga kita harus mampu benar-benar mengontrol apa saja yang membuat loading web terasa lambat, mulai dari performa server, media yang diunggah ke web, hingga file-file pendukung website itu sendiri.

Ada beberapa cara untuk mengetahui seberapa cepat loading website kita. Namun kali ini kita membahas 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kecepatan loading website kamu, yaitu Google PageSpeed Insight dan Pingdom Tools.

1. Mengukur kecepatan loading website dengan Google PageSpeed Insight

Google menyediakan tools untuk melihat seberapa kecepatan loading website kamu. Untuk mengukur kecepatan loading website kamu, kamu bisa langsung masuk ke halaman Google PageSpeed Insight lalu login dengan menggunakan akun google-mu.

Menggunakan Google PageSpeed Insight
Menggunakan Google PageSpeed Insight

Ketik alamat url web kamu lalu klik Analize. Google PageSpeed akan melakukan analisa dengan cepat lalu menampilkan hasilnya di layar. Google menggunakan skala 100 dan membedakan hasil analisa melalui tampilan mobile dan desktop.

Baca juga:  Kebiasaan di Internet Yang Harus Kamu Hindari Agar Tidak Terkena Hack

Selain memberitahukan hasil analisa kecepatan loading website, PageSpeed juga memberikan saran rekomendasi apa yang perlu diperbaiki untuk mempercepat loading website.

Diantaranya adalah, mempercepat server response, memanfaatkan cache browser, mengoptimalkan gambar, mengkompress CSS dan JavaScript serta kompresi HTML. Semua rekomendasi disertai contoh dan penjelasan sehingga kamu dengan mudah mengikuti petunjuk tersebut untuk dapat mempercepat loading website kamu.

2. Menggunakan Pingdom
Pingdom tools adalah salah satu website untuk mengetahui kecepatan loading web kamu. Untuk melakukannya kamu tinggal langsung mengakses web mereka pingdom.com. Masukkan url pada kolom kemudian klik Test Now.

Test loading website dengan pingdom tools
Test loading website dengan pingdom tools

Pingdom akan menganalisa website kamu dan menampilkan hasilnya. Sama seperti PageSpeed, Pingdom juga akan menampilkan hasil berupa nilai dalam skala 100, jumlah request, lama waktu yang dibutuhkan dan besar ukuran halaman website kamu. Kamu bisa mendownload HAR untuk mengetahui apa yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat loading website dan bisa men-share hasil analisa kecepatan loading website kamu ke Twitter, Facebook dan Email.

 

Hasil test dengan Pingdom Tools
Hasil test dengan Pingdom Tools

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mudah Backup Data iPhone dan iPad Untuk Mengantisipasi Hal-Hal Yang Tak Kamu Inginkan

Cara Mudah Backup Data iPhone dan iPad Untuk Mengantisipasi Hal-Hal Yang Tak Kamu Inginkan

Cara Mudah Backup Data iPhone dan iPad Untuk Mengantisipasi Hal-Hal Yang Tak Kamu Inginkan – …