Home / Gadget / Android / Cara Menonaktifkan Doze Android 6.0 Pada Aplikasi Tertentu

Cara Menonaktifkan Doze Android 6.0 Pada Aplikasi Tertentu

Android 6.0 Marshmallow hadir dengan membawa banyak fitur baru. Salah satunya adalah Doze, fitur yang berfungsi untuk menghemat penggunaan baterai. Doze secara otomatis berjalan pada sistem dan kamu tidak bisa melakukan apapun pada saat ponsel tidak digunakan beberapa waktu. Mode Doze digunakan untuk mengurangi penggunaan daya baterai. Pada saat android mendeteksi daya baterai smartphone kamu butuh penghematan, Doze akan mulai berjalan dan mengukur seberapa besar daya baterai yang bisa dihemat.

Salah satu hal dilakukan Doze untuk menghemat daya baterai adalah dengan menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan pada background. Selain itu, notifikasi yang berasal dari background proses. Selanjutnya kamu akan mendapatkan notifikasi dari background melalui Hangouts, tetapi tidak semua aplikasi akan memberikannya. Sebagai contoh, ketika kamu berhenti menggunakan androidmu sekitar 10 – 15 menit, kamu tidak akan menerima notifikasi dari messenger sampai dengan kamu mengusap layar untuk menggunakan kembali smartphonemu. Pada saat itu, notifikasi pesan yang pending baru akan muncul walaupun pesan tersebut telah dikirim beberapa waktu yang lalu.

Hal ini tentu saja cukup mengganggu karena beberapa aplikasi khususnya messenger seharusnya tetap terus berjalan agar tidak ada pesan yang tertunda, terlebih jika pesan tersebut adalah pesan penting. Jika kamu menginginkan sebuah aplikasi yang kamu rasa penting untuk tetap berjalan dan tetap memberikan notifikasi, kamu bisa menambahkan aplikasi tersebut pada daftar pengecualian dari fitur Doze. Sehingga ketika Doze berjalan tidak akan mengganggu atau bahkan menghentikan aplikasi tersebut.

Cara untuk menngecualikan aplikasi dari Doze sangat sederhana. Masuk ke Settings atau Pengaturan, kemudian pilih Battery preference. Tap tombol options (tiga titik) pada action bar yang berada di pojok kanan atas kemudian pilih Battery optimization seperti pada gambar di bawah ini.

Baca juga:  3 Aplikasi Untuk Tracking Penggunaan Data Terbaik Untuk Android
Pilih Battery Optimization
Pilih Battery Optimization

Pada layar Battery Optimization, ubah pilihan All apps menjadi daftar aplikasi yang terinstall di androidmu, kemudian pilih salah satu aplikasi yang akan kamu hapus dari Doze.

Tap aplikasi tersebut, kemudian pilih “Don’t Optimize” untuk mengecualikan aplikasi dari mode hemat baterai Doze.

Pilih Don't Optimize.
Pilih Don’t Optimize.

Sebaiknya, hanya aplikasi yang menurutmu paling penting saja seperti WhatsApp atau BBM yang kamu hilangkan dari Doze agar kamu tetap bisa berkomunikasi. Jangan terlalu banyak mengecualikan aplikasi dari Doze karena semakin banyak aplikasi yang kamu hapus maka Doze akan menjadi tidak berguna bagi kamu. Jika sewaktu-waktu kamu merasa baterai kamu terlalu boros, kamu bisa memilih kembali aplikasi tertentu untuk kembali dimasukkan ke daftar Optimize pada mode Doze.

Daftar aplikasi yang kamu hilangkan dari Doze akan masuk ke daftar “Not Optimized”. Salah satu aplikasi yang otomatis masuk daftar ini adalah Google Play Services karena aplikasi ini akan terus berjalan untuk meng-handle service pada Android sehingga kamu tidak bisa memasukkan aplikasi tersebut pada mode Doze.

Itu tadi adalah tips untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi dari Doze sehingga aplikasi tersebut bisa berjalan seperti biasa tanpa terhalang Doze ketika daya baterai smartphone kamu mulai menipis.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …